Resep Membuat Kerupuk Rambak Sapi Khas Indonesia Yang Enak Dan Renyah

Resep Membuat Kerupuk Rambak Sapi Khas Indonesia Yang Enak Dan Renyah – Camilan Nusantara


Sapi merupakan penghasil kulit yang berkualitas untuk bahan dasar kerupuk. Kerupuk kulit (kerupuk rambak) merupakan makanan yang berasal dari bahan dasar kulit sapi yang masih muda. Kerupuk rambak ini memiliki rasa yang enak dan renyah. Biasanya paling cocok di nikmati sebagai pendamping makan nasi. Selain tiu kerupuk rambak ini juga bisa dinikmati sebagai camilan ketika santai juga lohh. Nonton tv bareng teman atau keluarga di temani dengan kerupuk rambak ini pasti makin seru, hingga tak sadar kerupuk di toples sudah habis, hehe. Saat ini kerupuk rambak sudah marak di pasaran. Bahkan tidak hanya pasar tradisional saja, super market besar pun ada yang menjual kerupuk rambak ini dengan kemasan yang menarik.

Tapi untuk anda yang ingin mengetahui dan mencoba membuat kerupuk rambak sendiri, kami akan memberikan resep ampuhnya. Dalah membuat keripik rambak anda harus sering mencobanya supaya hasil kerupuk rambak buatan anda semakin bagus dan enak tentunya, karena sebenarnya cara membuat kerupuk rambak ini terbilang sedikit rumit dan membutuhkan banyak orang untuk mengolahnya. Daripada berlama-lama yukk kita langsung simak resepnya saja.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 1 kg kulit sapi
  • Air kapur secukupnya
  • Minyak goreng
  • Oven Panjang
  • Peralatan tajam
  • Pisau yang Sangat Tajam
  • Wajan Penggorengan
  • Lahan untuk menjemur dan mengeringkan

Bahan Bumbu Halus :
  • 15 siung bawang putih
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan garam

Cara Membuat :
  1. Terlebih dahulu kulit sapi direndam ke dalam air kapur selama kurang lebih 2 hari. Lalu bersihkan bulu-bulunya kulit sapi menggunakan pisau.
  2. Jemur kulit sapi tersebut dibawah sinar matahari langsung sampai kering. Kemudian potong-potong kulit sapi yang sudah kering sesuai selera. Sisihkan.
  3. Rebus potongan kulit sapi bersama bumbu yang sudah dihaluskan hingga kulit matang. Angkat dan tiriskan. Kemudian jemur hingga benar-benar kering.
  4. Siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar. Angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit sapi tadi dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin. Ini dia rahasia agar kerupuk kulit sapi kita terasa renyah di makan, caranya yaitu dengan melakukan proses penggorengan hingga 2 kali.
  6. Setelah kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak dingin masukkan dalam wadah yang tertutup rapat.
  7. Kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak siap disajikan.


Itulah Resep Membuat Kerupuk Rambak Sapi Khas Indonesia Yang Enak Dan Renyah dari kami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya