Resep Membuat Kerupuk Samiler Enak Gurih Dan Sederhana

Resep Membuat Kerupuk Samiler Enak Gurih Dan Sederhana – Camilan Nusantara


Kerupuk samiler adalah jenis kerupuk sudah dikenal sejak lama, pembuatan kerupuk ini karena dulu berbagai macam bahan baku makanan masih sulit untuk didapatkan. Rasa kerupuk samiler ini  memang enak, tidak kalah dengan berbagai macam kerupuk yang ada dipasaran. Makanan ringan kerupuk samiler masih banyak digandrungi oleh kaum kaum tua sebagai makanan tempo dulu yang bisa mengingatkan mereka akan kenangan masa lalu, bagi kaum muda yang pernah mencoba mencicipinya pasti akan suka dan bisa ketagihan.

Dahulu, pada jaman kakek dan nenek kita, kerupuk samiler bisa di dapatkan di setiap warung makanan dan harganyapun cukup terjangkau. Seiring dengan perkembangan jaman dalam pengolahan makanan jadul mulai tergusur keberadaannya ditengah masyarakat yang cenderung ingin mencoba jenis makanan baru, namun bukan berarti keberadaan makanan tempo dulu seperti kerupuk samiler ini punah begitu saja.

Hingga saat ini sentra usaha masyarakat yang bergerak dibidang produksi kerupuk samiler masih terus berjalan dibeberapa daerah di Jawa Timur seperti contoh Pasuruan, Malang, Mojokerto dan Sidoarjo saat ini usaha kerupuk samiler malah semakin berkembang ditengah persaingan pasar makanan ringan yang semakin padat. Saat ini kerupuk samiler masih mudah di dapatkan di toko makanan, toko kerupuk, atau pasar di sekitar rumah anda. Namun bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuat keripik samiler, dan apa saja bahan-bahan yang perlu d persiapkan. Kami akan memberikan resepnya. Simaka lanjutan artikel di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Singkong yang sudah di parut 1 Kilo gram
  • Bawang putih 5 siung
  • Garam 2 sendok makan
  • Ketumbar bubuk 2 sendok makan
  • Penyedap rasa 1 bungkus
  • Tepung kanji ½ Kg
  • Daun brambang secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuat :
1. Buatlah adonan kerupuk dengan mencampur semua bahan-bahan
2. Pipihkan adonan di piring atau panci sampai berbentuk bulat pipih seperti gambar di bawah ini
3. Rebus air sampai mendidih, lalu uapin adonan kerupuk yang sudah dipipihkan di piring, atau panci atau dandang tadi sampai berubah warna menjadi kecoklatan
4. Jika sudah, angkat dan jemur kerupuk tersebut sampai benar-benar kering
5. Bila sudah benar-benar kering kerupuk samiler sudah siap untuk digoreng. Selamat Mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya