Kerupuk Buah Naga Berpotensi Menjadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Kerupuk Buah Naga Berpotensi Menjadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan – Camilan Nusantara


Kerupuk memiliki banyak jenis. Diantaranya adalah kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk buah, kerupuk kulit, dan lain sebagainya. Salah satu kerupuk yang banyak disukai oleh masyarakat adalah kerupuk buah naga. Kerupuk buah naga menjadi salah satu jenis kerupuk khas Sidoarjo. Kerupuk buah naga dibuat dari ikan kakap putih yang dipadukan dengan tepung tapioka dan bahan pelengkap lainnya. Kerupuk ini dinamakan dengan buah naga karena memang memiliki bentuk dan warna yang menyerupai buah naga. 

Kerupuk buah nagamemiliki rasa yang enak dan renyah, tek heran kerupuk  ini dapat dijadikan sebagai camilan ketika bersantai dengan keluarga dirumah. Seiring dengan berjalannya waktu, permintaan kerupuk buah naga terus meningkat dengan baik sehingga patut digali lebih dalam. Kerupuk buah naga ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Peluang usaha kerupuk buah naga juga masih terbuka luas bagi siapapun yang terjun didalamnya. Usaha kerupuk buah naga memang cukup laris sehingga mampu mendatangkan peruntungan yang menggiurkan.

Cara memulai usaha kerupuk buah naga

Dalam memulai usaha kerupuk buah naga bisa dilakukan dengan langkah yang simpel. Menjalankan usaha kerupuk buah naga memang tidak perlu pengetahuan khusus, sebab pengolahan kerupuk buah naga begitu mudah dilakukan. Apalagi jika mampu menyuguhkan menu kerupuk buah naga yang renyah dan gurih tentu bisa memikat konsumen yang besar. Usaha ini dapat dijalankan dengan mempersiapkan modal yang cukup untuk membeli bahan baku, biaya promosi, peralatan dan biaya lain-lain. Usaha kerupuk buah naga memang sangat tepat dipilih, karena memang usaha ini sangat menguntungkan.

 Harga jual kerupuk buah naga

Kerupuk buah naga memang sudah banyak diminati dan sudah banyak dijual dipusat penjual oleh-oleh maupun disupermarket. Harga jual kerupuk buah naga memang sangat terjangkau sehingga banyak disukai. Menyesuaikan harga jual kerupuk buah naga memang sangat penting dilakukan. Jika ingin menjalankan usaha kerupuk buah naga, maka perhatikan pematokan harga jualnya. Rata-rata kerupuk buah naga dijual dengan harga mulai dari Rp. 10.000 per bungkus.

Konsumen usaha kerupuk buah naga

Untuk mendapatkan konsumen dalam bisnis kerupuk buah naga memang sangat mudah. Konsumen usaha kerupuk buah naga mencangkup semua kapisan masyarakat. Produk kerupuk buah naga banyak diminati segala kangan masyarakat baik dari anak kecil hingga dewasa. Karena memang memiliki rasa yang gurih dan renyah tekstunya.

Bahan baku usaha kerupuk buah naga

Dalam menjalankan bisnis kerupuk buah naga juga memerlukan bahan baku utama untuk mengolah kerupuk buah naga. Usaha kerupuk buah naga membutuhkan bahan baku seperti ikan kakap putih, garam, bawang putih, baking powder, pewarna makanan dan lain sebagainya. Bahan baku bisa dibeli di berbagai pusat perbelanjaan seperti toko maupun  pasar.

Peralatan usaha kerupuk buah naga

Peralatan yang diperlukan untuk memproduksi kerupuk buah naga memang cukup penting dipersiapkan. Peralatan yang diperlukan misalkan mesin oven penggering, wajan, spatula, panci, wadah, kompor dan tabung gas dan berbagai peralatan pendukung lainnya. Peralatan yang dibutuhkan ini sebagian besar sudah dimiliki para ibu rumah tangga.

Strategi pemasaran usaha kerupuk buah naga

Agar usaha kerupuk buah naga dapat berjalan sesuai keinginan, maka perlu melakukan strategi khusus. Strategi untuk memasarkan usaha kerupuk buah naga memang dapat dilakukan dengan berbagai cara agar usaha yang dijalankan berjalan dengan baik. Strategi ini bisa dilakukan dengan memperhatikan pengolahan kerupuk dengan tepat agar selalu menghasilkan olahan kerupuk yang enak, gurih dan sesuai dengan permintaan konsumen. Kemas kerupuk buah naga dengan rapi agar lebih menarik. Jika perlu berilah label agar produksi kerupuk mudah meluas dan dikenal masyarakat.

Resep Kerupuk Buah Naga

Bahan:

- Ikan kakap putih tanpa tulang 500 gram
- Tepung tapioka 500 gram
- Baking powder 1 sendok teh
- Air + 100 ml
- Telur bebek 2 butir
- Gula pasir 1 sendok makan
- Garam 2 sendok makan
- Bawang putih bubuk 1 sendok makan
- Poppy seeds 1/2 sendok makan
- Pewarna makanan merah muda 1/4 sendok teh

Cara Membuat:

1. Ikan yang telah di pisahkan dari tulang, kukus selama 15 menit hingga matang, angkat dan haluskan hingga lembut.
2. Campurkan tepung tapioka dengan air sedikit demi sedikit (gunakan mixer), lalu masukkan daging ikan, telur bebek, baking powder, bawang putih bubuk, gula, dan garam, aduk hingga rata. (Untuk hasil yang lebih bagus, adonan digilas berulang-ulang hingga kalis).
4. Ambil 1/8 dan 1/4 adonan, tambahkan pewarna merah, aduk rata. Sisa adonan tambahkan poppy seeds, aduk rata.
5. Adonan merah dipipihkan setebal 0,3 cm (rapikan bagian pinggirnya), lalu adonan putih dibentuk bulat panjang diameter 5 – 6 cm, lalu bungkus adonan putih dengan adonan merah, rapikan.
6. Bungkus adonan dalam plastik, kukus adonan selama 30 menit hingga matang, angkat dan dinginkan selama 1 malam.
7. Potong adonan kerupuk tipis-tipis hingga berbentuk seperti buah naga dan jemur hingga benar-benar kering.
8. Kerupuk siap di goreng.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya