9 Makanan Berbahan Dasar Tahu Yang Bisa Jadi Camilan Seru Dirumah

9 Makanan Berbahan Dasar Tahu Yang Bisa Jadi Camilan – Camilan Nusantara


Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Dalam setiap 100 gram tahu mengandung 80 kkal energi, 10,9 gram protein, 4,7 gram lemak, 0,8 gram karbohidrat dan 0,1 gram lemak. Selain itu, tahu juga mengandung kalsium sekitar 223 mg, 183 mg fosfor dan 3,4 mg zat besi. Dengan banyaknya nutrisi baik yang terkandung di dalam tahu tersebut, tahu dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin sebagai asupan protein nabati, Pengolahan tahu yang terbaik adalah dengan cara di rebus, namun tak jarang orang bosan dan tak suka dengan tahu rebus karena rasanya yang anyep/hambar.

Banyak orang lebih memilih mengkonsumsi tahu denga cara diolah menjadi campuran sayur, di goreng, atau ada juga yang mengolahnya menjadi camilan yang enak dan kekinian. Nah berbicara tentang camilan, mimin merekomendasikan camilan berbahan dasar tahu yang enak dan cocok sekali untuk dimakan bareng-bareng bersama teman atau keluarga. Simak artikel selanjutnya yaa.

1.    Tahu Bakso
Tahu bakso adalah makanan khas Semarang berupa tahu yang didalamnya berisi campuran antara tepung dan daging sapi yang dibentuk memanjang. Namun sekarang, ada pula produsen yang menggunakan isian lain seperti udang, kepiting ataupun ayam.

Cara membuat tahu bakso ini terbilang cukup mudah yaitu setelah campuran daging, tepung dan penyedap rasa dicampur jadi satu. Lalu adonan tersebut dimasukkan kedalam tahu, yang sebelumnya telah dibelah pinggirnya. Kemudian goreng hingga matang dan warnanya berubah kecoklatan. Tahu bakso sendiri, merupakan makanan khas warga Semarang. Hampir disetiap warung makan, di Semarang selalu meyediakan tahu bakso sebagai kudapannya. Bahkan di kawasan dalam kampus Universitas Diponegoro, Tembalang, banyak mahasiswa yang berjualan tahu bakso.

2.    French Fries Tahu
Tidak selamanya french fries sebagai junk food identik dengan kalori dan kolesterol yang tidak sehat bagi tubuh. Faktanya, french fries tahu yang diolah menggunakan microwave ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk Anda yang ingin mengonsumsi camilan dari tahu yang sehat, namun juga enak.
French fries tahu sendiri adalah tahu yang dipotong memanjang hingga menyerupai kentang goreng atau french fries, yang dikeringkan selama kira-kira 30 hingga 40 menit pada suhu oven 190 derajat Celcius, lalu Setelah itu, Anda dapat menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, cabai, atau lada sesuai selera, sehingga rasanya pun tidak kalah dengan french fries yang biasa Anda temui.

3.    Nugget Tahu
Kandungan asam amino yang terdapat dalam kacang kedelai sebagai bahan baku utama tahu menjadi sayang bila tidak diolah menjadi hidangan yang lebih enak, seperti nugget satu ini. Bentuk unik yang modern dan cara membuatnya yang praktis dibandingkan jenis-jenis nugget daging lainnya, membuat nugget tahu menjadi camilan dari tahu yang ideal untuk bekal sekolah anak-anak atau ketika piknik bersama keluarga.

4.    Hiyayakko
Cemilan ini terbuat dari tahu sutra yang licin, dingin, dan lembut serta dapat disajikan bersama dengan nasi atau camilan lainnya. Hiyayakko yang berasal dari Jepang ini memiliki rasa yang cenderung ringan dan cara membuat yang mudah. Hanya dengan mencampur parutan jahe dan bawang halus dengan potongan kinogoshi dofu atau tahu dingin yang besar-besar. Agar rasa Jepang pada hiyayakko makin terasa, Anda dapat juga menambahkan soyu saat hendak menyantap camilan dari tahu yang satu ini.

5.    Tahu Pletok
Tahu pletok merupakan camilan dari tahu khas daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah, yang disebut juga dengan tahu aci. Selain bentuknya yang segitiga dan dipotong secara diagonal, tahu pletok ini juga berbeda dari tahu-tahu pada umumnya yang menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya. Justru, tepung sagu menjadi isian dari tahu pletok bersama dengan daun bawang. Camilan tahu ini berbahan dasar tahu kuning yang dibuat dengan cara digoreng hingga berkulit. Kemudian dilebarkan dengan pisau, serta melewati proses penggorengan hingga 3 kali hingga penyajiannya. Menjadikannya memiliki cita rasa yang renyah untuk hidangan istimewa di rumah Anda.

6.    Rolade Tahu
Selain nikmat disajikan dengan cara dikukus, rolade tahu juga sedap bila digoreng dan dicelupkan pada kocokan telur berbalut tepung roti atau panir. Sosis juga dapat digunakan untuk isian rolade tahu goreng panir sebagai alternatif dari ayam dan sayuran.
Untuk sausnya, Anda dapat memilih meracik saus tomat dan sambal sendiri dengan larutan maizena atau saus asam manis. Agar rolade tahu menjadi cemilan tahu yang lebih beraroma alami untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat membungkusnya dengan daun pisang, aluminium foil, atau plastik bening.

7.    Tahu Brintik
Camilan dari tahu pong yang dipotong kecil-kecil berukuran stik ini berasal dari Surabaya. Pada dasarnya, camilan tahu yang dibuat dengan cara menggoreng tahu pong hingga beruap ini memiliki bentuk dasar yang tidak beraturan (atau "brintik"), sehingga dinamai tahu brintik.
Adonan pelapisnya terbuat dari kombinasi tepung kanji, tepung beras, santan cair, dan kaldu ayam bubuk yang dilipat-lipatkan pada bagian luar tahu. Membuat cita rasa camilan dari tahu Brintiiik yang satu ini menjadi renyah, lembut, dan gurih dalam satu gigitan dan hidangan. Untuk menambah rasa dari tahu brintik, Anda dapat mencoba menambahkan kecap pedas dengan petis udang, saus mayonaise, atau sambal sesuai dengan selera saat menyantap hidangan tahu brintik ini.

8.    Tahu Jeletot
Kata "jeletot" yang terdapat pada camilan tahu satu ini berasal dari bahasa Sunda, yang berarti rasa yang sangat pedas hingga menyengat ke lidah. Tidak heran, ini karena tahu jeletot asal Bogor tersebut dibuat dengan cara menggoreng dan membelah tahu dengan campuran tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, bawang, merica bubuk, garam, dan air. Setelah itu diisi dengan udang, ayam giling, wortel, kol, dan cabai rawit yang diiris kasar. Tahu jeletot ini cocok sekali untuk anda penggila camilan pedas.

9.    Tahu Mercon Goreng
Selain tahu jeletot, ada tahu mercon yang rasanya tak kalah pedas dan menantang lidah anda. Tahu mercon goreng terbuat dari tahu kuning yang berbentuk persegi. Camilan tahu ini dibuat dengan cara membelah dan mengeluarkan salah satu sisi tahu, untuk diisi dengan daging ayam cincang, tauge, kol, wortel, seledri, dan daun bawang, Semakin lengkap dengan adanya bawang merah, putih, dan daun yang dicincang. Terdapat pula cabai rawit merah, garam, merica, dan aneka penyedap rasa yang membuat rasa pedasnya makin meledak saat masuk ke mulut.

Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya