Ternyata Anggur Memiliki Banyak Jenis Loh, Diantaranya 7 Ini!

Ternyata Anggur Memiliki Banyak Jenis Loh, Diantaranya 7 Ini! – Camilan Nusantara


Anggur merupakan salah satu buah yang populer di dunia. Tekstur, rasa, dan jenisnya yang bermacam-macam, serta banyaknya manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi buah ini membuat anggur semakin digemari. Anggur dipercaya dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan konstipasi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur dan buah-buahan dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantun
g, kanker, bahkan kematian.

Dalam 100 gram buah anggur (10 buah = 49 gram) mengandung 69 kalori. Kandungan air pada buah ini tergolong tinggi sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Anggur juga merupakan sumber vitamin A, C, B6, folat, mineral potassium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium.

Selain itu, anggur tinggi kandungan antioksidan penting untuk kesehatan mata seperti lutein dan zeaxanthin, dan kulit anggur merah mengandung resveratrol, antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis. Anggur juga mengandung flavonoid myricetin dan quercetin yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Anggur yang sering kita temui di supermarket, di pasar, atau di penjual buah biasanya hanya anggur merah, anggur hitam, dan anggur hijau. Padahal sebenarnya buah anggur memiliki jenis yang bervariasi lho..

1. Vitris Labrusca

Anggur ini adalah jenis anggur yang banyak dibudidayakan di dataran tinggi. Anggur ini juga dapat tumbuh di daerah dataran rendah, yaitu sekitar 900 m di atas permukaan laut. Buah ini memiliki ciri-ciri kulit yang tebal, rasanya sedikit masam dan kurang segar. Karenanya jenis anggur ini biasanya dibuat sebagai jus dulu sebelum diminum.

2. Kyoho

Anggur ini termasuk jenis anggur terbesar yang akan kita temui. Faktanya, nama Kyoho berasal dari terjemahan Bahasa Jepang ke 'anggur gunung raksasa' yang berasan dari Gunung Fuji. Buah brwarna hitam ini mulai dibudidayakan sejak tahun 1930. Orang Jepang biasa menghidangkan buah ini sebagai makanan penutup atau jus yang dicampur dengan cocktails. Ciri-ciri anggur ini besar, berwarna hitam keunguan dengan biji yang juga besar, dan kulit yang pahit.

3. Cotton Candy

Cotton candy merupakan jenis anggur yang juicy dan sangat populer. Yup, sesuai namanya, anggur ini memiliki rasa layaknya permen kapas namun lebih menyehatkan tentunya. Untuk mengenali anggur ini cukup mudah, yaitu seperti permen kapas yang dikemas dalam bentuk buah anggur.

4. Riesling

Anggur ini dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim sejuk seperti Australia dan Jerman. Buahnya dapat digunakan sebagai bahan pembuat wine hingga makanan pencuci mulut. Meski ada rasa asam sedikit, justru rasa inilah yang memberikan kesegaran bagi penikmatnya.

5. Pinot Noir

Pada dasarnya, jenis anggur ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat wine. Buah anggur ini bekulit tipis dengan bagian dalam buah berwarna ungu tua. Rasa dan aroma yang dihasilkan mirip seperti buah ceri, stoberi liar, dan karamel. Semuanya sama untuk anggur yang sudah matang maupun yang masi muda.

6. Moon Drops

Moon drops merupakan buah anggur berkulit ungu gelap dengan bentuk memanjang. Ciri-ciri lainnya berbentuk memanjang seperti jari tangan, dagingnya padat dan renyah, serta rasanya tidak terlalu manis. Saat memakan anggur ini, kita akan merasa seperti sedang memakan anggur jeli.

7. Sweet Jubile

Buah anggur ini termasuk jenis anggur unggulan yang ditanam. Anggur ini berbentuk besar dan dapat dipotong seperti buah apel. Anggur ini bisa dikenali dengan ciri-ciri berbentuk oval hitam, manis, dan agak keras.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya