9 Oleh-Oleh Unik Khas Surabaya Yang Cocok Untuk Keluarga

9 Oleh-Oleh Unik Khas Surabaya Yang Cocok Untuk Keluarga – Camilan Nusantara


Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota berjuluk Kota Pahlawan yang menyimpan legenda hiu dan buaya tersebut kerap disambangi oleh sebagian orang untuk urusan bisnis. Padahal, selain untuk bisnis, Surabaya juga menyimpan keindahan alam yang menarik untuk disaksikan. Ada Taman Mundu, Taman Bungkul, Taman Surya, Taman Pelangi, dan masih banyak lagi.

Jika sewaktu-waktu kamu merencanakan liburan ke Surabaya, jangan lupa untuk menikmati pariwisata dan kuliner khasnya. Bukan cuma itu, kamu juga disarankan untuk membeli beberapa buah tangan untuk dibawa pulang. nah berikut 9 oleh-oleh unik khas surabaya yang cocok untu keluarga kamu di rumah.

1. Almond Crispy
Sesuai namanya, Almond Crispy Cheese adalah makanan yang renyah dengan rasa keju dan almond sebagai rasa dan bahan utama pembuatannya. Selain rasa Original, masih ada varian rasa yang lain meliputi rasa Green Tea, Cokelat, Blueberry, Stawberry, dan Durian yang sama-sama lezat.
Dengan bentuk tipis, bulat, dan lembut di mulut, rasanya akan sangat cocok untuk dimakan saat kumpul bersama keluarga atau hanya dijadikan cemilan dan teman minum kopi. Bahan-bahan pembuatannya terutama kacang Almond sebagai bahan wajib, keju, gula, mentega, tepung, dan bahan lain yang dibuat menggunakan metode tertentu.

2. Kue Lapis Surabaya
Kamu pasti sudah mengenal kue lapis khas Surabaya dengan warna kuning kemudian ada warna cokelatnya, sehingga terlihat belang kuning cokelat dan di tengahnya terdapat selai yang umumnya adalah selai strawberry sebagai perekat. Rasanya sangatlah enak, empuk, dan lembut di mulut, ditambah dengan aroma wangi yang muncul saat akan memakannya. Walaupun agak mirip dengan sponge cake, kue lapis punya tekstur yang lebih empuk dan halus, sedangkan saat disentuh akan terasa lebih basah atau lembap. Walaupun kue ini termasuk makanan tradisonal, namun nyatanya kue lapis adalah kue dengan rasa premium karena memerlukan bahan yang cukup banyak. Tak main-main, dalam satu resep pembuatannya, bisa menghabiskan telur sebanyak 20 buah untuk membuat rasanya lebih terasa. Selain mudah ditemukan di Surabaya, di kota-kota besar lain, kue lapis sangat mudah untuk ditemui.

3. Sambal Bu Rudy
Ibu rudy sendiri merupakan produsen sambal pertama yang menggunakan kemasan dalam menjual sambal buatannya. Sambal bu rudy sudah banyak dikenal orang karena rasanya yang pedas, nikmat, dan rasa udangnya yang kental. Selain itu karena sudah di kemas secara ekonomis sambal ini mudah di bawa kemana-mana. Jika kamu sedang mampir ke Surabaya jangan lupa untuk membeli sambal bu rudy ini. Untuk membelinya, kamu bisa menuju alamat depot Bu Rudy yang berada di tiga tempat berbeda, yakni Jalan Dharmahusada 140 Surabaya, Jalan Kupang Indah 31 Surabaya, dan Jalan Anjasmoro 45 Surabaya.

4. Siropen Telasih
Dahulu, hanya kaum bangsawan yang bisa menikmati Siropen Telasih ini. Minuman yang diproduksi di Jalan Mliwis ini tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali. Hal inilah yang membuat Siropen Telasih memiliki rasa yang khas dan nikmat. Minuman ini terdiri dari beberapa varian rasa seperti jeruk keprok, vanili, frambosen, mawar dan cocopkamun. Jika ingin membelinya sebagai oleh-oleh, Kamu bisa memilih kemasan reguler atau premium. Pada kemasan premium, Siropen Telasih dikemas dalam botol serupa wine yang membuatnya tampak mewah dan berkelas.

5. Belinjo Udang

Biji belinjo terkenal dengan rasa yang sedikit pahit. Namun berbeda dengan belinjo udang, dengan memanfaatkan melinjo yang telah dibuat menjadi emping kemudian dicampurkan udang asli dan rempah-rempah, membuat camilan satu ini terasa renyah dan lezat, bahkan rasa pait melinjo nya sudah hilang.
Ditambah dengan rasa manis yang menyertainya, oleh-oleh camilan khas Surabaya ini terasa lebih nikmat. Selain rasa blinjo udang yang manis, ada juga varian lain yang tak kalah lezatnya, yaitu rasa pedas manis yang menjadi idola semua orang. Untuk melihat dan membelinya kamu bisa langsung pergi ke Bibis Tama, Tandes-Surabaya sebagai pusat produksinya.


6. Surabaya Snow Cake
Surabaya Snow Cake milik designer ternama Zaskia Sungkar ini merupakan pelopor utama oleh-oleh khas Surabaya kekinian di kota pahlawan ini. Ciri khas dari kue kekinian ini adalah bentuk evolusi dari kue lapis Surabaya yang pada umumnya memiliki 3 lapis, tapi Snow Cake ini terbuat dari susunan kue lembut seperti bolu yang diapit oleh puff pastry yang renyah ditambah taburan salju. Snow cake ini tersedia beberapa varian rasa diantaranya Rasa Vanila, Caramel, Choco Banana, Choco Green Tea, dan Keju. 

7. Kue Bikang
Untuk pecinta jajanan tradisional, memilih kue bikang sebagai oleh-oleh khas Surabaya menjadi pilihan yang tepat banget. Jajanan tradisional khas Surabaya ini terbuat dari adonan tepung beras, kelapa, dan gula. Bentuknya yang menyerupai bunga mekar memiliki keunikan tersendiri nih, Sobat Tiket. Oleh-oleh yang murah ini bisa kamu temui di pasar tradisional terdekat kok, Sobat Tiket. Masyarakat Surabaya juga biasa menyajikan kue bikang sebagai santapan di acara-acara tertentu lho.

8. Kerupuk Seafood
Hasil laut yang melimpah di Pantai Kenjeran, Surabaya, membuat warga sekitarnya kreatif membuat berbagai olahannya. Salah satu hasil kreatifitas warga adalah aneka kerupuk berbahan seafood.
Jika Kamu melewati Jalan Sukolilo atau kawasan sekitar Pantai Kenjeran, dari jauh Kamu sudah bisa mencium aroma khas kerupuk yang dijual di sini. Kerupuk ini dijual dalam keadaan mentah dan juga siap santap. Kerupuk terdiri dari beragam warna sesuai dengan bahan utamanya seperti hitam untuk kerupuk cumi, hijau untuk kerupuk rumput laut dan cokelat untuk kerupuk kerang. Jika membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh, Kamu tinggal memilih kerupuk dalam kemasan sesuai selera Kamu. Untuk harga, umumnya kerupuk ini dibanderol 15.000 – 300.000 rupiah per kg.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya