Manfaat Diet Bagi Kesehatan, Tidak Hanya Untuk Nurunin Berat Badan Loh

Manfaat Diet Bagi Kesehatan, Tidak Hanya Untuk Nurunin Berat Badan Loh – Camilan Nusantara 


Pada dasarnya diet dilakukan dengan mengatur pola makan. Apa yang dimakan? seberapa kadarnya? Kapan waktu makannya? Merupakan bagian dari usaha diet yang kesemuanya merujuk pada pembentukan tubuh yang ideal.

Diet sendiri memang di butuhkan oleh setiap orang untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. World Health Organization (WHO), menyarankan agar setiap orang memiliki energi dan berat tubuh yang seimbang. Yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang melakukan diet adalah tidak boleh mengurangi lebih dari kebutuhan 500 kalori setiap harinya. Kurang dari itu akan mengurangi masa otot kita. Terlepas dari itu, diet sendiri memiliki beragam manfaat yang di dapat.

Manfaat DietDiet di Indonesia lebih dikenal sebagai usaha untuk menurunkan berat badan seseorang. Juga ada yang berpendapat bahwa diet adalah mengatur asupan nutrisi tertentu lewat perubahan pola makan yang dikonsumsi.

Secara umum, diet memiliki 3 jenis yang dibedakan berdasarkan alasan melakukannya:
  • Diet yang lakukan untuk menurunkan berat badan. Ini yang paling sering dijadikan alasan banyak orang untuk melakukan diet.
  • Diet yang sebaliknya dilakukan untuk meningkatkan berat badan. Bagi olahragawan yang membutuhkan fisik yang kuat justru menjadikan diet sebagai usaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal.
  • Diet karena ada pantangan terhadap makanan tertentu. Dilakukan oleh orang-orang yang memiliki penyakit tertentu.

Tidak hanya berujung untuk mendapatkan tubuh yang ideal, namun manfaat diet secara luas memang dibuthkan pada tubuh baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Diet Bagi Kesehatan
1. Mengontrol Berat Badan
Manfaat utama dari diet memang untuk mengontrol berat badan kita. Diet untuk tujuan mengontrol berat badan bukan mengurangi karbohidrat seperti pada manfaat nasi dan lemak pada makanan, melainkan menyeimbangkan dengan kebutuhan tubuh lainnya.

2. Mencegah Resiko Kanker
Dari berbagai hasil penelitian telah membuktikan bahwa serat mampu memperlancar BAB, sehingga berdampak baik bagi alat pencernaa. Hal itu akan mencegah adanya endapan sel kanker pada usus besar. Selain karena tubuh juga mendapat asupan nutrisi yang seimbang, tubuh kita pun akan terhindar dari penyakit kanker. 

3. Menjaga Kondisi Lambung
Diet biasanya menganjurkan kita untuk makan sebanyak 5-6 kali sehari dengan jumlah yang sedikit namun tetap sehat. Pola makan tersebut tetap menjaga perut agar tetap kenyang dan mencegah terjadinya asam lambung. Dengan begitu kondisi lambung akan terjaga fungsinya dengan baik.

4. Terhindar Penyakit Alzheimer
Usaha diet tidak cukup jika dilakukan hanya dengan mengatur pola makan. Seharusnya bagian dari diet juga turut ditunjang dengan manfaat olahraga yang sehat. Kita tahu bahwa olahraga yang dilakukan dengan seimbang, akan membuat kesehatan otak terjaga. Konsentrasi meningkat dan daya ingat menguat dan baik untuk mencegah penyakit Alzheimer atau disebut penyakit otak tua.

5. Menjaga Kualitas Tidur
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal online Appetite, tidur yang singkat diakibatkan karena kurangnya air putih dan asupan karbohidrat dalam tubuh. Penelitian lain menambahkan bahwa tidur yang kurang nyenyak di akibatkan oleh kurangnya manfaat vitamin C dan selenium. Vitamin C dan Selenium sendiri, banyak ditemukan di sumber makanan nabati dalam manfaat sayur sayuran. Program diet yang membiasakan makan sehat seperti buah dan sayur, akan turut mempengaruhi kualitas tidur menjadi lebih baik.

6. Menyehatkan Jantung
Seperti yang kita tahu, diet pasti mempengaruhi kontrol terhadap jumlah kolesterol dan lemak pada tubuh. Kita akan mengkonsumsi makanan dengan sehat, seperti diet yang menganjurkan makanan yang tinggi akan serat. Beberapa hasil penelitian, juga membenarkan bahwa asupan serat yang tinggi pada buah dan sayuran yang kita konsumsi dapat mencegah penyakit jantung.

7. Mencerdaskan otak
Otak kita 60%-nya tersusun atas lemak. Lemak yang dimaksud adalah lemak dari manfaat omega 3 yang membantu hubungan antar sel di dalam otak semakin baik. Konektivitas antar sel yang semakin baik, maka akan semakin baik pula kemampuan berpikir seseorang dalam memecahkan masalah.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Diet bukanlah usaha untuk menghilangkan lemak karena tubuh masih membutuhkan manfaat lemak yang seimbang. Dengan diet, tubuh kita di buat untuk menyeimbangkan kandungan lemak ini. Dari hasil penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kandungan lemak yang seimbang dalam tubuh akan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

9. Terhindar Resiko Diabetes
Beberpa peneliian menemukan bahwa diabetes dipengaruhi langsung oleh konsumsi serat. Diabetes disebabkan oleh tidak seimbangnya gula darah dalam tubuh. Buah dan sayuran yang banyak mengandung serat ternyata dapat mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Oleh karenanya, dengan diet konsumsi sayur dan buah secara simbang akan mencegah resiko diabetes.

10. Mencegah Penyakit Batu Ginjal dan Empedu
Penelitian lain menemukan bahwa serat yang dikonsumsi dari sayur dan buah dapat mencegah insulin masuk ke dalam aliran darah terlalu banyak. Perlu diketahui bahwa masuknya insulin ke dalam aliran darah dalam jumlah besar saat proses pencernaan dapat menyebabkan terciptanya batu empedu dan ginjal. Dengan konsumi sayur dan buah, control keseimbangan terhadap insulin tersebut akan dapat dilakukan.

11. Mencegah Stroke
Hasil studi menunjukkan bahwa serat yang di atur asupannya saat menjalani diet dapat menurunkan resiko terkena stroke. American Heart Association mengungkapkan bahwa konsumsi 25 gram serat yang merupakan kebutuhan serat sehari-hari dapat mencegah penyakit stroke.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya