Resep Mudah Membuat Tempe Sagu Renyah Dan Lezat

Resep Mudah Membuat Tempe Sagu Renyah Dan Lezat – Camilan Nusantara


Keripik merupakan makanan ringan yang biasanya terbuat dari aneka buah, sayuran, tempe, tahu  dan dan bahan lainnya. Keripik mempunyai cita rasa yang gurih dan teksturnya renyah. Hampir semua kalangan mulai dari anak kecil sampai orang tua menyukai keripik. Keripik Biasanya dinikmati ketika sedang santai atau mengerjakan tugas. Pernahkah anda mencoba keripik tempa sagu? Keripik tempe sagu ini bukan keripik tempe biasa, pasalnya keripik tempe sagu ini terbuat dari tempe mentah dan tepung sagu yang kemudian ditambahkan beberpa rempah pilihan dan kemudian digoreng hingga garing. Daerah yang terkenal akan produksi tempe sagu adalah Bantul, Yogyakarta.

Namun saat ini keripik tempe sagu ini tidak hanya ada di Yogyakarta saja, keripik tempe sagu ini sudah beredar dibanyak daerah. Saat ini keripik tempe sagu ini juga bisa ditemukan di pasar atau swalayan di sekitar rumah anda. Jika anda ingin mengkonsumsi keripik tempe sagu ini tapi belum bisa menemukan tempat yang menjual camilan renyah ini, anda bisa membelinya di toko online Camilan Nusantara. Di lapak tersebut tersedia banyak macam camilan termasuk keripik tempe sagu yang sedang anda cari.

Selain membeli di penjual, jika anda memiliki waktu luang, anda juga bisa nih mencoba membuat keripik tempe sagu ini di rumah. Bahan-bahan pembuatannya mudah di temukan di sekitar tempat tinggal anda dan cara pembuatannya juga terbialang mudah loh. Simak langsung resep keripik tempe sagu di bawah ini yuk..

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tempe yang belum jadi (masih wujud kedelai) 500 gram.
  • Tepung sagu 400 gram.
Bumbu untuk mengoreng :
  • Bawang putih 6 siung, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (optional)
  • Air secukupnya
Cara Membuat :

  1. Campurkan tempe yang belum jadi dengan tepung sagu, aduk-aduk hingga rata. Sebaiknya anda mengaduk dengan sendok secara perlahan supaya higenis dan tidak mengurangi kinerja ragi pada kedelai.
  2. Selanjutnya masukkan adonan tempe sagu ini ke dalam plastik 1/4 kg, pastikan sudah padat lalu tusuk-tusuk dengan tusuk gigi. Diamkan sekitar 2 hari hingga terlihat putih dan padat.
  3. Setelah dirasa sudah siap diolah, buka plastik dan iris tempe sagu dengan sangat tipis lalu sisihkan. Siapkan bumbu pencelup dengan mencampurkan bawang putih halus, garam dan air secukupnya.
  4. Panaskan minyak hingga mendidih lalu kecilkan api. Sebaiknya gunakan banyak minyak hingga dapat merendam semua potongan tempe.
  5. Celupkan irisan tempe ke dalam bumbu sebentar saja, karena ada campuran tepung sagu maka dikhawatirkan tempe mudah hancur jika terkena air. Goreng keripik hingga berubah warna kuning keemasan.
  6. Setelah matang, biarkan keripik tempe sebentar sampai uap minyak hilang.
  7. Setelah dirasa kering, masuka temp eke dalam toples kedap udara supaya keripik tempe sagu bisa awet dan tahan lama. Disarankan menggunakan toples kaca yang tertutup rapat.
  8. Jika anda ingin mengemas keripik tempe sagu ini untuk dijual kembali. Pastikan kemasan keripik rapat supaya udara tidak mudah masuk ke dalam dan mempengaruhi kualitas keripik tempe sagu.
Tips
* Untuk menghemat minyak dan menghasilkan keripik yang renyah, anda bisa menggoreng tempe sagu dua kali. Pertama goreng tempe sagu sedikit demi sedikit hingga setengah matang, pastikan tidak ada yang saling tempel. Lakukan hingga semua irisan tempe sagu habis. Selanjutnya goreng lagi semua keripik setengah matang ini hingga wajan penuh.

Selamat mencoba resep membuat keripik tempe sagu diatas. Semoga bermanfaat. :)


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya