7 Kota Yang Terkenal Akan Kuliner Lezatnya

7 Kota Yang Terkenal Akan Kuliner Lezatnya – Camilan Nusantara


Ketika berkunjung ke suatu daerah, selain tempat wisata, hal wajib di lakukan adalah mencicipi makanan khas daerah tersebut, atau biasa di sebut dengan kuliner. Setiap daerah memiliki aneka makanan atau minuman yang khas dan lezat, tentunya hal itu menjadi daya tarik sendiri bagi daerah tersebut. Di Indonesia sendiri setiap daerah memilki makanan khas yang lezat dan citarasa yang berbeda-beda. Nah, kami akan merangkum beberapa kota di Indonesia yang kaya akan kuliner, simak informasi selengkapnya yaa..

1.    Medan
Kota destinasi wisata kuliner Indonesia pertama yang akan kita bahas adalah Medan. Bagi anda yang berasal dari kota ini, pasti tidak asing dengan makanan seperti Mie Gomak yaitu hidangan mie khas Medan yang bentuknya mie nya besar dan biasa disajikan bersama kuah lontong atau dengan bumbu kacang. Mie ini hanya dibuat di Sumatera Utara dan bagi anda yang ingin mencobanya, bisa mampir ke daerah Pasar Balige.

2.    Surabaya
Menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, kota Surabaya menyimpan banyak kuliner legendaris yang wajib di coba. Sebagai destinasi wisata kuliner Indonesia, ketika kamu kesini ada beberapa makanan enak seperti, Sate Klopo berupa daging ayam yang ditusuk menggunakan bambu dan dibakar hingga agak gosong dan disajikan dengan bumbu kacang atau kecap. Satu kuliner lagi yang wajib dicoba ketika ke Surabaya adalah Es Krim Zangrandi yang menjadi salah satu hidangan es krim tertua di Surabaya sejak tahun 1930.

3.    Malang
Menjadi kota di pulau Jawa yang dikelilingin kawasan pegunungan, Malang merupakan destinasi wisata kuliner Indonesia yang ternyata wajib untuk di kunjungi. Siapa yang tidak kenal dengan hidangan Bakso Malang? Makanan ini berisi bakso daging, siomay, tahu isi, pentol goreng yang tersaji hangat bersama kuah kaldu. Cocok untuk menghangatkan badan anda di daerah dingin seperti malang ini. Jika ingin mencicipi yang manis, sobat anda bisa mencoba kue Puthu Lanang, yakni kue beras yang berisi gula merah dan dimasak dengan cara dikukus.

4.    Yogyakarta
Mendengar kata “angkringan” pasti yang pertama kali terbesit di pikiran anda adalah kota Yogyakarta. Jika berencana memilih destinasi wisata kuliner Indonesia, maka Yogyakarta harus masuk ke dalam daftar kamu.  Beragam makanan hingga minuman lezat seperti Gudeg, yakni sayur nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan santan dengan rasa yang manis dan disajikan bersama telur rebus, ayam santan serta sambal krecek. Setelah mencicipi Gudeg, jangan lupa untuk menghangatkan diri dengan menyantap wedang ronde yakni air jahe hangat yang disajikan dengan bola-bola beras ketan berisi kacang.

5.    Makassar
Jika menginginkan destinasi wisata kuliner Indonesia bagian timur, Makassar adalah kota yang tepat untuk anda kunjungi. Kota ini memiliki banyak sekali kuliner enak yang kaya akan rempahnya, sebut saja Coto Makassar, yakni sup daging kuah kental lalu Konro berupa daging sapi yang direbus dalam kuah rempah kayu manis. Sajian kedua sup tersebut cocok sekali untuk dimakan bersama nasi putih hangat. Puas menikmati hidangan sup, jangan lupa mencicipi makanan penutup khas Makassar yakni Es Palu Butung, yaitu pisang manis yang dibungkus oleh adonan berwarna hijau dan disajikan bersama kental manis, bubur sumsum dan sirup merah.

6.    Bandung
Berbicara tentang kota Bandung, tidak perlu diragukan lagi jika ingin berwisata kuliner. Merupakan salah satu destinasi wisata kuliner Indonesia yang beragam, Bandung terkenal dengan kuliner tradisional hingga modernnya yang merupakan kreativitas dari masyarakatnya. Sebut saja, Nasi tutug oncom yang berupa olahan nasi dibakar dengan bumbu oncom dan disajikan bersama sambal, lalapan hingga ayam goreng. Selain itu, jangan lupakan juga jajanan murah-meriah seperti cimol, cilok, cireng hingga batagor yang pasti memuaskan lidah dan perut anda.

7.    Palembang
Destinasi wisata kuliner Indonesia terakhir yang satu ini memiliki kuliner khas yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia yaitu, Pempek. Palembang yang terkenal dengan Sungai Musi ini, memiliki banyak kuliner yang berbahan dasar laut seperti ikan atau udang. Tidak lengkap rasanya jika ke kota ini namun tidak mencicipi sajian Pempek yang dibuat dari ikan tenggiri asli Palembang lengkap dengan kuah Cuko yang terbuat dari air gula merah dicampur cabai, bawang putih dan ebi.

Nah bagaimana? Kira kira sahabat camil mau mengunjungi daerah yang mana dulu nih? Semoga Bermanfaat 

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya