Manfaat Mengkonsumsi Kerupuk Ikan Dalam Jumlah Wajar Bagi Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Kerupuk Ikan Dalam Jumlah Wajar Bagi Tubuh – Camilan Nusantara




Kerupuk merupakan salah satu olahan makanan yang tidak bisa dipisahkan dari orang indonesia. Kerupuk biasa dijadikan pelengkap lauk makan, tak hanya itu, bahkan ada sebagian orang yang menjadikan keripik sebagai camilan di rumah. Kerupuk memiliki rasa yang gurih dan renyah, oleh sebab itu peminat kerupuk sangat banyak, sehingga seringkali menjadikan penjualan kerupuk di Indonesia selalu meningkat.

Salah satu jenis kerupuk yang menjadi salah satu kerupuk yang paling banyak digemari adalah kerupuk ikan. Kerupuk ikan memang dibuat dari daging ikan yang di campur dengan berbagai bahan-bahan dan bumbu lain nya, kerupuk ikan memiliki tekstur yang renyah dan garing, namun ada juga kerupuk ikan yang basah. Proses pembuatan kerupuk ikan cukup mudah dan tidak perlu modal yang banyak, hanya dengan menggunakan mesin pembuatan kerupuk ikan, anda sudah bisa memproduksi kerupuk ikan hingga kapasitas yang besar.

Dalam pembuatannya, sebelum di goreng biasanya kerupuk ikan di jemur terlebih dahulu di bawah terik matahari sampai kering. Tapi untuk pembuatan kerupuk dalam jumlah besar, biasanya kerupuk di keringkan menggunakan oven atau alat pengering kerupuk.

Kerupuk ikan memang memiliki rasa yang enak, apalagi rasa gurih yang di dapatkan dari daging ikan menambah selera orang yang memakan nya. Selain karena rasanya yang enak dan gurih, kerupuk ikan juga memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dari ikan segar, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini 5 manfaat kerupuk ikan bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

Menambah Energi
Ini dia salah satu dari 6 manfaat kerupuk ikan bagi kesehatan tubuh, yaitu bisa anda gunakan sebagai camilan, sehingga anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar karena meskipun tanpa harus makan nasi karena kerupuk ikan memang mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa anda gunakan sebagai camilan penunda lapar.

Karbohidrat yang terkandung pada kerupuk ikan sebanyak 65,6 % yang itu artinya kerupuk ikan memang mengenyangkan, sehingga anda akan memiliki energy yang cukup banyak untuk bisa menahan rasa lapar, atau bahkan bisa anda gunakan sebagai pengganti nasi.

Karbohidrat memang sangt dibutuhkan oleh tubuh manusia karena karbohidrat nantinya akan dirubah menjadi ATP atau energy yang digunakan manusia untuk melakukan aktifitas sehari-hari, jadi tidak heran jika orang yang belum makan akan merasa lapar dan kehilangan tenaga untuk melakukan aktifitas. Oleh karena itulah kerupuk ikan bisa anda gunakan sebagai penambah energy anda.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Kerupuk ikan juga bisa membantu anda untuk menambah daya tahan tubuh anda, kandungan ikan yang berupa zat besi juga masih ada di dalam kerupuk ikan, sehingga tidak heran jika kerupuk ikan bisa membantu anda dalam ketahanan tubuh karena zat besi memang bisa membuat kekebalan tubuh anda meningkat.

Menambah Cairan
Kadar air yang ada pada kerupuk ikan memang tidak terlalu tinggi, namun kerupuk ikan masih mengandung air sebanyak 16,6 % sehingga bisa membantu anda dalam mengumpulkan sedikit cairan dan bisa membantu proses pencernaan kerupuk ikan tersebut.

Pertumbuhan Tulang
Kandungan kalsium yang dimiliki ikan segar masih melekat pada kerupuk ikan, kandungan dari kalsium tersebut masih ada sebanyak 2 % dan fosfor sebanyak 20 % sehingga bisa sedikit membantu pertumbuhan tulang anda. Tulang memang membutuhkan kalsium yang biasanya di dapat dari susu atau ikan segar, namun kerupuk ikan yang di anggap hanya sebagai camilan biasa tersebut ternyata memiliki kandungan kalsium yang juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang orang yang mengkonsumsinya, meskipun memang kandungan kalsium nya tidak banyak.

Tinggi Kandungan Protein
Kandungan protein yang ada pada ikan juga ada di kerupuk ikan, kandungan yang sangat penting ini memang banyak memiliki manfaat. Kandungan protein yang tinggi dapat bisa membantu memenuhi kebutuhan protein anda.  Protein bisa membantu anda dalam meningkatkan ketahanan tubuh, jadi selain kandungan zat besinya, kandungan protein nya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda, membantu anda dalam meningkatkan massa otot, Membantu pertumbuhan serta regenerasi sel, membantu anda untuk pembentukan energy tubuh,

Meskipun kerupuk ikan memiliki banyak manfaat, namun jika anda mengosumsi kerupuk ikan dalam jumlah yang berlebihan anda akan cepat gemuk. Lemak yang ada di dalam ikan juga masih ada di dalam kerupuk ikan, kandungan nya sebanyak 0,4 %, meskipun terbilang rendah, namun dengan mengkonsumsinya terlalu banyak akan membuat tubuh anda kelebihan lemak dan lemak bisa membuat tubuh anda semakin gemuk, apalagi kandungan lemak yang ada pada ikan harus di tambah dengan lemak yang ada di minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng kerupuk ikan tersebut.


Oleh karena itulah, anda harus bisa mengontrol diri ketika makan kerupuk ikan, makan secukupnya akan membantu anda mendapatkan banyak manfaat dari kerupuk ikan, dan begitu juga sebaliknya, jika mengkonsumsi terlalu berlebihan akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Demikian infoemasi yang kami smpaikan semoga bermanfaat J


Baca Juga :

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya