Resep Membuat Keripik Gayam Yang Disukai Oleh Banyak Orang

Resep Membuat Keripik Gayam Yang Disukai Oleh Banyak Orang – Camilan Nusantara



Buah gayam atau biji buah gayam dapat dinikmati dengan cara direbus dahulu biasanya dicampur dengan garam sedikit maka menjadikan rasa gayam gurih. Buahnya biasa dimakan anak-anak, setelah direbus terlebih dahulu. Sedangkan biji gayam dapat dimanfaatkan untuk membuat tepung atau sereal yang dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat bermacam-macam jenis kue kering maupun kue basah tradisional jajanan pasar dan kue modern. Selain itu biji gayam yang dikeringkan dapat dibuat cemilan keripik gayam lezat yang renyah dan crispy dengan aneka rasa pedas, manis, dan gurih sehingga keripik gayam dapat dijadikan oleh-oleh khas daerah.

Menurut situs Wikipedia. Gayam atau gayang (Inocarpus fagifer) adalah pohon yang mampu tumbuh setinggi 20 meter dengan diameter 4 hingga 6 meter. Pohon ini biasa ditanam di pedesaan sebagai peneduh pekarangan dan kuburan. Pohon ini seringkali tumbuh berdekatan dengan kolam atau mata air sehingga diduga memiliki kemampuan menyerap air yang kuat dari sekitarnya. Karena anggapan itu, gayam juga merupakan salah satu tumbuhan penghijauan. Pohon gayam memang sudah agak langka di Indonesia, bagian dari gayam yaitu buahnya ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang tidak tahu tentang hal tersebut.

Buah gayam berjenis polong berbentuk ginjal dan tidak pecah dengan kulit buah yang keras. Buah gayam mempunyai 1 biji berbentuk gepeng. Kulit biji keras dengan endosperm putih. Ketika mentah buah berwarna hijau dan menjadi kuning atau kecoklatan ketika masak.

Berikut khasiat dan manfaat buah gayam untuk kesehatan :
  • Membersihkan kotoran dalam usus dan saluran percernaan. Buah gayam memiliki kandunga zat kimia saponin dimana kandungan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam usus besar dan saluran pencernaan.
  • Menjaga kekebalan tubuh. Buah gayam juga memiliki kandungan Flavonoida (zat antioksidan) kandungan ini berfungsi untuk kekebalan tubuh sehingga tubuh terjaga dari berbagai penyakit.
  • Membantu usus dalam menyerap sari makanan. Tanin merupakan unsure senyawa yang terdapat pada buah gayam ini berfungsi untuk membantu usus lebih cepat menyerap sari makanan tanpa gangguan mikroba lain yang mengganggu dan menimbulkan pembusukan sebelum proses.


Seperti dikutip dari situs Life Viva gayam bisa diolah menjadi sereal lalu diolah kembali menjadi kue lezat. Biji dari buah gayam selama ini sering dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi keripik gayam ataupun biji buahnya hanya direbus lalu disantap secara langsung.

Nah sekarang kami akan membagikan resep membuat keripik gayam yang disukai oleh banyak orang. Keripik gayam yang kamu buat, bisa mengisi toples camilan kamu yang kosong, hehe. Kalau kamu mau menambah penghasilan, kamu juga bisa menjual keripik gayam buatanmu ke teman, masyarakat sekitar, atau menitipkannya ke warung-warung. Langsung simak resepnya saja yukk.

Bahan - bahan yang dibutuhkan :
  • Buah Gayam (yang sudah dikupas dari kulit utama atau kulit luar)
  • Bawang Putih
  • Garam
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak Goreng

Cara Membuat :
  1. Kupas dan bersihkan gayam dari kulit ari-nya. Ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, karena terkadang gampang dikupas, tapi tak jarang pula kulit arinya itu sangat nempel sehingga butuh kesabaran dan ketelatenan.
  2. Setelah dikupas langsung masukkan ke dalam air, untuk menghilangkan sebagian getahnya. Dan agar warnanya tidak menjadi kehitaman.
  3. Cuci sampai bersih 2 hingga 4 kali, gayam yang telah dihilangkan kulit arinya. Lalu selanjutnya proses pencucian, kali ini untuk menghilangkan getah yang menempel pada gayam. Setelah dicuci jangan ditiriskan, tapi rendam kembali dalam air.
  4. Iris gayam tipis-tipis, lalu masukkan ke dalam air. Ingat, segera masukkan ke dalam air (direndam). Proses ini juga agak lama karena dilakukan secara manual. Biasanya, irisan dalam bentuk lebar-lebar (menggunakan mesin). Tapi kalau secara manual lebih mudah mengiris secara melintang hasilnyapun kecil dan sesuai selera.
  5. Jika sudah selesai mengiris semua gayam , cuci kembali hingga bersih. Getah gayam ini memang cukup banyak, jadi harus dicuci berkali-kali agar bersih karena nantinya akan mempengaruhi rasa ketika sudah dimasak.
  6. Setelah itu rendam gayam dalam bumbu halus dari bawang putih, penyedap rasa dan garam hingga 30 menit sampai satu jam.
  7. Goreng gayam dalam minyak goreng yang banyak dan dengan api yang sedang. Aduk terus selama penggorengan, jika warnanya sudah kecoklatan dan terasa ringan saat diaduk, angkat gayam dan tiriskan.
  8. Keripik Gayam siap dinikmati. Selamat Mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya