Usaha Kerupuk Udang Menguntungkan Dan Cara Membuatnya

Usaha Kerupuk Udang Menguntungkan Dan Cara Membuatnya – Camilan Nusantara


Siapa yang tidak tahu kerupuk udang? Pasti hamper semua dari kalian mengetahui apa itu kerupuk udang. Yaa, kerupuk udang merupakan kerupuk yang terbuat dari udang tentunya yang kemudian di campur terung tapioca dan bahan-bahan lainnya. Kerupuk udang merupakan salah satu jenis kerupuk yang di gemari oleh masyarakat Indonesia. Hal itu karena kerupuk udang memiliki rasa yang khas dan teksturnya renyah. Kerupuk udang biasanya dijadikan lauk saat menyantap makanan berkuah seperti soto, rawon, dll. Tidak hanya nikmat dijadikan lauk saja, ketika di rumah tidak ada snack untuk dimakan, biasanya kerupuk udang dijadikan camilan saat sedang santai atau ketika sedang berbincang-bincang dengan teman/tetangga.

Kerupuk udang saat ini banyak dijual dipasaran baik yang masih mentah ataupun yang sudah matang. Kerupuk udang sangat mudah di temukan, terutama jika anda tinggal di pulau jawa. Kerupuk udang saat ini banyak dijual di berbagai toko, pasar, supermarket, swalayan, mall, dll. Harga jual kerupuk udang pun masih sangat terjangkau oleh kantong.

Kerupuk udang selain enak untuk dimakan, ternyata kerupuk udang juga memiliki peluang usaha yang cukup bagus. Mengapa? Karena kerupuk udang memiliki banyak penggemar dari semua kalangan, tindak hanya orang dewasa saja. Selain itu, proses pembuatan kerupuk udang juga terbilang mudah, serta bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk udang juga mudah di temukan. Yang perlu anda lakukan adalah belajar membuat kerupuk udang kepada orang yang sudah ahli. Setelah itu anda bisa menjalankan usaha kerupuk udang anda sendiri.

Bagi Anda yang belum memiliki usaha bisa mengambil kesempatan yang ada untuk menjalankan bisnis kerupuk udang. Bisnis kerupuk udang sangat mudah untuk dijalankan namun sebagai pembisnis kerupuk udang yang masih pemula ada beberapa persiapan yang perlu diketahui supaya bisnis kerupuk udang yang dijalankan bisa semakin sukses dan mampu bersaing dengan para pembisnis kerupuk udang lainnya. Adapun persiapan yang perlu anda ketahui adalah :

1. Tempat Usaha
Proses pembuatan kerupuk udang membutuhkan tempat produksi agar berjalan dengan lancar. Jika ingin menjalankan bisnis kerupuk udang sebaiknya proses produksi harus berpisah dengan dapur yang ada di rumah. Agar proses produksi berjalan lancar maka Anda perlu menyiapkan tempat produksi yang bersih dengan menyediakan aneka peralatan yang diperlukan. Dengan begitu proses pembuatan kerupuk udang akan berjalan dengan lancar.

2. Persiapan Bahan
Setelah Anda memikirkan persiapan tempat usaha untuk menjalankan bisnis kerupuk udang langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah persiapan kebutuhan bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk udang. Bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan kerupuk udang harus tersedia. Jika stok bahan sudah mulai habis sebaiknya Anda menambah stok bahan agar proses pembuatan kerupuk udang tetap berjalan dengan lancar.

3. Resep Kerupuk Udang
Bahan Yang dibutuhkan :
  • 500 gr tepung tapioka
  • 500 gr udang segar, ambil dagingnya saja
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt gula pasir
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Blender udang dengan bawang putih hingga halus benar. Tuang ke dalam wadah.
  2. Campur udang dengan tepung tapioka, garam, gula dan air, campur rata hingga jadi adonan pekat. Jangan sampai terlalu encer.
  3. Bungkus adonan dengan plastik panjang atau daun pisang memanjang. Ikat ujung-ujungnya.
  4. Kukus hingga matang, kurang lebih 1 jam. Angkat dan biarkan dingin.
  5. Potong-potong tipis adonan hingga menyerupai kerupuk udang.
  6. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari
  7. Setelah benar-benar kering, goreng hingga mengembang. kemuadian angkat dan tiriskan.
  8. Kerupuk udang siap dikemas dan dipasarkan.

4. Kemasan
Kemasan kerupuk udang yang Anda produksi harus terlihat menarik. Usahakan untuk memberi label pada kemasan kerupuk udang agar masyarakat mengetahui produksi kerupuk udang yang Anda buat.

5. Pemasaran Luas
Agar kerupuk udang yang diproduksi dapat menjangkau masyarakat secara luas maka Anda harus memasarkan kerupuk udang dalam jangka yang luas pula. Pemasaran yang luas akan membuat masyarakat dari berbagai daerah semakin menjangkau kerupuk udang yang Anda buat.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya