Olahan Buah Durian Yang Enak, Cocok Untuk Pecinta Durian

Olahan Buah Durian Yang Enak, Cocok Untuk Pecinta Durian – Camilan Nusantara


Adalah durian, buah yang dijuluki sebagai si raja buah. Buah miliknya negara-negara Asia Tenggara ini juga penuh kontroversi. Banyak yang mencintainya, tetapi banyak juga yang membencinya. Baunya yang cukup menyengat dan rasanya yang sulit hilang dari tenggorokan membuat tidak sedikit orang menjadi haters buah ini.

Indonesia memiliki puluhan jenis durian yang menyebar di seluruh Indonesia dan merupakan negara pemilik jenis durian terbanyak di dunia. Oleh karena melimpahnya buah durian di Indonesia, masyarakat Indonesia pun menciptakan aneka jenis panganan berbahan durian agar cara menikmati durian tidak monoton

Olahan Buah Durian Yang Enak, Cocok Untuk Pecinta Durian
Bagi kamu durianlovers, 18 hidangan berbahan durian ini wajib kamu cicipi.

1. Pancake durian
Siapa yang tak kenal pancake durian? Panganan berisi vla durian yang dibungkus kulit crepes ini awalnya dipelopori oleh warga Medan. Kota Medan memang terkenal dengan duriannya yang murah dan lezat. Pedagang rumahan di Kota Medan yang bosan melihat durian yang hanya dijajakan dipinggir jalan dalam bentuk buah utuh mulai bermodifikasi dengan membuat olahan durian berupa pancake durian yang kini menjadi salah satu cemilan favorit di seluruh Indonesia.

Sekarang, pancake durian tak hanya dijual di Medan. Sudah banyak toko-toko di daerah lainnya yang menawarkan kue dengan warna khas kuning ini. Pancake durian kemudian dimodifikasi lagi dengan warna-warni menarik. Tak heran jika pancake durian disukai semua kalangan.

2. Ketan durian
Ketan durian merupakan panganan olahan durian yang sudah ada sejak zaman dahulu. Tak diketahui dengan pasti daerah mana dan siapa yang menciptakan makanan ini, tetapi sering dijumpai di rumah-rumah orang Sumatera. Yang pasti makanan ini masih menjadi favorit sampai saat ini. Terdiri dari ketan yang disiram kuah santan beraroma durian, vla durian dan durian utuh.

Di beberapa daerah di Indonesia, ketan durian memiliki berbagai variasi. Biasanya disajikan saat perayaan hari-hari besar. Pertemuan ketan yang berlemak dan daging durian yang legit menciptakan rasa nikmat dimulut yang membuat orang yang menyantapnya ketagihan.

3. Sop Durian
Minuman yang sebenarnya masuk dalam kategori desert ini sangat mudah dijumpai. Mulai dari restoran bintang lima, kafe dan pedagang kaki lima banyak yang menjual minuman ini. Harganya tentu bervariasi, tetapi masih sangat terjangkau. Berbahan dasar daging durian segar, sop durian disajikan dengan berbagai topping. Minuman ini biasa disajikan dingin.

4. Es krim durian
Menikmati durian dalam bentuk es krim pasti memiliki sensasi yang berbeda. Aroma durian dan dinginnya es krim bersatu menciptakan perpaduan rasa es krim yang berbeda dari es krim pada umumnya. Aroma durian yang melekat kuat pada es krim juga meninggalkan rasa yang melekat di mulut.

5. Bubur durian
Bubur durian biasanya dibuat menjadi satu dengan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau dimasak terlebih dahulu seperti biasanya. Lalu setelah masak dicampur dengan daging durian segar. Bisa dinikmati selagi hangat ataupun dingin. Selain bubur kacang hijau, bubur durian juga bisa divariasikan dengan bubur jagung.

6. Bolu durian
Lembutnya bolu bercampur rasa durian pasti membuat durianlovers ketagihan. Bolu durian bisa menjadi alternatif pengolahan durian, apalagi saat musim durian.

7. Kolak durian
Tidak beda jauh seperti bubur durian, kolak durian juga merupakan campuran kolak pisang atau ubi yang dicampur dengan daging buah durian segar. Bisa dicampur es jika suka dingin. Selain itu, kadang kolak durian juga ditambah buah nangka.

8. Puding durian
Dingin, kenyal dan beraroma tajam khas durian. Itulah ciri puding durian. Dinginnya puding dan aroma durian tetap terasa saat potongan-potongan puding sudah sampai didalam lambung. Sangat cocok dinikmati di cuaca yang panas dan terik.

9. Klapertart Durian
Kue klapertart yang merupakan kue khas Manado berbahan dasar tepung terigu, susu, kelapa, telur dan mentega ini menjadi sebuah hidangan penutup yang sempurna saat ditambah campuran daging durian. Durian menambah rasa gurih klapertart yang sebenarnya juga sudah lezat. Klapertart dan durian yang bercampur menjadi satu menciptakan citarasa baru yang wajib dicoba pecinta durian.

10. Pie Durian
Pie bukan merupakan kue asli Indonesia. Namun saat ini pie sudah sejajar dengan kue-kue asli Indonesia lainnya. Biasanya kulit pie diisi dengan vla susu, buah, coklat dan sebagainya. Tetapi bagi durianlovers tak ada salahnya mengganti isian pie dengan vla durian. Pie durian ini sekarang juga sudah banyak dijumpai.

11. Kue sus vla durian
Kue bundar yang tengahnya dibelah dan diisi vla ini semakin menggugah selera saat diberi isian vla durian. Sensasi berbeda langsung dirasakan pada gigitan pertama dan pastinya bikin ketagihan.

12. Martabak Durian
Nama martabak berasal dari bahasa Arab yang artinya terbalik. Panganan yang juga mudah dijumpai di negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam ini biasanya diberi isian coklat dan kacang. Beberapa tahun belakangan martabak durian menjadi variasi rasa baru yang tak kalah diminati dan dicari para pecinta martabak dan durian.

13. Jus Durian
Jus jeruk, strawberry, mangga dan tomat sudah biasa menjadi menu minuman di kafe-kafe. Tidak biasa jika tertulis jus durian dalam daftar menu minuman. Tetapi ada beberapa kafe yang menawarkan minuman ini. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi durian lovers. Jus durian juga bisa kamu buat sendiri di rumah.

14. Durian Strudel
Kue dari beberapa lapis pastri ini biasanya diberi isian buah-buahan. Panganan yang berasal dari Turki ini kini sudah banyak dimodifikasi di Indonesia. Salah satunya adalah durian strudel. Strudel yang normalnya diisi buah apel ini memberikan cita rasa baru yang pastinya belum ada di negara asalnya dan negara-negara Eropa lainnya.

15. Milkshake durian
Selain jus durian, milkshake durian juga tidak kalah nikmatnya. Minuman campuran durian dan susu ini memberikan sensasi lain dalam menikmati durian.

16. Es lilin durian
Jajanan tempo dulu yang masih exist hingga saat ini memiliki banyak varian rasa. Cara membuatnya pun cukup mudah. Bagi kamu durianlovers tak ada salahnya mencoba es lilin durian ini.

17. Serabi Durian
Kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras, terigu dan santan ini memiliki citarasa yang berbeda saat disajikan dengan kuah durian. Tak seperti kuah serabi pada umumnya yang terbuat dari gula merah, kuah durian ini tak hanya memberikan rasa manis, tetapi juga aroma segar dan bau durian yang cukup kuat.

18. Pizza durian 
Diantara semua olahan durian, mungkin pizza durian masih terasa asing dan aneh. Tetapi pizza durian ini memang benar-benar ada. Di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Medan dan Bandung, pizza durian kini sudah mulai populer. Daging durian segar dicampur dengan susu kental manis diletakkan diatas adonan pizza dan terakhir ditambah sedikit keju mozarela. Jika kamu durianlover sejati, kamu wajib mencoba pizza durian ini.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya