Resep Kerupuk Ikan Bandeng Enak Dan Renyah

Resep Kerupuk Ikan Bandeng Enak Dan Renyah – Camilan Nusantara


Kerupuk ikan, yah siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini nan gurih dan renyah. Kerupuk biasa disajikan sebagai pelengkap makanan yang wajib ada di meja makan. Indonesia mempunyai berbagai macam kerupuk khas nan unik dan cita rasa kelezatan yang berbeda beda disetiap penjuru daerahnya.

Indonesia sudah lama mengenal adanya kerupuk sejak di zaman kerajaan dengan asal muasalnya kerupuk terbuat dari kulit hewan yang melalui proses pengeringan dengan mengandalkan tenaga sinar matahari, kemudian setelah kering digoreng sampai matang dan garing. Ketika tanaman singkong hadir di Indonesia sekitar tahun 1850 secara tidak langsung merubah bahan dasar utama kerupuk yang awalnya dari kulit hewan menjadi singkong yang dirubah menjadi tepung singkong dahulu.

Ada sejarah kerupuk lain yang menyebutkan bahwa kerupuk berasal dari kisah keluarga miskin yang mempunyai banyak anak. Untuk bertahan hidup keluarga tersebut makan nasi dengan lauk singkong yang diparut dan dibentuk menjadi kerupuk. Proses pembuatannya adalah dengan memarut singkong sampai halus, kemudian dicampurkan dengan air dan diperas sampai tersisa hanya sarinya saja. Setelah itu endapan dari sari singkong dibiarkan semalaman dan dilanjutkan dengan dijemur sampai menjadi tepung tapioka. Kemudian tepung tersebut di olah menjadi kerupuk.


Terlepas dari kontroversialnya asal muasal kerupuk, namun kerupuk sudah menjadi makanan pelengkap dari makanan utama. Apapun jenis makanannya sepertinya kurang lengkap jika tidak ada kerupuk yang mendampingi, apalagi jika masa Hari Kemerdekaan Indonesia tiba rasanya kurang lengkap tanpa adanya lomba makan kerupuk untuk memperingatinya.

Kerupuk ikan Seiring perkembangan zaman, kerupuk sudah tidak lagi wajib menggunakan bahan dasar tepung tapioka, namun bisa diganti dengan bahan bahan lain tergantung pada 3 proses persiapannya, yaitu pembuatan, pengeringan dan pemasakan yang bisa digoreng dengan pasir, minyak atau bahkan dibakar.

Kerupuk ikan Seiring perkembangan zaman, kerupuk sudah tidak lagi wajib menggunakan bahan dasar tepung tapioka, namun bisa diganti dengan bahan bahan lain tergantung pada 3 proses persiapannya, yaitu pembuatan, pengeringan dan pemasakan yang bisa digoreng dengan pasir, minyak atau bahkan dibakar.

Kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia adalah kerupuk udang, kerupuk aci atau kerupuk mlarat dari bahan adonan sagu yang dicampurkan dengan garam, vetsin dan pewarna makanan. Untuk kerupuk dengan jenis ikan biasanya dijual dalam kemasan yang belum melalui proses penggorengan. Berikut ini berbagai cara membuat kerupuk ikan yang dapat dipergunakan sebagai referensi.

Cara membuat kerupuk ikan bandeng
Bandeng merupakan ikan yang sangat disukai untuk dipergunakan sebagai olahan makanan karena cita rasanya yang gurih, daging ikan tidak asin dan tidak mudah hancur apabila dimasak. Meskipun begitu ikan jenis ini mempunyai banyak duri, dimana duri ini sebenarnya adalah tulang dari ikan bandeng itu sendiri. Umumnya pada saat memakan ikan bandeng akan terganggu dengan adanya duri ini, sehingga perlu diatasi untuk menghilangkannya. Beberapa cara yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan atau membuatnya duri ikan bandeng menjadi halus dan aman dikonsumsi adalah dengan cara memasakknya menggunakan panci bertekanan tinggi (presto) dalam waktu tertentu.

Resep Kerupuk Ikan Bandeng

Bahan Yang Dibutuhkan :
  • 1/2 kg daging ikan tanpa duri
  • 1/2 kg tepung sagu / tapioka
  • 100 cc air matang
  • 2 butir telur, akan lebih baik bila menggunakan telur bebek
  • Gula & garam secukupnya

Cara Membuat :
  1. Kukus daging ikan sampai matang, kemudian tumbuk sampai halus
  2. Campur tepung sagu / tapioka dengan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan daging ikan, telur, gula, dan garam. Aduk sampai tercampur rata
  3. Gilas adonan berulangkali sampai benar - benar kalis
  4. Bentuk bulat panjang dan pipih, kemudian bungkus dengan menggunakan daun pisang / plastik dan kukus sampai matang.
  5. Angkat dari kukusan, dan dinginkan selama kurang lebih 24 jam
  6. Iris tipis adonan dan jemur dibawah terik matahari sampai benar - benar kering
  7. Kerupuk siap digoreng dan disajikan atau dikemas untuk dijual


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya