Tahukan Anda, Apa Alasan Banyak Orang Sangat Suka Ngemil

Tahukan Anda, Apa Alasan Banyak Orang Sangat Suka Ngemil - Camilan Nusantara


Ngemil atau mengkonsumsi camilan di sela-sela kebiasaan makanan berat, merupakan salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan orang Indonesia. Hampir setiap orang suka ngemil di sela-sela jam makan berat. Ngemil bisa membuat kita menjadi lebih baik dalam situasi apapun, entah bagaimana ini bisa terjadi. Beragam camilan tersedia, mulai dari camilan sehat sampai dengan camilan yang tidak sehat, seperti camilan dengan kalori kosong yang mengandung banyak lemak. Namun, tetap saja banyak orang yang lebih menyukai camilan tidak sehat. Karena  rasanya sangat enak untuk dinikmati.

Mengudap makanan ringan memang tidak dilarang bahkan disarankan untuk menjaga kestabilan energi sepanjang hari. Namun tidak sedikit orang yang punya kebiasaan ngemil berlebihan. Seringkali keinginan ngemil memang sulit ditahan ataupun dikontrol yang bisa memicu kenaikan berat badan hingga obesitas. Tekad yang sudah bulat untuk hidup sehat pun kerap gagal karena sedikit saja godaan dari toples-toples berisikan camilan lezat. Kenapa orang suka ngemil dan cenderung memilih camilan tidak sehat? Ini beberapa penyebabnya.

1. Stres
Saat stres, tubuh memproduksi kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres. Hormon ini menempatkan kita dalam mode 'lawan atau melarikan diri' yang sayangnya, seringkali hal kedua yang kita pilih. Bisa dibilang, keinginan ngemil menjadi sebuah bentuk pertahanan diri tubuh agar Anda merasa lebih baik. Camilan yang dipilih pun biasanya berupa junk food seperti keripik, kraker, cake, cookies, permen cokelat atau biskuit krim yang mengandung gula serta karbohidrat tinggi.

Karbohidrat memicu pelepasan serotonin, hormon yang memberi rasa nyaman dan bahagia. Padahal kenyamanan yang didapat bersifat semu dan sementara. Makan makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi akan menyebabkan lonjakan gula dalam darah, tapi cepat juga turunnya. Ketika gula darah turun, rasa stres akan datang kembali dan tubuh menginginkan makanan lagi untuk mengatasinya. Akibatnya, ngemil Anda jadi berlebihan dan efeknya tentu tak baik bagi kesehatan tubuh.

2. Bosan
Para ahli diet dan kesehatan mengatakan, ada jutaan orang di dunia yang ngemil berlebihan hanya karena mereka bosan atau tidak ada sesuatu yang menarik yang bisa dilakukan. Saat jenuh orang cenderung memilih makanan dengan citarasa lezat. Sebagian lagi menginginkan makanan manis yang tinggi gula, dengan harapan bisa memberi tambahan energi sehingga tubuh jadi lebih bersemangat.

3. Terbiasa Bergadang
Sebuah studi yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung lebih sering merasakan lapar karena tubuh memerlukan energi untuk tetap terjaga. Sayangnya, yang mereka konsumsi seringkali melebihi kebutuhan kalori harian dan itu bisa memicu kegemukan. Semakin lama Anda terjaga, maka kemungkinan untuk ngemil lebih banyak bertambah. Sedikitnya orang yang tidak tidur hingga dini hari akan mengonsumsi camilan dua hingga tiga porsi di malam harinya.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya