Selain Buahnya, Ternyata Biji Durian Juga Memiliki Banyak Manfaat Loh

Selain Buahnya, Ternyata Biji Durian Juga Memiliki Banyak Manfaat Loh – Camilan Nusantara


Buah durian adalah buah salah satu buah yang digemari oleh semua orang. Rasanya yang manis menjadikan buah ini dijuluki sebagai rajanya buah. Saat ini, menikmati buah durian tidak hanya dengan memakan buahnya langsung, tetapi dapat pula dibuat dengan berbagai macam kreasi misalnya dodol durian, kue durian dan sebagainya.

Sebagai buah musiman, durian umumnya hanya berbuah selama kurang lebih 3-4 bulan yaitu sekitar Nopember – Januari tiap tahunnya. Jika buah durian selalu diburu untuk dinikmati dagingnya dengan beraneka ragam olahan makanan, bagaimana dengan bijinya? Ternyata biji durian juga bisa di olah menjadi makanan loh. Salah satunya adalah keripik durian. Selain enak dinikmati, biji durian juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya :

1. Penambah stamina tubuh
Khasiat biji durian yang pertama adalah dapat menambah stamina. Kandungan alami berupa energy dalam biji buah ini dapat membantu tubuh Anda agar tetap kuat dan sehat dalam melakukan kegiatan sehari – hari. Anda tidak akan mudah merasakan letih dan lelah serta gejala kecapekan lainnya.

2. Baik untuk kesehatan tulang
Khasiat biji durian sangat baik untuk kesehatan tulang. Siapa sangka dalam biji buah ini mengandung sejumlah kalsium dan senyawa sehat lainnya yang mampu memberikan asupan gizi untuk tulang. Tulang Anda tidak hanya sehat, namun juga kuat. Jangan menunggu sampai Anda terjangkit penyakit osteoporosis, mulailah memberikan nutrisi ke tulang dari sekarang.

3. Menyehatkan gigi
Khasiat biji durian yang satu ini mampu menjadikan gigi Anda lebih sehat. Gigi dan tulang memiliki struktur jaringan yang sama, sehingga jika biji buah ini baik untuk tulang Anda, maka juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Gigi Anda akan lebih kuat dan terlindungi dari sakit gigi. Tentunya juga perlu diimbangi dengan menjaga rutinitas menggosok gigi dengan rajin setiap hari.

4. Membuang lemak
Khasiat biji durian dapat membuat lemak berlebih di tubuh Anda. Lemak adalah bagian tubuh yang menumpuk karena banyaknya makanan tidak sehat yang Anda konsumsi ditambah lagi dengan kegiatan berolahraga yang kurang. Jika Anda ingin mengatasinya dengan alami, Anda dapat mencoba manfaat biji buah yang bermanfaat ini.

5. Membantu menguatkan otot
Khasiat biji durian bagusa dalam membantu tubuh untuk membentuk otot. Beberapa bagian tubuh seperti bawah lengan dan juga betis adalah bagian yang sering menggelambir karena kurang terbentuknya otot pada bagian tersebut. Selain berolahraga, Anda perlu mengonsumsi biji buah ini dengan rutin untuk mempercepat pembentukan otot yang kuat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Siapa sangka jika biji durian juga dapat membuat daya tahan tubuh Anda semakin meningkat. Biji buah beraroma khas ini akan membuat sistem imun Anda lebih kuat sehingga tidak mudah menerima serangan penyakit. Tubuh Anda akan lebih terlindungi dan terjaga dari beberapa jenis penyakit yang mudah menginfeksi kesehatan tubuh.

7. Mencegah depresi
Depresi yang berlarut – larut tidak hanya merusak kesehatan psikis Anda, namun juga akan berdampak pada gangguan kesehatan secara fisik. Cegahlah depresi mulai dari sekarang dengan mengonsumsi biji durian. Biji buah ini akan memberikan rasa rileks dan ketenangan untuk pikiran Anda sehingga depresi dan gejala stress dapat dicegah.

8. Menyehatkan sel tubuh
Jaringan sel tubuh merupakan bagian dari dalam tubuh yang memiliki potensi terkena penyakit cukup besar, terutama dari serangan sel kanker akibat paparan radikal bebas. Jagalah kesehatan sel Anda dari serangan penyakit dengan menggunakan biji durian. Biji buah ini mengandung banyak senyawa sehat yang mampy memberikan perlindungan pada sel tubuh.

9. Menjaga kesehatan metabolisme
Metabolisme yang sehat adalah metabolisme yang seimbang fungsinya dalam tubuh Anda. Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan karena metabolisme tubuhnya yang rusak. Jika Anda termasuk dari banyak orang tersebut, cobalah mengatasinya dengan biji durian. Biji buah unik ini akan membantu menyeimbangkan kinerja metabolisme di dalam tubuh.

10. Baik untuk kesehatan jantung
Biji durian juga baik untuk kesehatan jantung. Jantung merupakan bagian tubuh yang berpotensi terkena penyakit serangan jantung yang tiba – tiba datang tanpa diketahui terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi karena kuranganya asupan gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Solusi sehat terbaik untuk masalah ini yaitu dengan mengonsumsi biji durian.

11. Sebagai camilan
Ada yang sudah pernah mencoba camilan biji durian yang direbus? Mungkin anda akan lebih familiar dengan biji nangka yang direbus, namun siapa sangka, ternyata biji durian pun dapat diolah menjadi biji durian rebus, persis seperti biji nangka. Tekstur dari biji durian pun hampir mirip dengan biji nangka, dengan tekstur yang gurih dan lezat, namun terasa sedikit manis. Biji durian rebus ini terkadang juga sengaja dijual dan diolah oleh restoran dan rumah makan yang menyajikan menu – menu yang berbau durian.

12. Sebagai regenerasi pohon durian
Durian merupakan jenis pohon yang tumbuh dari biji. Ketika anda sudah puas mengkonsumsi durian, anda dapat memanfaatkan beberapa biji durian untuk ditanam kembali. Walaupun memakan waktu yang cukup lama, namun ketika sudah tumbuh besar, pohon durian akan memiliki manfaat terutama bagi vegetasi dan lingkungan sekitar tempat tumbuhnya pohon durian.

5 Manfaat dan Khasiat Biji Durian Lainnya:
  • Menyehatkan kulit
  • Membantu pertumbuhan rambut
  • Baik untuk syaraf
  • Membantu menyeimbangkan hormone
  • Mencegah penyakit kekurangan protein

Durian mengandung banyak nutrisi bagi tubuh selama di komsumsi tidak berlebihan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah durian diantaranya, Energi, Karbohidrat, Protein, Lemak, Kolestrol, Serat,  Folat, Vitamin, Vitamin C, Natrium, Kalium, Kalsium, Tembaga, Fosfor.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya