Jalan-Jalan Ke Korea? Anda Wajib Mencoba Jajanan Pinggiran Khas Negri Gingseng Ini

Jalan-Jalan Ke Korea? Anda Wajib Mencoba Jajanan Pinggiran Khas Negri Gingseng Ini – Camilan Nusantara


Gelombang Korea atau lebih dikenal sebagai Hallyu Wave mengacu pada penyebaran budaya Korea Selatan di seuruh dunia atau kecintaan pada eksport budaya Korea Selatan. Hallyu wave pada hakikatnya merupakan fenomena demam Korea yang disebarkan melalui Korean Pop Culture ke seluruh penjuru dunia menggunakan media massa, dan yang terbesar lewat jaringan internet dan televisi.

Karena pengaruh Hallyu ini lah banyak penggemar kpop atau kdrama yang mencari tau lebih jauh tentang korea seperti attitude di Korea, tempat hiburan dikorea, hingga kuliner khas korea. Membicarakan kuliner, salah satu makanan khas korea yang terkenal adalah kimchi, tapi tahukah anda, ternyata korea memiliki banyak makanan khas yang enak patut dicoba ketika anda pergi ke negri gingseng tersebut. Nah,berikut beberapa jajanan pinggiran di korea yang murah dan wajib anda coba.
1. Bungeoppang
Bungeoppang adalah cemilan khas musim dingin di Korea. Walaupun berbentuk ikan, tapi bukan berarti ia berbahan dasar ikan ya! Bungeoppang terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dicetak dengan bentuk ikan, dan dipanggang. Biasanya cemilan ini diisi dengan selai kacang merah, ubi manis, coklat dan chesnut. Karena merupakan cemilan khas musim dingin, tentu nyaman cocok bila disajikan saat masih hangat.
Tahukah Anda jika cara memakan Bungeoppang dapat memperlihatkan kepribadian seseorang? Jika seseorang makan Bungeoppang dari bagian kepala, maka biasanya orang itu bersifat optimisik dan bersemangat. Tapi jika ia memakannya dari bagian ekor, maka orang itu cenderung memiliki bersifat sensitif, romantis dan fashionable.

2. Gukwa-Ppang
Jika Bungeoppang berbentuk ikan, Gukwa-ppang ini berbentuk seperti bunga. Sangat cocok untuk dijadikan cemilan musim dingin, seperti Bungeoppang. Gukwa-ppang terbuat dari adonan tepung yang dicetak berbentuk bunga krysan dan diisikan dengan pasta kacang merah.

3. Gyeran Ppang Atau Roti Telur
Cemilan klasik khas Korea yang satu ini, adalah salah satu makanan yang paling banyak diminati saat musim dingin. Gyeran Ppang merupakan sajian roti yang bagian atasnya ditambahkan telur ayam yang dipanggang bersamaan dalam oven. Rasanya yang manis dan gurih, membuatnya laris manis ketika dijual dipinggir jalan. Terlebih saat ia masih hangat.

4. Hotteok
Hotteok biasanya digoreng dan dimakan selagi hangat. Bentuknya bulat dan tebal serta berisi pasta kacang. Adonannya terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras ketan yang diencerkan kemudian ditambahkan gula, susu dan ragi. Isiannya (pasta kacang) terdiri dari campuran gula coklat, madu, kacang tanah halus dan aroma kayu manis. Beberapa variasi hotteok ada yang dicampurkan tepung jagung atau teh hijau dalam adonannya, lalu cara memasaknya juga ada yang dipanggang.

5. Songpyeon (Kue Beras)
Songpyeon merupakan kue beras khas Korea (tteok) yang terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus dan berbentuk bulan sabit. Isiannya berupa saus kacang merah, kacang kedelai chesnut, jujube dan wijen. Tapi ada juga Songpyeon yang tidak ada isinya. Ketika dikukus, Songpyeon ditambahkan duri cemara diatasnya agar kue tidak lengket satu sama lain dan membuat rasa menjadi lebih enak.
Songpyeon biasanya disajikan pada hari raya Chuseok atau pesta panen setiap bulan September. Pada hari raya tersebut, setiap keluarga di Korea akan memberi persembahan kepada arwah nenek moyang di altar. Selain dijadikan salah satu makanan persembahan, Songpyeon juga dibuat bersama-sama dalam keluarga lalu kemudian dibagikan kepada tetanga dan kerabat.

6. Tteok
Tteok adalah cemilan khas Korea yang terbuat dari ketan. Di hari raya, Tteok dibuat sebagai kue dengan rasa yang manis. Tteok yang berasal dari ketan biasanya akan diolah menjadi makanan lain seperti Tteokbokki, Pojangmacha, dan Tteokguk. Tteok yang berasal dari ketan biasanya dibuat menjadi kue yang manis dengan tambahan madu atau pun gula. Kadang kala labu parang, kacang hijau, kacang azuki atau wijen juga di bubuhkan untuk memperkaya cita rasa cemilan klasik khas Korea yang satu ini.


7. Yaksik atau Yakbab
Secara harfiah, Yaksik ini berarti makanan obat atau nasi obat. Yaksik ini terbuat dari tteok yang dicampur kacang, minyak wijen, madu, kecap dan gula lalu dikukus dengan jujube, kastanye dan kacang cemara. Yaksik atau Yakbab merupakan kue khas festival Jeongwol Daeboreum atau perayaan bulan purnama pertama pada kalender lunar. Tetapi sekarang Yaksik juga biasa dimakan di beberapa hari libur Korea yang lain.

8. Han-Gwa
Han-gwa bermakna Kue Korea, terbuat dari bahan dasar tepung beras yang ditambahkan madu, gula, minyak wijen dan bahan-bahan lain. Han-gwa memiliki beberapa jenis yaitu:
  1. Yakgwa, terbuat dari tepung beras dengan minyak wijen yang dicetak seperti bunga lalu digoreng. Kemudian dicelup madu, sari jahe, arak dan ditaburkan bubuk kulit manis. Yakgwa biasanya disajikan sebagai sesajen pada jesa atau hidangan disaat pesta.
  2. Gangjeong, kue mungil seukuran jari yang renyah dan kopong di tengah-tengah. Terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan arak dan air, dikukus lalu digoreng. Kemudian dicelupkan kedalam madu, ditaburi wijen dan biji-bijian. Biasanya dihidangkan saat pesta.
  3. Dasik, kue tepung beras yang dicampur dengan madu dan serbuk sari lalu dicetak.


9. Chapssaltteok
Kue ini mirip seperti Mochi yang ada di Indonesia yang berisikan kacang hijau. Chapssaltteok merupakan variasi tteok yang diisi dengan pasta kacang merah. Biasanya dijadikan makanan penutup, atau buah tangan untuk sanak saudara saat seseorang pulang berpergian.

10. Maejakgwa atau Tareagwa
Maejakgwa berbentuk mirip kulit pangsit goreng yang bertekstur tipis dan renyah serta berwarna warni dengan rasa jahe. Bagian luarnya biasanya ditaburi kacang pinus yang sudah dihancurkan kasar dan kayu manis bubuk. Nama Maejakgwa, diambil dari bentuknya yang mirip dengan burung pipit. ‘Jak’ yang berarti burung pipit dan ‘Mae’ dari kata ‘Maehwa’ yang berarti pohon aprikot tempat biasa burung pipit hinggap.


Nah, jadi jajanan khas korea mana nih yang anda ingin coba? Bagi anda yang beragama muslim, sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih makanan ketika berkunjung ke Negara tersebut, karena banyak makanan korea yang tidak halal. Namun jangan khawatir, karena di sana juga banyak restoran yang khusus muslin atau menyajikan makanan halal saja. Semoga bermanfaat.


Baca Juga :


Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya