7 Manfaat Tidur Teratur Bagi Tubuh Anda

7 Manfaat Tidur Teratur Bagi Tubuh Anda – Camilan Nusantara



Tidur tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik tetapi juga memberikan banyak manfaat penting lainnya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Penelitian telah membuktikan bahwa jika Anda cukup tidur yang baik maka mood, hati, dan otak Anda meningkat secara signifikan.

Tidur memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, kemampuan belajar dan fungsi tubuh vital lainnya. Jika Anda tidak tidur nyenyak, maka akan merasa tidak enak. Jika siklus tidur yang buruk ini berlanjut setiap hari, maka kesehatan Anda akan terkena dampak serius. 

Berapa lama sebaiknya kita tidur?
Kebutuhan tidur Anda sebagian besar bergantung pada usia dan gaya hidup Anda. Para ilmuwan telah mempelajari pola tidur secara ekstensif dan memperoleh jem tidur yang direkomendasikan. Yayasan Tidur Nasional, seperti dilansir dari Home Remedies for All, yang terus meninjau persyaratan tidur berdasarkan studi ilmiah baru saat ini mengikuti rekomendasi tidur, meliputi:
  1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam
  2. Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam
  3. Balita (1-2 tahun): 11-14 jam
  4. Anak-anak prasekolah (3-5): 10-13 jam
  5. Anak usia sekolah (6-13): 9-11 jam
  6. Remaja (14-17): 8-10 jam
  7. Dewasa muda (18-25): 7-9 jam
  8. Dewasa (26-64): 7-9 jam
  9. Orang dewasa yang lebih tua (65+): 7-8 jam

Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan emosional. Anda tidak dapat meremehkan manfaat dari istirahat yang teratur setiap hari yang ditawarkan oleh tidur. Lalu apa saja manfaat yang kita dapatkan ketika kita tidur dengan teratur? Simak ulasan dibawah ini.

1. Hidup panjang umur dan lebih sehat
Studi membuktikan bahwa tidur yang lebih baik akan meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Jika Anda mengalami tidur yang buruk atau tidak cukup tidur selama seminggu, tubuh Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan kesehatan. Gula darah dan tekanan darah meningkat. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan serangan jantung dan diabetes.

2. Mood lebih baik
Tidur nyenyak meningkatkan suasana hati Anda. Kesehatan emosional secara keseluruhan jauh lebih baik setelah tidur dibandingkan dengan ketika tidak cukup tidur. Anda mungkin menjadi rewel dan lelah karena kurang tidur yang terlihat pada suasana hati Anda secara keseluruhan.

3. Berpikir jernih
Kehilangan tidur dapat merusak pemikiran dan kognisi. Ingatan Anda menjadi lemah dan Anda menjadi tidak jelas dan mudah bingung. Otak Anda berfungsi suboptimal. Jika Anda kurang tidur akan berdampak pada kemampuan Anda untuk memecahkan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan.

Juga ditemukan bahwa selama tidur, otak kita menyimpan informasi dalam sebuah firma indeks yang membantu mengingat ketika diperlukan. Kurang tidur mengganggu pengindeksan (menganalisa) ini sebagai akibatnya Anda tidak dapat mengingatnya.

4. Mengurangi nyeri
Tidur yang teratur dan cukup mengurangi peradangan dan rasa sakit di tubuh. Anda juga tidak udah cedera karena otak waspada. Cukup tidur berfungsi sebagai obat untuk membunuh sakit kronis. Ini adalah lingkaran setan di mana rasa sakit memengaruhi tidur Anda dan kurang tidur meningkatkan rasa sakit. Anda perlu memutus siklus ini dengan meditasi yoga dan olahraga untuk tidur nyenyak.

5. Menjaga berat badan
Penambahan berat badan adalah masalah psikologis dan fisiologis. Ketika Anda belum tidur dengan baik, suasana hati Anda menurun sehingga Anda tidak ingin berolahraga. Siklus ini menetapkan rutinitas tidak ada latihan dalam kenaikan berat badan jangka panjang terjadi.
Pada tingkat fisiologis, rasa lelah mendorong Anda untuk mencari makanan dan meningkatkan asupan makanan dalam jangka panjang menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi tidur nyenyak dan kendalikan berat badanmu.

6. Kehidupan seks lebih baik
Jika Anda lelah dan tidak tidur maka dorongan seks Anda mengurangi dampak kehidupan seks. Tidur malam yang nyenyak dapat membuat Anda sehat dan lebih aktif.

7. Lebih kreatif
Kreativitas Anda akan jauh lebih baik ketika Anda memiliki tidur yang baik secara teratur. Sementara tubuh yang lelah memiliki pikiran yang lelah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa fungsi otak meningkat sebagai akibat dari kualitas yang cukup baik jika tidur.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya