Tidak Cuma Jadi Sebagai Lauk, Ikan juga Bisa Dijadikan Camilan Sehatmu Lho!

Tidak Cuma Jadi Sebagai Lauk, Ikan juga Bisa Dijadikan Camilan Sehatmu Lho! – Camilan Nusantara


Sudah bukan lagi rahasia kalau ikan mengandung banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh, seperti omega 3, vitamin, protein, dan lain sebagainya. Mengosumsi ikan secara rutin bisa memberikan dambak baik bagi kesehatan tubuh seperti membantu pertumbuhan otak anak, menjaga kesehatan tubuh, mempertajam ingatan, dan masih banyak lagi. Kalau suka ngemil, bagaimana kalau sekarang ganti camilanmu dengan camilan berbahan dasar ikan berikut yang tentunya lebih sehat dari pada gorengan atau makanan manis yang kamu makan setiap harinya.  Kamu bisa jadikan aneka snack ikan sebagai camilan di kala santai atau saat sedang beraktivitas. Berikut daftar snack yang berbahan dasar ikan.

1. Snack Juhi Wanfa Snek Ikan
Snack Juhi Wafa Snek Ikan merupakan makanan ringan yang terbuat dari ikan kering dengan pemrosesan yang menerapkan teknologi canggih dan higienis. Snack ini berasal dari Malaysia dan terbuat dari daging ikan segar yang dikombinasikan dengan tepung terigu, gula, garam, cabai, penyedap rasa, serta diberikan pemanis sorbitol dan sucralose. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas. 

2. Snack Amplang Ikan OBIC Asli Ketapang
Amplang merupakan snack ikan khas dari Ketapang, Kalimantan Barat yang memiliki rasa gurih dan sangat cocok untuk dikonsumsi bersama dengan nasi, sayur, dan lauk. Snack ini terbuat dari daging ikan yang digiling sampai halus, kemudian dicampurkan dengan tepung sagu. Umumnya amplang dibuat dari ikan tenggiri, gabus (haruan) ataupun belida (ikan pipih). Meskipun begitu amplang paling favorit adalah terbuat dari ikan belida karena rasa gurihnya lebih terasa dan tekstur dagingnya jauh lebih lembut daripada ikan lainnya.

3. Dahfa Snack Ikan
Dahfa Snack Ikan merupakan camilan ikan asal Malaysia. Snack ini memiliki rasa nikmat, manis, gurih dan sedikit pedas dengan aroma khas ikan. Snack ikan ini dapat dikonsumsi langsung ataupun digunakan untuk taburkan di atas bubur. Memiliki kandungan karbohidrat, protein, mineral, kalsium dan kalium yang baik untuk tubuh. 

4. Snack Empiang Kulit Ikan Bangka
Snack Empiang Kulit Ikan khas Bangka, Kepulauan Bangka Belitung memiliki bentuk bulat pipih dengan cita rasa gurih, garing, renyah, dan nikmat. Snack ini terbuat dari kulit ikan tenggiri yang dicampur dengan sagu, bawang merah, dan penyedap rasa, lalu dimasak dengan cara digoreng. Anda dapat menikmatinya dengan cara direbus, digoreng, ataupun dipadukan dengan kuah cabe. 

5. Furikake Japan Snack Abon Jepang Ikan Salmon
Furikake merupakan bumbu makanan khas Jepang terbuat dari ikan kecil yang dikeringkan dan diproses menjadi bubuk ataupun tepung. Snack ini berbentuk seperti abon yang dapat dikonsumsi dengan cara ditaburkan diatas nasi ataupun dimakan langsung sebagai lauk. Furikake terbuat dari ikan teri, serutan katsuobushi dengan potongan rumput laut kecil, kombu, abon ikan serta makanan laut lainnya. 

6. Cripsea Snack
Cripsea snack merupakan snack ikan yang memiliki cita rasa gurih, renyah, nikmat, dan sehat karena terbuat dari cumi-cumi, udang, dan ikan sekaligus tanpa menggunakan bahan pengawet.  Cripsea snack terbuat dari olahan hasil laut berkualitas dari nelayan tradisional, seperti ikan fillet berjenis layur/ribbon fish yang dicampur dengan berbagai bumbu pilihan terbaik. 

7. Rufani Ikan Teri Crispy
Teri crispy rufani merupakan camilan sehat yang terbuat dari ikan teri istimewa tanpa menggunakan MSG ataupun bahan pengawet. Snack ini mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 yang baik untuk tubuh. Selain itu snack ini juga dapat dipergunakan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk anak dengan usia kurang dari 1 tahun. 

8. Kerupuk Ikan Tenggiri Bangka
Kerupuk Bangka Ikan Tenggiri (RAJA Kerupuk) memiliki rasa gurih dan nikmat. Snack ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka, telur, garam dan penyedap rasa. Umumnya snack ini dipergunakan untuk cemilan ataupun sebagai teman ketika makan. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

9. Snack Batagor Ikan Sikaya
Kuliner batagor adalah snack yang terbuat dari tahu dan merupakan akulturasi dari gaya Tionghoa dengan Indonesia. Proses pembuatan snack ini dari tahu yang dilembutkan, kemudian diisikan dengan adonan dari bahan campuran ikan tenggiri dan tepung tapioka. Setelah itu adonan batagor dibentuk bola dan digoreng beberapa menit dalam minyak panas. Untuk penyajiannya, Anda dapat menghidangkan bersama dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis. 

10. Sakana Fish Stick
Stick dimsum ikan merupakan snack nikmat, renyah dan bergizi yang sering menjadi teman makan bersama teh ataupun sebagai sarapan dan brunch. Snack ini terbuat dari daging ikan kakap segar yang dicampur dengan tapioka, gula, garam, lada, dan rempah-rempah. Makanan ini aman untuk dikonsumsi, higienis serta tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna. 



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya