Memakan Biji Buah Jambu Sebabkan Usus Buntu, Mitos Atau Fakta

Memakan Biji Buah Jambu Sebabkan Usus Buntu, Mitos Atau Fakta – Camilan Nusantara



Banyak orang yang percaya jika terlalu sering mengkonsumsi jambu biji dapat menyebabkan usus buntu. Bentuk usus buntu yang dikenal masyarakat adalah adanya suatu muara usus didalam saluran pencernaan manusia yang bentuknya kecil dan usus tersebut buntu. Nah, masuarakat mengira jika memakan jambu biji terlalu sering maka akan berpotensi masuknya biji jambu ke usus tersebut.

Padahal secara medis usus buntu bukan disebabkan oleh terbuntunya usus karena adanya biji yang masuk. Namun, usus buntu disebabkan karena adanya peradangan dalam usus tersebut. Lantas, apa yang menyebabkan usus mengalami peradangan?

Pakar kesehatan dan gizi bernama Inge Permadhi menyebutkan bahwa tanpa sengaja menelan biji jambu atau biji cabai ternyata tidak akan menyebabkan masalah usus buntu. Kebanyakan orang memang berpikir jika kerasnya kedua macam biji ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang bisa memicu rasa sakit yang luar biasa pada perut tersebut. Padahal, penyebab dari masalah usus buntu ini justru lebih sering karena kurangnya asupan air putih setiap hari.

Menurut Inge, jika kita sudah mengkonsumsi cukup banyak serat setiap hari namun tidak mencukupi kebutuhan air putih, maka tetap saja saluran pencernaan akan kesulitan untuk mendorong sisa makanan yang sudah selesai dicerna. Alhasil, serat di dalam saluran pencernaan akan menggumpal dan tidak bisa segera dikeluarkan lewat buang air besar. Jika jumlah kotoran ini sudah terlalu banyak dan menumpuk hingga mencapai usus buntu, maka usus buntu pun akan mengalami peradangan yang kita sebut sebagai penyakit usus buntu ini.

Melihat adanya fakta ini, Inge pun menyarankan kita untuk mencukupi kebutuhan air minum sehari-hari yakni sekitar 8 gelas demi menjaga kesehatan ginjal dan saluran pencernaan. Selain itu, pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang dan rutin berolahraga agar bisa tetap lancar buang air besar sehingga mampu mencegah datangnya penyakit usus buntu.

Ada suatu kisah menarik mengenai usus buntu di sebuah artikel yang disitu menerangkan bahwa pernah mendengar cerita dari dokter bedah yang sudah ribuan kali mengoprasi pasien yang menderita usus buntu. Ternyata selama ini dokter bedah tersebut belum pernah menemukan biji jambu maupun biji cabe ketika mengoprasi pasien. Bahkan dokter tersebut menerangkan dengan tegas bahwa usus buntu bukan disebabkan karena terlalu banyak makan jambu biji namun usus buntu disebabkan karena pasien kurang minum air putih.


Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa biji jambu dapat menyebabkan usus buntu, merupakan MITOS belaka.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya