Cara Sukses Membuat Kerupuk Ikan Tengiri Bulat Yang Enak Dan Mudah

Cara Sukses Membuat Kerupuk Ikan Tengiri Bulat Yang Enak Dan Mudah – Camilan Nusantara


Kerupuk, siapa tak mengenalnya. Makanan ringan dengan tekstur renyah dan bersuara khas saat digigit ini, adalah favorit siapa saja. Ia tak hanya dimakan sebagai cemilan, namun juga dapat menjadi lauk makan. Salah satu jenis kerupuk yang punya banyak fans di Indonesia adalah kerupuk ikan tenggiri. Dijamin, tak ada yang mampu menolak kelezatannya.

Dari Sabang sampai Merauke, tidak hanya berjajar pulau-pulau. Aneka ragam bentuk dan rasa  kerupuk pun dapat dijumpai, sebagai kekayaan kuliner nusantara. Bahan baku pembuatannya pun bermacam-macam. Selain ikan, kerupuk ada yang terbuat dari kulit, tepung, bawang putih, tempe, bahkan hingga sayuran dan buah-buahan.

Nah, sekarang camilan nusantara ingin membagikan resep membuat kerupuk ikan tengiri yang enak dan renyah. Seperti yang sudah umum di ketahui, kerupuk ikan memiliki rasa yang khas dan renyah. Kerupuk ikan ini bisa dinikmati siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Selain cocok untuk camilan. Kerupuk ikan tengiri ini juga cocok dinikmati sebagai teman makan. Tanpa berbelit-belit lagi. Langsung saja yuk simak resep kerupuk ikan tengiri di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan :
  • 3 kg Ikan Tenggiri bisa dengan ikan kakap merah atau ikan gabus. Ambilah dagingnya saja.
  • 1 kg tepung tapioca.

Bumbu untuk membuat kerupuk ikan tengiri :
  • Bawang putih kurang lebih 5 siung
  • Garam kurang lebih 1 sdm
  • Soda kue kurang lebih 1\4 sdm


Cara membuat :
  1. Daging ikan tenggiri atau ikan kakap merah atau ikan gabus,lalu daging digiling dimixer sampai halus denga menggunakan mesin mixer.
  2. Kemudian tambahkanlah bawang putih , garam ,soda kemudian kita haluskan dengan menggunakan blender atau mixer.
  3. Setelah itu, daging ikan dan bumbu tadi diletakkan di dalam cobek kemudian kita ulek sampai semua tadi mengembang.
  4. Selanjutnya, kita tambahkan tepung tapioka sebanyk kurang lebih  300 gram dan terus di ulek sampai tepung tercampur rata dengan daging ikan.
  5. Lalu, ulet adonan kerupuk tadi dengan menggunakan tangan sampai bertekstur kenyal dan bentuklah adonan menjadi bulat.
  6. Kemudian susun adonan ke dalam dandang dan kukuslah selama kurang lebih 1\4 jam.
  7. Selanjutnya, kita Jemur adonan ikan tadi sampai benar-benar kering dibawah sinar matahari yang panas bisa juga kita oven dalam mesin oven untuk menghemat waktu.
  8. Setelah itu, jika sudah adonan kering kerupuk ikan siap digoreng dengan menggunakan minyak panas usahakan dengan minyak yang panas agar matang kerupuk maksimal.
  9. Setelah digoreng Kerupuk ikan tengiri siap disajikan bersama keluarga, teman, atau orang terdekat kita. Selamat Mencoba J



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya