8 Oleh-Oleh Yang Wajib Dibawa Pulang Ketika Mampir Di Kota Magelang

8 Oleh-Oleh Yang Wajib Dibawa Pulang Ketika Mampir Di Kota Magelang – Camilan Nusantara


Kota Magelang memiliki cukup banyak cemilan yang rasanya enak dan sudah populer sebagai jajanan khas Magelang. Jika anda masih bingung mencari oleh-oleh khas Magelang, anda bisa membaca mengenai apa saja jajanan khas dari kota Magelang yang biasanya dipilih sebagai oleh-oleh selengkapnya di artikel ini.

Jika tahun ini anda berlibur di kota Magelang, tak usah bingung lagi jika ingin mencari oleh-oleh untuk kerabat maupun saudara anda. Pasalnya ada cukup banyak jajanan khas Magelang yang sudah biasa dijadikan oleh-oleh. Berikut 8 Oleh-Oleh Yang Wajib anda Dibawa Pulang ketika mampir ke kota magelang.

1. Getuk Trio
Oleh-oleh khas Magelang yang pertama dan wajib anda bawa pulang adalah makanan olahan dari singkong. Ya, oleh-oleh Magelang yang pertama dan bisa dikatakan paling terkenal adalah Getuk Trio.

Getuk Trio memang memiliki cita rasa yang mirip seperti Gethuk Kethek dari kota Salatiga. Namun demikian, tampilan antara Getuk Trio dan Gethuk Kethek sangat berbeda. Anda bisa dengan mudah mengenali Getuk Trio dari Magelang ini dari tampilannya saja.

Oleh-oleh khas Magelang satu ini memiliki 3 macam warna yaitu putih, coklat, dan juga merah muda. Oleh sebab itu, Getuk khas dari Magelang ini disebut dengan Trio karena memang memiliki 3 warna.

Getuk Trio biasanya dikemas menggunakan plastic dalam ukuran kecil dan dikemas lagi menggunakan kardus. Jika anda ingin membeli jajanan khas Magelang ini, anda bisa membelinya di hampir semua toko oleh-oleh khas Magelang dan bahkan pasar tradisional.

2.  Wajik Week
Selain Getuk Trio, masih ada banyak oleh-oleh khas Magelang yang tidak kalah lezatnya. Salah satunya adalah Wajik Week. Jajanan tradisional yang terbuat dari bahan beras ketan yang dicampur dengan santan.

Wajik Ny Week Magelang ini memiliki 2 macam varian rasa yaitu gula jawa yang berwarna kecoklatan dan juga pandan yang berwarna hijau muda. Kedua varian rasa Wajik Week tersebut sama-sama enaknya dan pasti membuat ketagihan. Wajik Week juga merupakan salah satu oleh-oleh Magelang yang sangat mudah didapatkan di berbagai toko oleh-oleh khas Magelang.

3.  Tape Ketan
Tape Ketan juga merupakan salah satu cemilan yang biasa dijadikan oleh-oleh khas Magelang. Sebenarnya Tape Ketan ini bukan asli buatan Magelang. Tape Ketan ini sebenarnya adalah cemilan khas dari kota Muntilan. Namun karena lebih banyak pelancong yang berlibur di kota Magelang dibandingkan di Muntilan, lama-kelamaan Tape Ketan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Magelang. Tape Ketan adalah cemilan yang diolah dari beras ketan. Pembuatannya menggunakan proses fermentasi sehingga di dalamnya terdapat sedikit kadar alkohol.

Tape Ketan khas dari kota Magelang biasanya berwarna hijau muda. Dulunya, warna hijau muda di Tape Ketan tersebut menggunakan daun katuk. Namun saat ini, kebanyakan produsen sudah menggunakan pewarna makanan karena daun katuk sudah cukup sulit ditemukan.

Tape Ketan ini juga bisa anda dapatkan dengan mudah di hampir semua toko oleh oleh khas Magelang. Biasanya Tape Ketan ini dijual dengan takaran 1/2 kilogram hingga 1 kilogram dengan kemasan toples.

4. Slondok
Jika anda berlibur di kota Magelang, pastikan untuk mencicipi cita rasa kerupuk khas kota Magelang yang disebut dengan Slondok. Krupuk Slondok bisa menjadi teman makan maupun menjadi cemilan. Slondok dibuat dari singkong. Tidak sulit menemukan Slondok di kota Magelang karena memang merupakan salah satu oleh oleh khas Magelang.

Slondok ini memang merupakan jajanan khas Magelang yang sangat sederhana. Cemilan ini hanya menggunakan beberapa macam bumbu saja seperti garam, ketumbar, dan juga bawang putih.

Namun demikian, cita rasanya benar-benar menggiurkan dan pasti membuat anda ketagihan. Jika anda penggemar makanan yang diolah dari singkong, pastikan untuk membeli Slondok ketika berkunjung ke kota Magelang.

Sama halnya seperti Wajik Week, Getuk Trio, dan juga Tape Ketan, Slondok ini juga pasti bisa anda dapatkan di semua toko oleh-oleh khas Magelang. Selain itu, anda juga bisa membeli Slondok di pasar tradisional.

5. Pothil
Pothil sebenarnya sama seperti dengan Slondok. Hanya saja, Potil memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Slondok. Selain ukurannya lebih kecil, Potil juga lebih tebal jika dibandingkan dengan Slondok.

Potil juga termasuk salah satu oleh oleh khas Magelang yang hampir selalu dibeli oleh wisatawan. Biasanya jika stok Slondok habis, wisatawan langsung membeli Potil sebagai penggantinya. Jika anda ingin membeli Potil atau setidaknya mencicipi bagaimana rasanya, anda bisa menemukan Potil ini hampir di semua toko oleh-oleh khas Magelang.

6. Keripik Sayuran
Selain malang yang terkenal dengan keripik buahnya. Ada juga magelang yang tekenal karena keripik sayurnya. Hal tersebut juga akan anda temui di toko oleh-oleh khas Magelang. Hanya saja, yang diolah menjadi keripik di kota Magelang ini bukan buah namun sayuran.

Ya, anda bisa mencicipi kelezatan dari keripik sayuran yang biasanya dibuat dari pare, daun bayam, daun singkong, dan masih banyak lagi. Meskipun diolah menjadi keripik, cita rasa dari sayuran tersebut masih terasa. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan juga benar-benar membuat jajanan ini semakin membuat ketagihan.

Keripik sayuran ini juga merupakan salah satu jajanan khas Magelang yang sangat cocok anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk saudara ataupun kerabat. Dijamin mereka akan ketagihan setelah mencicipi cita rasa dari keripik sayuran dari Magelang ini.

7.  Gethuk Bolen / Getuk Bollen
Gethuk Bolen adalah salah satu oleh-oleh Magelang modern. Cita rasa Gethuk Bolen ini sama lezatnya seperti jajanan khas Magelang tradisional. Gethuk Bolen ini menggabungkan cita rasa modern dengan tradisional. Jajanan ini menggunakan kulit pastry untuk membungkus Gethuk. Menariknya, Gethuk Bolen ini memiliki cukup banyak varian rasa seperti raspberry, strawberry, cappuccino, keju, coklat, durian, dan masih banyak lagi.

8.  Buntil
Buntil dibuat dari daun talas, daun pepaya, potongan ikan tongol, dan parutan kelapa. Buntil memiliki ciri khas dibungkus dengan daun pisang. Cita rasanya benar-benar sangat lezat, terutama jika dimakan bersama dengan nasi yang masih hangat. Namun sekali lagi, Buntil tidak tahan lama sehingga sangat tidak cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas Magelang bagi wisatawan yang kota asalnya sangat jauh dari kota Magelang.


Sudah tidak bingung lagi bukan mengenai oleh-oleh khas Magelang apa yang sebaiknya anda bawa pulang? Tidak semua jajanan khas Magelang yang dibahas di artikel ini tahan lama. Jadi pastikan untuk memilih oleh-oleh Magelang yang tahan lama jika kota asal anda memang cukup jauh dari kota Magelang.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya