11 Manfaat Madu Untuk Kesahatan Yang Perlu Ketahui

11 Manfaat Madu Untuk Kesahatan Yang Perlu Ketahui – Camilan Nusantara


Madu murni memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan dan sudah digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia sejak kurang lebih 2500 tahun yang lalu. Di negara Eropa dan Asia, madu menjadi salah satu asupan yang dianggap penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Di Indonesia sendiri, produksi madu tersebar di seluruh pulau ditanah air dan dihasilkan dari berbagai nektar tanaman yang berasal dari bunga cengkeh, bunga kopi, bunga vanilla, bunga coklat maupun bunga-bunga dari pohon yang tumbuh di hutan. Karena berasal dari berbagai macam nektar tanaman, maka rasa madu yang dihasilkan berbeda-beda. Ada yang sangat kental, manis agak asam,sangat manis atau ada juga yang manis sedikit getir.

Madu murni sendiri berarti madu asli tanpa campuran,tanpa proses penyaringan, dan tanpa tambahan pemanis serta langsung berasal dari sari bunga atau nektar yang dibawa oleh lebah sehingga kandungan gizi yang ada di dalam madu tersebut masih terjaga. Kandungangizi dalam madu murni yang paling tinggi adalah mineral, vitamin C dan kalsium.

Banyak sekali cara untuk mengonsumsi madu, diantaranya adalah dengan dicampurkan dengan air putih/air hangat, dijadikan selai, atau di minum secara langsung. Selain itu, madu juga bisa dijadikan masker wajah loh.

Karena kaya akan kandungan nutrisi, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Apa saja sih manfaat madu? Yuk cari tahu..

1. Memicu hormon tidur
Minum madu sebelum tidur menyebabkan kadar insulin meningkat dalam jumlah kecil. Insulin dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan kemudian diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi serta suasana hati yang baik dan membuat tidur nyenyak.

2. Menjaga hati
Hati membutuhkan bahan bakar pada malam hari. Jadi madu adalah pilihan yang sempurna. Madu akan membuat hati memproduksi glukosa, yang akan memicu pelepasan banyak hormon pembakar lemak. Madu mengandung fruktosa dan glukosa, yang sangat baik untuk fungsi hati.

3. Membantu menurunkan berat badan
Madu berfungsi sebagai bahan bakar untuk hati dan membuat hati memproduksi glukosa. Mengkonsumsi madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari. Madu mentah hanya mengandung 64 kalori per cangkir. Ini akan memberi rasa kenyang pada malam hari.

4. Mengurangi iritasi batuk dan tenggorokan
Madu adalah obat rumah yang bagus untuk mengobati batuk dan pilek. Aman diberikan untuk segala usia, karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Selain menekan batuk, madu juga membantu membantu tidur tetap nyenyak.

5. Membantu pencernaan
Minum madu dengan air hangat sebelum tidur adalah salah satu cara paling aman untuk membantu membersihkan racun yang ada dalam sistem pencernaan tubuh. Antimikroba yang ada dalam madu organik mentah dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan di usus.

6. Mengatasi kelaparan saat malam
Terkadang, setelah makan malam, Anda masih merasa lapar pada larut malam. Hasilnya adalah mengambil semangkok keripik atau cokelat. Tapi cara terbaik mengobati rasa lapar pada tengah malam adalah minum madu sebelum tidur. Gula alami dalam madu akan menaikkan kadar gula darah.

7. Madu untuk obesitas
Orang yang berjuang melawan obesitas bisa mengkonsumsi madu pada malam hari, karena madu benar-benar bebas lemak dan akan membatasi asupan lemak. Mengkonsumsi air hangat yang dicelupkan lemon dengan satu sendok teh madu akan membantu mengurangi lemak perut.

8. Mengurangi risiko diabetes
Mengkonsumsi satu sendok teh madu sebelum tidur dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Jika seorang penderita diabetes meminum madu setiap malam, itu bahkan dapat membantu mengobatinya, karena itu membantu mengurangi kadar glukosa darah.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Madu mentah mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Madu juga kaya polifenol, antioksidan yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

10. Mencegah kanker dan penyakit jantung
Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa kanker dan penyakit jantung. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, madu dapat bermanfaat sebagai pencegah sel beberapa jenis sel kanker. Fungsi lain dari antioksidan juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Sebab, madu dapat melancarkan aliran darah agar tidak menggumpal dan tersumbat.

11. Menyembuhkan luka dan luka bakar
Penggunaan madu di luar tubuh telah terbukti efektif sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak. Diperkirakan bahwa efek pengeringan gula sederhana dan sifat antibakteri madu bergabung untuk menciptakan efek ini. Studi telah menunjukkan itu sangat berhasil dalam penyembuhan luka.

Nah itulah 11 manfaat madu yang perlu anda ketahui. Jadi mulai sekarang kita konsumsi madu secara rutin yuk, supaya mendapatkan manfaat-manfaat baiknya. Sekian info hari ini. Semoga bermanfaat J



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya