Resep Membuat Manisan Kendodong Kering & Basah Anti Gagal

Resep Membuat Manisan Kendodong Kering & Basah Anti Gagal – Camilan Nusantara


Kedondong atau spondias dulcis forst, merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah kedondong yang disukai adalah buah kedondong yang memiliki rasa manis, daging buahnya tebal dan renyah, serta bijinya kecil dan tidak banyak mengandung serat. Jenis kedondong yang diunggulkan adalah kedondong karimunjawa, kedondong Bangkok dan kedondong kendeng. Dibeberapa daerah daun kedondong dibuat lalapan yang di campur dengan sambal, rasanya enak dan lezat apalagi jika dimakan bersama nasi hangat..

Daun kedondong juga dapat digunakan sebagai obat borok, luka kulit, dan luka bakar. Daun buah kedondong juga dapat digunakan sebagai bahan sayuran. Di beberapa daerah, daun kedondong muda dapat dikukus atau direbus dan digunakan sebagai lalapan dicampur dengan sambal.

Bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tannin. Kandungan ini sangat bermanfaat untk menyembuhkan penyakit disentri dan mengobati penyakit batuk.

Selain itu manfaat buah kedondong yang lain adalah dapat mengatasi diare, gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Tunggu sampai dingin lalu saring dan air hasil saringan dapat diminum 2 kali sehari.

Selain dijadikan obat-obatan herbal, kedondong juga bisa dijadikan makanan atau camilan yang menyegarkan loh. Yaitu dengan mengolah buah kedondong menjadi manisan buah. Manisan buah sendiri ada dua macam, yaitu manisan kering dan manisan basar. Bagaimana sih cara membuat manisan kedondong? Simak resep dibawah ini yaa.

Resep Manisan Kedondong Kering
Bahan-Bahan yang dibutuhkan :
  • 250  gram buah kedondong yang sudah matang
  • 2 sdt air kapur sirih
  • 100 gram gula pasir (bisa sesuai selera)
  • 50 ml air putih
  • Pewarna makanan  secukupnya (jika ingin)
Cara Membuat :
  1. Kupas buah kedondong terlebih dahulu, kemudian potong-potong hingga berbentuk kecil dan memanjang. Setelah itu cuci bersih kedondong yang telah dipotong.
  2. Tuangkan kapur sirih ke dalam wadah yang berisi air putih. Rendam kedondong kedalam air putih tersebut.
  3. Angkat dan tiriskan kedondong setelah kurang lebih terendam ke dalam air kapur tersebut selama 1 jam.
  4. Lalu cuci bersih kedondong yang telah ditiriskan tadi.
  5. Setelah itu rebus 100ml air beserta gula pasir dan garam, lalu tambahkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air rebusan tersebut sampai mendidih.
  6. Setelah air mendidih lalu masukkan  kedondong ke dalam air rebusan tadi sampai empuk mengenyal.
  7. Setelah potongan kedondong terliat kenyal lalu angkat dan tiriskan, kemudian jemurlah potongan kedondong dibawah sinar matahari sampai mengering, sebelum proses penjemuran anda juga bisa menambakan gula pasir dengan cara di taburkan ke potongan kedondong, bisa menggunakan gula pasir atau gula salju.
  8. Selanjutnya kedondong yang telah kering ankat, dan simpan ke dalam toples lalu tutup rapat, diamkan kurang lebih 1 (satu) hari untuk proses permentasi.
  9. Setelah proses permentasi selesai, manisan kedondong sudah bisa dinikmati.

Resep Manisan Kedondong Basah
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 1 kg kedondong yang sudah tua
  • 2 sdt kapur sirih basah
  • Pewarna makan secukupnya (jika ingin)
  • 500 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
Cara Membuat :
  1. Pertama-tama kupas buah kedondong kemudian potong kecil kecil. Setelah itu cuci potongan manisan kedondong dengan air bersih
  2. Siapkan wadah kemudian masukkan air dan kapur sirih lalu aduk hingga larut.
  3. Kemudian masukkan potongan kedondong kedalam larutan kapur sirih. Aduk sebentar dan usahakan potongan kedondong terendam dengan sempurna. Lalu diamkan selama sekitar 15 menit.
  4. Selanjutnya tiriskan kedondong dan cuci dengan air bersih.
  5. Siapkan panic dan rebus air secukupya, usahan air bisa merendam semua buah kendong. Lalu masukkan gula pasir, garam dan juga pewarna makanan. Aduk hingga semua larut dan tercampur. (Pada tahap ini jika anda suka pedas, anda bisa menambahkan potongan cabai sesuai selera)
  6. Lalu kecilkan api kompr dan masukkan potongan buah kedondong kedalam panci. Biarkan hingga mendidih dan sesekali aduk perlahan.
  7. Setelah matang dan mendidih, angkat panci dan tuang manisan kedondong kedalam wadah, kemudian masukkan kedalam lemari es/kulkas.
  8. Manisan kedondong basah sudah bisa dinikmati. Selamat mencoba J

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya