Resep Membuat Manisan Nangka Kering & Basah Dengan Mudah

Resep Membuat Manisan Nangka Kering & Basah Dengan Mudah – Camilan Nusantara


Buah Nangka adalah salah satu buah berdaging serat dan aroma dan rasa yang khas. Nangka dapat tumbuh pada dataran rendah dengan ketinggian 1.300 metel diatas permukaan laut. Akan tetapi ketinggian tempat yang baik untuk pertumbuhan nangka yaitu sekitar 0-800 mdpl. Buah Nangka umumnya dikonsumsi di beberapa negara di kawasan Asia seperti Negara Indonesia, Malaysia, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Nangka adalah sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, C, riboflavin, zat besi, niasin, thiamin, kalium, seng dan kalsium. Buah ini juga memiliki serat yang rendah kalori sehingga begitu baik untuk panderita jantung buah nangka begitu dikenal sangat baik untuk kesehatan.

Daging buah nangka mempunyai zat tepung, buah Nangka di dibedakan menjadi 3 jenis dilihat berdasarkan kondisi daging buahnya yaitu, nangka bubur dengan ciri-ciri daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah. nangka campedak yang daging buah tipis dan beraroma harum, nangka salak yang daging buah tebal, agak kering tidak terlalu harum saat buahnya masak.

Olahan makanan yang berbahan dasar buah nangka sangatlah banyak, mulai dari buahnya yang masih dalam keadaan muda hingga matang. Salah satu sayur yang terbuat dari buah nangka muda adalah sayur lodeh. Sementara buah nangka yang sudah matang kerap dijadikan aneka makanan atau minuman, seperti es krim, jus buah nangka, kue atau bolu, campuran es buah, bahkan sampai manisan buah nangka juga ada loh.

Bagi kalian penggemar manisan buah pasti sudah tidak asing dengan manisan nangka. Manisan nangka memiliki rasa yang manis, segar, dan khas buah nangka. Ya iyalah, kan bahan dasarnya buah nangka, hehe. Manisan nangka sudah banyak beredar dikalangan masyarakat dan bisa ditemui di toko manisan buah atau swalayan di sekitar rumah anda. Tapi nih, bagi anda yang ingin mencoba membuat manisan buah nangka sendiri di rumah, mimin bakal membagikan rese membuat manisan buah nangka yang mudah dan cocok untuk camilan di rumah. Simak aja langsung resep dibawah ini yukk.

Manisan Nangka Kering
Bahan yang dibutuhkan :
  • 5 kg buah nangka (Pilihlah buah nangka yang daging buahnya tebal serta tidak terlalu matang, tidak berair dan tidak lunak).
  • 5 liter larutan garam.
  • 5 liter larutan natrium metabisulfit.
  • 5 liter larutan gula 20%.
  • 15 lembar daun pandan.
  • 3 gram asam sitrat.
  • 3 gram natrium benzoate.
  • Susu skim bubuk.
Cara Membuat:
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang di perlukan untuk membuat manisan buah nangka.
  2. Cuci bersih buah nangka, kemudian pisahkan dari bijinya, lalu rendam buah nangka dalam larutan garam selama dua jam.
  3. Cuci dengan air bersih buah nangka yang tadi direndam dengan larutan garam sampai rasa asinnya hilang lalu tiriskan.
  4. Rendam buah nangka dalam larutan natrium metabisulfit sekitar 1 jam, jika sudah 1 jam selanjutnya cuci bersih dan tiriskan.
  5. Didihkan larutan gula 20%, lalu campurkan dengan daun pandan dan asam sitrat, lalu masukkan irisan buah nangka kedalam larutan tersebut.
  6. Rendam selama sehari (24 Jam) dan tiriskan.
  7. Taburkan natrium benzoat, aduk hingga rata.
  8. Jemur manisan nangka basah dengan menggunakan anyaman bambu atau aluminium foil sampai kering.
  9. Selama dalam tahap pengeringan, taburi susu skim untuk mendapatkan manisan nangka yang manis dan gurih. (Susu slim saat pengeringan dapat diganti dengan gula pasir).
  10. Angkat manisan buah nangka yang sudah kering, lalu masukkan manisan nangka ke dalam toples atau wadah yang bisa di tutup yaa.

Manisan Nangka Basah
Bahan yang dibutuhkan :
  • 1 buah nangka sedang yang telah matang
  • 500 gram gula pasir
  • 2 sdm kapur sirih
  • Air secukupnya
Cara Membuatnya :
  1. Kupas nangka,bersihkan dari getahnya dan keluarkan biji nangkanya.
  2. Rendam air nangka dengan air kapur sirih selama 1 malam.
  3. Setelah itu cuci nangka sampai bersih,lalu rebus nangka sebentar agar rasa kapur sirih hilang.
  4. Masak gula pasir bersamaan dengan air secukupnya sampai mendidih.
  5. Lalu masukkan nangka kedalam air gula tersebut dan aduk sebentar.
  6. Kemudian angkat dan dinginkan. Lalu manisan di diamkan selama 4-5 hari.
  7. Setelah itu manisan siap di santap. Selamat Mencoba :)



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya