Mengenal Jenis-Jenis Talas Yang Mudah Ditemui Di Indonesia





Talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang termasuk jenis herba menahun. Di Indonesia, talas bisa dijumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar di tepi pantai sampai pegunungan di atas 1.000 m dpl, baik liar maupun ditanam. Di Indonesia, talas juga memiliki berbagai nama daerah, seperti: eumpeu (Aceh), talo (Nias), bete (Manado dan Ternate), kaladi (Ambon) kaladi, kuladi, taleh (Minangkabau), keladi, talos (Lampung), bolang, taleus (Sunda), tales (Jawa), tales, kaladi (Madura), kladi, tales (Bali), aladi (Gorontalo dan Bugis), talak (Tolitoli), paco (Makassar), komo (Tidore). Semua anggota tubuh talas mulai dari umbi hingga daunnya bisa dimanfaatkan mnjadi obat-obatan tradisional ataupun diolah menjadi makanan.


Manfaat utama umbi talas adalah sebagai bahan pangan sumber karbohidrat. Bagian tanaman ini yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda, dan batang. Selain itu, umbi talas juga banyak dibuat makanan ringan seperti keripik dan getuk talas. umbi, pelepah, dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat, maupun pembungkus makanan, sedangkan daun, kulit dan ampas umbinya dapat pula dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Selain dapat digunakan sebagai bahan pangan talas juga digunakan untuk minuman. Akar rimpangnya jika difermentasikan dan ditambah gula serta semacam jagung dan air akan menjadi sejenis bir.

Penggunaan talas sebagai obat tradisional adalah pembuatan bubur akar rimpang talas yang dipercaya sebagai obat encok. Selain itu cairan akar rimpang sebagai obat bisul, sementara getah daunnya sering digunakan untuk menghentikan pendarahan karena luka dan sebagai obat untuk bengkak. Pelepah dan tangkai daun yang dipanggang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal-gatal. Pelepah daun juga diyakini mampu mengobati gigitan kalajengking.
Talas memiliki berbagai macam jenis, Diantaranya :

1. Talas Belitung
Talas Belitung biasanya lebih dikenal dengan sebutan kimpul. Di sana, kimpul biasanya dikukus dan dijadikan makanan tambahan. Namun, karena memiliki banyak lendir, talas ini tidaklah sepulen talas Bogor.

2. Talas Padang
Jika berwisata ke Padang, kita pasti bisa menemukan keripik talas. Nah, sebenarnya keripik ini dibuat dari talas Padang. Dibandingkan jenis talas lainnya, talas Padang berukuran paling besar lho.

3. Talas Bogor
Talas yang satu ini termasuk salah satu oleh-oleh khas kota hujan. Di sana, kita bisa menemukan dua jenis talas Bogor, yakni talas ketan dan talas mentega. Jika ingin tekstur pulen, kita sebaiknya membeli talas ketan. Namun, jika menyukai tekstur berpasir, berarti talas mentega cocok untuk anda.

4. Talas Pontianak
Berbeda dari jenis talas lainnya, talas Pontianak berwarna keunguan. Namun, teksturnya tidak terlalu pulen. Makanya talas ini lebih sering diolah menjadi berbagai makanan. Selain nikmat, tampilan makanan tentu menjadi lebih menarik.

Cara Memilih Umbi Talas

Supaya mendapatkan talas yang bagus, kita harus mengetahui trik memilihnya. Carilah talas yang tidak kering serta tidak banyak bintik hitamnya. Jangan lupa juga untuk menekan bagian bawahnya. Jika terasa lembek, sebaiknya jangan dipilih ya. Selain itu, talas yang sudah matang memiliki aroma umbi yang khas. Bagian batangnya juga memiliki warna kemerahan. Sementara untuk ukuran, tidak masalah kecil atau besar yang terpenting umbi talas sudah matang sehingga bisa diolah nantinya.

Kita tidak bisa menyentuh umbi talas secara langsung. Karena bisa menyebabkan gatal pada kulit. Maka dari itu, gunakanlah batang talas sebagai pegangan ketika mengupas talas. Kemudian, untuk menghilangkan getahnya anda bisa merendam talas dalam larutan garam selama beberapa waktu. Setelah itu barulah talas bisa di potang dan diolah menjadi makanan. Semoga Bermanfaat.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya