Salah Satu Manfaat Anggur Bisa Mencegah Kanker Loh, Baca Manfaat Lainnya Yuk!

Salah Satu Manfaat Anggur Bisa Mencegah Kanker Loh, Baca Manfaat Lainnya Yuk! – Camilan Nusantara



Anggur adalah buah yang sudah dibudidayakan selama ribuan tahun. Anggur juga dihormati oleh beberapa peradaban kuno dan digunakan dalam pembuatan minuman. Tidak hanya untuk dikomsumsi, anggur juga bisa dijadikan sebagai penghias makanan. Anggur juga bisa diolah menjadi minuman red wine yang memiliki harga mahal. Ada banyak jenis anggur, di antaranya anggur hijau, merah, hitam, kuning, dan merah muda. Buah anggur tumbuh secara bergerombol.  Anggur biasanya ditanam di daerah beriklim sedang di seluruh dunia, seperti Eropa Selatan, Afrika, Australia, dan Amerika Utara maupun Amerika Selatan. 

Anggur memiliki rasa yang manis, ada juga yang sedikit asam. Buah anggur ini termasuk dalam kelompok buah mahal. Anggur banyak digemari orang. Selain enak dikomsumsi, buah anggur memiliki banyak manfaat kaena kaya akan kandungan nutrisi. Penasaran dengan manfaat buah anggur bagi kesehatan? Langsung simak manfaat anggur bagi kesehatan berikut yukk.

1. Menguatkan Tulang
Anggur banyak mengandung nutrisi, temasuk vitamin C dan K. Anggur dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Anggur juga mengandung vitamin K, vitamin esensial yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin K sendiri bisa mempercepat pembekuan darah dan membuat tulang lebih kuat. 

2. Mencegah penyakit jantung.
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat anggur. Antioksidan yang tinggi dalam anggur dapat mencegah penyakit kronis. Penyakit kronis tersebut termasuk penyakit jantung. Selain itu, anggur mampu memperbaiki sel-sel yang rusak karena radikal bebas. 

3. Mencegah penyakit diabetes
Senyawa yang ditemukan pada anggur mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Menurut berbagai penelitian, anggur juga terbukti meningkatkan sensitivitas insulin kadar gula darah. Mengelola kadar gula darah dari waktu ke waktu adalah faktor penting dalam mengurangi risiko diabetes.

4. Memcegah penyakit kanker
Anggur memiliki banyak nutrisi dan senyawa yang bagus untuk tubuh. Salah satunya adalah senyawa resveratrol. Senyawa ini bisa mencegah dan mengobati kanker. Anggur telah terbukti mampu melindungi tubuh dari kanker dengan mengurangi peradangan sel-sel kanker dalam tubuh.

5. Meningkatkan daya ingat.
Anggur mengandung senyawa yang dapat meningkatkan daya ingat, daya fokus konsentrasi, dan suasana hati, serta melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Beberapa penelitian telah mengonfirmasi manfaat anggur untuk meningkatkan daya ingat. Kendati demikian, masih banyak yang terus dikaji.

6. Menjaga kesehatan mata.
Anggur mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti resveratrol, lutein dan zeaxanthin. Dalam sebuah penelitian, resveratrol ditemukan untuk melindungi sel retina di mata manusia dari sinar ultraviolet A. Jadi anggur mampu membantu mencegah penyakit mata, termasuk degenerasi makula terkait usia, katarak, dan glaukoma.

7. Membuat wajah lebih awet muda
Resveratrol adalah senyawa yang terkandung dalam buah anggur. Resveratrol telah terbukti mengaktifkan gen yang bisa menahan penuaan. Sehingga anggur dapat membuat wajah menjadi terlihat lebih awet muda dan berseri.

8. Mencegah penyakit usus.
Kandungan senyawa dalam buah anggur memiliki efek anti-inflamasi. Kandungan tersebut dapat melindungi tubuh terhadap penyakit usus. Hal itu sudah dibuktikan dalam penelitian. Dalam hal ini anggur juga berfungsi sebagai pelancar susah BAB. 

9. Mencegah kolesterol.
Senyawa yang ada di anggur dapat membantu melindungi tubuh terhadap kadar kolesterol tingg. Anggur bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian mengatakan dengan mengonsumsi anggur selama delapan minggu, terbukti mampu menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh. 

10. Menurunkan tekanan darah.
Buah anggur mengandung mineral potasium yang baik untuk asupan kalium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian pada orang dewasa menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kadar kalium lebih tinggi, akan lebih terhindar dari penyakit darah tinggi.

11. Mengobati asma.
Anggur memiliki kekuatan assimilatory. Kekuatan tersebut dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Sehingga anggur sangat baik dikomsumsi bagi penderita asma. Buah anggur dapat mengurangi masalah sesak napas. 

12. Mengatasi insomnia.
Anggur adalah buah yang mengandung zat melatonin. Melanonin adalah hormon yang bisa membuat jam tidur di dalam otak bekerja kembali. Sehingga buat kamu yang mengalami masalah susah tidur, kamu bisa mengonsumsi buah anggur.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya