Kandungan & Manfaat Asam Jawa Ini Sangat Menakjubkan Loh!

Kandungan & Manfaat Asam Jawa Ini Sangat Menakjubkan Loh! – Camilan Nusantara


Asam jawa biasanya digunakan ibu rumah tangga untuk menambahkan rasa masam yang khas pada masakan. Misalnya sayur asem atau minuman seperti kunyit asam. Asam jawa punya kekuatan untuk menurunkan peradangan, meningkatkan penglihatan dan pencernaan serta baik untuk kesehatan pernapasan.

Setiap 100 gram asam jawa mengandung 36 persen tiamin, 35 persen zat besi, 23 persen magnesium, dan 16 persen fosfor dari sejumlah yang direkomendasikan untuk kecukupan gizi per hari. Kandungan bernutrisi lainnya mencakup niasin, kalsium, vitamin C, tembaga, dan piridoksin.
Kandungan asam jawa yang lainnya ialah kandungan fitokimia, yang mencakup limonin, geraniol (antioksidan alami dengan wangi seperti mawar), safrole, asam sinamat, metil salisilat (sebagai zat anti-iritasi), pirazin, dan alkylthiazola. Masing-masing kandungan tersebut memiliki perannya sendiri dalam pengobatan herbal.

Geraniol, salah satu fitokimia di dalam asam jawa, diketahui merupakan salah satu senyawa yang sanggup menekan perkembangan tumor pankreas. Ini dibuktikan dalam salah satu penelitian yang menunjukkan potensi geraniol untuk mencegah dan sebagai obat kanker pankreas.
Sehingga mengonsumsi asam jawa memang baik untuk kesehatan. Baik diolah dalam makanan, minuman, atau dimakan langsung sesuai selera. Seperti mengolahnya dalam bentuk selai, makanan penutup, atau saus, hingga mengonsumsinya secara mentah dengan cara dikunyah. Asam jawa juga bisa diolah menjadi permen yang dicampur dengan gula. Rasa permen asam jawa ini sangat enak dan segar. Permen asam ini juga cocok dimakan dalam segala kondisi seperti saat sedang bekerja, dalam perjalanan, belajar, dan aktivitas lainnya. Selain enak permen asam jawa juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh loh. Itu karena terbuat dari bahan dasar asam jawa asli. Berikut manfaat asam jawa bagi tubuh.
  1. Anti Radang : Asam jawa dapat menurunkan peradangan. Asam Jawa mengandung sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meningkatkan perlindungan tulang dan sendi dengan mencegah artritis.
  2. Pembersih Darah : Asam jawa adalah pembersih darah. Asam jawa berlimpah mineral penting, serat makanan, dan vitamin C sehingga dapat memurnikan darah.
  3. Atasi Sembelit : Asam jawa bisa meredakan sembelit. Kandungannya kaya serat dan dapat membantu mengatur buang air besar.
  4. Tingkatkan Kekebalan Tubuh : Asam jawa mengandung vitamin C, antioksidan, antivirus, antiseptik, dan antimikroba. Asam jawa dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah infeksi.
  5. Turunkan Kolesterol: Asam jawa dapat mengatur kolesterol, mengatasi tumpukan lemak, dan meningkatkan daya tahan.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya