Cara Membuat Keripik Buah & Sayur Dengan Oven

Cara Membuat Keripik Buah & Sayur Dengan Oven – Camilan Nusantara


Siapa di sini yang menyukai buah-buahan dan sayur-sayuran? Bagi kalian yang penggemar buah dan sayur pasti sudah taka sing dengan keripik buah ataupun keripik sayur. Keripik buah dan sayur memiliki rasa yang khas dan sangat renyah. Sangat cocok di nikmati ketika sedang santai ataupun ketika sedang kumpul bersama keluarga.

Keripik buah dan sayur ada banyak macam, sebut saja keripik apel, keripik nangka, keripik buah naga, keripik bayam, keripik kangkung, dan lainnya. Keripik-keripik tersebut cukup popular dikalangan masyarakat, meskipun harganya lebih mahal dari keripik singkong atau pisang yang harganya lebih murah.

Biasanya keripik buah dan sayur ini di produksi menggunakan mesin pengering hampa atau biasa di sebut dengan vacuum frying. Pemuatan keripik pun biasanya di lakukan dalam jumlah besar oleh pabrik untuk memenuhi permintaan pasar. Namun bagi anda yang ingin membuat keripik buah dan sayur dalam jumlah yang kecil, atau sekedar untuk camilan di rumah saja. Oven merupakan salah satu pilihan untuk membuat keripik sayur dan buah-buahan. Ini bisa dilakukan hanya jika oven memiliki suhu kurang dari 90 derajat Celsius.  Berikut cara membuat keripik buah dan sayur menggunakan oven rumah.

1. Bersihkan buah dan sayur yang akan dikeringkan. Buang biji, lubang, dan setiap bagian makanan yang yang berserat keras juga bagian yang telah rusak.

2. Rebus buah-buahan dan sayuran untuk menghentikan proses enzimatik dan membunuh organisme yang dapat menyebabkan pembusukan. Waktu perebusan berbeda, tergantung jenis sayuran dan buah-buahan yang digunakan.

3. Untuk mencegah perubahan warna dari buah-buahan, celupkan ke dalam larutan air dan asam askorbat. Anda juga bisa menggunakan campuran jus lemon dan air.

4. Iris tipis buah dan sayuran. Beberapa buah-buahan, seperti aprikot, dapat dibagi dua. Atur irisan dalam satu lapisan pada rak atau loyang kue.

5. Panaskan oven dengan suhu terendah, sekira 60 derajat Celsius. Jika suhu terendah oven Anda tidak mencapai suhu tersebut, maka gunakan suhu maksimal 75 derajat Celsius. Pasang pintu oven secara tidak rapat dengan keadaan tersangga sekira dua hingga tiga inci dengan handuk dapur yang dilipat. Tujuannya, mengeluarkan kelembapan, memungkinkan sirkulasi udara, dan mencegah suhu oven menjadi terlalu panas seandainya Anda tidak dapat mengaturnya pada suhu 60 derajat Celsius.

6. Keringkan buah-buahan dan sayuran sesuai petunjuk waktu. Pastikan sesekali membalikkannya agar kering sempurna. Setelah matang kaluarkan Loyang dari dalam oven. Kemudian dinginkan sebentar.

7. Setelah didinginkan, simpan buah-buahan dan sayuran kering di wadah tertutup rapat, steril, dan telah dicuci bersih. Kocok botol yang berisi buah di dalamnya setiap hari selama sepekan atau dua pekan pertama dan lihat kelembapan makanan. Jika terdapat tanda-tanda kelembapan di dalam toples, maka keringkan kembali di dalam oven. Sayuran dan buah-buahan akan berjamur jika tidak benar-benar kering.

8. Simpan keripik buah dan sayur di tempat kering, gelap, dan dingin. Semakin dingin tempat penyimpanan, daya tahan makanan kering semakin lama. Selamat mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya