Sejuta Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Sejuta Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bagi Kesehatan Tubuh – Camilan Nusantara


Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, selain daging dan ayam. Namun, penduduk Indonesia masih tergolong rendah dalam hal mengonsumsi ikan, terutama penduduk di pulau Jawa. Di Jawa, konsumsi ikan masih 32 kg per kapita per tahun, sementara di Sumatera dan Kalimantan konsumsi ikannya antara 32-43 per kapita per tahun, dan di Indonesia bagian timur sebanyak 40 kg per tahun, menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Padahal, manfaat makan ikan sangat banyak, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Ikan termasuk dalam makanan yang kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3, namun rendah dengan lemak jenuh. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan seperti vitamin dan mineral yang tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Sayangnya, banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih untuk makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Jika mengonsumsi ikan secara rutin, maka Anda bisa memenuhi asupan gizi harian sesuai dengan Gerakan Nasional Sadar Gizi yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Tak hanya kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan, ikan juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Hanya saja, pakar kesehatan lebih merekomendasikan ikan yang dikukus, direbus, atau dipanggang karena lebih sehat untuk dikonsumsi.

Berikut ini merupakan manfaat dari mengonsumsi ikan.

1. Organ kardiovaskular semakin sehat
Manfaat makan ikan yang pertama adalah baik bagi organ kardiovaskular seperti jantung, pembuluh darah arteri, dan pembuluh darah vena, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kita juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung.
Nutrisi dalam ikan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah. Pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health sendiri merekomendasikan konsumsi 2 porsi ikan dalam seminggu jika ingin menurunkan risiko terkena penyakit jantung tiga kali lebih rendah.

2. Menurunkan berat badan
Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menghasilkan fakta, bahwa manfaat makan ikan dalam bentuk minyak ikan yang kaya akan kandungan DHA mampu menurunkan kadar lemak pada tubuh secara keseluruhan. Jika kita mengonsumsinya secara rutin yang dibarengi dengan berolahraga secara teratur, maka akan menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Menurunkan risiko kanker
Asam lemak omega 3 ternyata mampu mencegah datangnya kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat. Selain itu, manfaat ikan dalam bentuk suplemen minyak ikan juga mampu membantu penderita hyperlipidemia.

4. Membuat fungsi otak meningkat
Manfaat ikan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah mendukung fungsi dan perkembangan otak, khususnya bagi bayi dan anak-anak. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik tentang kemampuan suplemen minyak ikan dalam meningkatkan daya memori orang dewasa dengan signifikan.

5. Melawan peradangan pada tubuh
Nutrisi di dalam ikan atau minyak ikan ternyata memiliki sifat anti peradangan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, hal ini tentu akan menurunkan masalah radang sendi, radang prostat, dan radang kandung kemih.

6. Membantu kesehatan mata
Manfaat ikan secara teratur bisa menurunkan risiko terkena degenerasi macula, glaukoma, dan sindrom mata kering. Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena degenerasi macula lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

7. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Lipid Research baru-baru ini menunjukkan fakta bahwa kandungan asam lemak omega-3 EPA mampu mencegah datangnya keriput dan proses penuaan dini. Minyak ikan juga mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari serta membuat rambut berkilau.

8. Mengatasi depresi
Kandungan asam lemak omega 3 mampu menurunkan depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi ikan cenderung tidak mudah terkena depresi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ikan.

9. Mengurangi risiko alzheimer
Manfaat makan ikan satu kali seminggu dapat membantu melestarikan neuron abu-abu – bagian otak yang terkait dengan memori dan kognisi – menurut sebuah studi. Peneliti menemukan bahwa orang yang makan ikan dikukus atau dipanggang – memiliki otak yang lebih besar dan sel yang lebih besar di area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar. Para ilmuwan percaya bahwa volume otak yang lebih besar dapat membantu menurunkan risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

10. Vitamin D
Manfaat ikan laut menurut para ilmuwan dapat membantu menangkal penyakit, meningkatkan kesehatan tulang, dan dengan bantuan omega-3 pada ikan, mencegah penurunan kognitif, karen ikan laut sebagai sumber vitamin D. Satu porsi atau tiga ons salmon mengandung 75 persen dari jumlah vitamin harian yang disarankan.

11. Manfaat ikan menguatkan sperma
Sebuah penelitian terhadap 188 pria menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak ikan segar – bersama dengan makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian – memiliki sperma yang lebih kuat daripada mereka yang mengonsumsi makanan yang tidak sehat.
Para peneliti mengatakan bahwa lebih banyak studi perlu dilakukan, tetapi data awal menunjukkan bahwa semakin baik pola makan peserta, semakin kuat bentuk dan mobilitas sperma yang dihasilkannya.

12. Membantu mencegah asma pada anak
Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis di saluran napas. Sayangnya, tingkat asma telah meningkat secara dramatis selama beberapa dekade terakhir. Studi menunjukkan bahwa manfaat makan ikan secara teratur dapat menurunkan risiko asma sebanyak 24% pada anak-anak, tetapi tidak ada efek signifikan yang ditemukan pada orang dewasa.

13. Memperbaiki kualitas tidur
Gangguan tidur telah menjadi sangat umum di seluruh dunia. Ada banyak alasan berbeda untuk ini (seperti peningkatan paparan cahaya biru), tetapi beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan vitamin D juga dapat menjadi penyebab kualitas tidur.

14. Membantu melawan jerawat
Apakah Anda memiliki jerawat hormonal atau dewasa, manfaat makan ikan dapat membantu meringankan kulit Anda. Sebuah studi yang diterbitkan oleh BioMed Central mencatat bahwa minyak ikan bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi orang-orang dengan jerawat sedang sampai parah.

15. Mengurangi rematik
Jika Anda menderita rheumatoid arthritis, yang merupakan peradangan kronis pada sendi Anda, makan lebih banyak ikan dapat membantu meringankan pembengkakan dan rasa sakit. The American College of Rheumatology menemukan bahwa konsumsi ikan yang lebih tinggi sebenarnya menurunkan aktivitas penyakit di rheumatoid arthritis. Asam lemak omega-3 dalam ikan diketahui membantu menurunkan lemak kolesterol dalam darah.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya