Resep Membuat Manisan Kolang Kaling Yang Lezat, Sehat, Dan Mudah

Resep Membuat Manisan Kolang Kaling Yang Lezat, Sehat, Dan Mudah – Camilan Nusantara


Mendengar kata kolang-kaling pasti sudah membuat Anda membayangkan bagaimana segarnya buah yang satu ini. Selain segar dan enak dimakan dengan sirup atau sebagai campuran kolak, ternyata kolang kaling juga bisa diolah menjadi anisan buah yang lezat loh.

Kolang-kaling mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Kolang-kaling juga merupakan sumber vitamin B dan K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh.

Selain itu, kolang-kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. Gelatin membuat perut lebih mudah kenyang dan meredakan nafsu makan, sehingga cocok bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Gelatin juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita osteoarthritis.

Bicara tentang kolang kaling, kita coba buat salah satu olahan berbahan dasar buah ini menjadi camilan yang segar dan lezat yukk. Yaitu manisan kolang kaling. Simak resepnya di bawah ini yaa.

Bahan yang diperlukan :
  • kolang-kaling 2 kg
  • air cucian beras (buat rendaman) 1000 ml
  • gula pasir 100 gram
  • air 500 ml
  • daun pandan 4 lembar
  • daun jeruk 15-20 lembar
  • garam 1/4 sdt
  • sirup atau pewarna makanan lainnya sesuai selera 250 ml


Cara membuat :
1. Pertama-tama, pilihlah kolang-kaling yang masih bulat dan utuh, warnanya bening transparan, tidak terlalu lembek namun tidak keras juga. Cuci bersih lalu rendam dengan air cucian beras sampai terbenam seluruhnya selama 24 jam. Cara ini berguna untuk mengurangi lendir dan rasa asam pada kolang-kaling, yang rata-rata sudah direndam terlalu lama oleh penjualnya.

2. Buang rendaman air beras lalu cuci bersih kolang-kaling dan tiriskan. Cucilah kembali kolang-kaling dengan menambahkan daun bambu kemudian remas-remas kolang-kaling dengan daun bambu sampai kesat (sekitar 5-10 menit).

3. Setelah kesat, buang daun bambu lalu cuci bersih kembali kolang-kaling. Masukkan air, gula pasir, daun jeruk, daun pandan, dan garam ke dalam panci, rebus sampai air mendidih. Masukkan kolang-kaling lalu rebus kembali sampai buahnya empuk dan airnya mengental.

4. Tuangkan pewarna sirup dan pasta pandan lalu aduk hingga rata sampai kuah sirup mengental dan menyerap. Angkat, lalu cicipi. Bila kolang-kaling masih terasa belum empuk, tambahkan lagi air, lalu rebus.


5. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Simpan di dalam wadah yang tertutup, lalu masukkan ke dalam kulkas. Selamat Mencoba J


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya