Cara Memilih Buah Papaya Sebelum Dijadikan Manisan

Cara Memilih Buah Papaya Sebelum Dijadikan Manisan – Camilan Nusantara


Pencinta camilan harus mencoba panganan yang satu ini. Manisan pepaya yang memiliki cita rasa unik bisa menjadi camilan sehatmu sehari-hari. Khasiatnya sudah tentu tak perlu diragukan, karena pepaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mau coba membuat atau membeli manisan pepaya? Simak tipsnya!

Pepaya adalah buah yang mudah didapat dan harganya pun sangat murah. Terjangkau oleh semua kalangan dan disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya enak dimakan langsung, pepaya pun termasuk buah yang kerap diolah menjadi berbagai variasi. Dari mulai jus atau diolah menjadi manisan.

Olahan manisan pepaya ini ada yang basah maupun kering. Bahan yang digunakan adalah buah pepaya mengkal, asam sitrat, gula pasir, sodium meta bisulfit, dan sodium benzoate.

Di antara berbagai olahan pepaya, manisan termasuk panganan terpopuler yang disukai masyarakat. Karena manisan merupakan salah satu olahan makanan yang memiliki rasa manis dan lezat. Terlebih pepaya memang sudah punya rasa dasar yang cukup manis, untuk buah yang sudah matang. Ditambah dengan bahan lainnya, manisan pepaya akan menawarkan rasa yang berbeda.

Nah, buah dijadikan manisan bertujuan agar memiliki masa simpan yang lebih panjang. Apalagi kalau dibuat menjadi manisan kering. Daya tahan simpannya bisa menjadi lama, selain karena diawetkan oleh gula, manisan kering juga memiliki kadar air yang sedikit.

1. Pilih Pepaya Yang Dagingnya Agak Keras
Untuk membuat manisan, pepaya yang dibutuhkan tidak terlalu lembut tapi juga tidak terlalu keras. Artinya, buah sudah matang tapi dengan tekstur yang masih sedikit keras. Karena jika buah pepaya belum matang, selain dagingnya masih keras, rasanya juga kurang manis. Pastikan pepaya yang dipilih sudah cukup matang sehingga bisa menimbulkan rasa manis yang pas saat dibuat manisan.

2. Perhatikan Kulit Pepaya
Kondisi kulit pepaya bisa dijadikan patokan untuk memilih buah yang pas untuk dibuat manisan. Coba tekan dengan lembut, jika terasa agak lunak maka pepaya sudah cukup matang. Tapi jangan pilih pepaya yang daging di bagian ujung batangnya lunak, ya. Perhatikan juga tekstur kulit pepaya. Jika ada beberapa bagian yang sudah berkerut, itu tandanya pepaya sudah terlalu matang. Tidak cocok untuk dijadikan manisan.

3. Cium Aroma Pepaya
Seperti halnya buah-buahan yang sudah matang, pepaya juga akan mengeluarkan aroma yang khas. Terutama di bagian dekat ujung batang. Jangan pilih pepaya yang aromanya belum kuat, karena itu menjadi tanda buah belum matang. Tapi hindari juga buah pepaya yang terlalu tajam, karena bisa jadi buah sudah terlalu lama atau merupakan hasil fermentasi.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya