Camilan Dan Kuliner Yang Wajib Kamu Beli Saat Berkunjung Ke Palembang

Camilan Dan Kuliner Yang Wajib Kamu Beli Saat Berkunjung Ke Palembang – Camilan Nusantara



Palembang merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Sumatera Selatan. Palembang menyimpan keindahan yang sangat luar biasa, mirip dengan Kota Bangkok di Thailand. Kota Palembang juga memiliki sungai lebar yang membelah kotanya, yaitu sungai Musi. Sungai Musi yang notabene merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera ini digadang-gadang akan menjadi “chao phraya” nya kota Palembang.

Selain memiliki destinasi wisata yang menakjubkan. Kota Palembang juga kaya akan kulinernya loh. Sebut saja empek-empek (pempek), salah satu kuliner khas Palembang yang paling terkenal, bahkan saat ini banyak yang menjualnya meskipun bukan dari Palembang langsung. Nah, selain pempek, masih banyak kuliner khas kota Palembang yang wajib banget kalian beli saat mampir ke kota ini. Apasaja sih? Simak ulasan si bawah ini yuk..

1. Kue Delapan Jam
Camilan pertama yaitu kue delapan jam. Konon, kue ini menjadi camilan wajib para bangsawan zaman dulu. Tak hanya itu, penamaan kue ini pun diambil dari proses pembuatan yang memang memakan waktu hingga 8 jam. Uniknya, kue ini tidak berbahan dasar tepung melainkan telur bebek dan gula. Karena itulah, tekstur kue amat lembut dan memiliki daya tahan yang cukup lama. Pada umumnya, kue ini dijual mulai dari harga Rp100.000 - Rp250.000. Namun, harga tersebut sebanding dengan kelezatan dan ukuran kue yang cukup besar. 

2. Bolu Kojo
Oleh oleh khas Palembang lainnya yang bisa kamu jadikan buah tangan adalah bolu kojo. Nama “kojo” yang berarti kamboja digunakan karena umumnya kue dicetak dalam loyang berbentuk bunga. Namun, kini kamu bisa menemukan bolu kojo dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk membelinya, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp145.000 – Rp250.000. Uniknya, kue berwarna hijau ini memiliki wangi yang harum. Hal tersebut dikarenakan adonan kue dicampur dengan pandan ataupun daun suji. Rasa yang dihasilkan sendiri manis, sehingga cocok dijadikan camilan atau makanan penutup.

3. Lempok Durian
Camilan khas Palembang ini terbuat dari daging durian asli. Tak hanya manis, makanan yang juga dikenal dengan sebutan lempuk durian ini juga memiliki rasa yang tidak terlalu kuat seperti buahnya. Pasalnya, lempok dibuat dengan campuran tepung sehingga bentuknya menyerupai dodol. Karena itu pula, jajanan yang satu ini cocok bagi kamu yang kurang menyukai durian utuh. umumnya, lempok durian dijual mulai dari Rp20.000 – Rp30.000. 

4. Kemplang
Umumnya, kemplang dibuat dari potongan pempek lenjer. Kemudian adonan akan digoreng (dipanggang) sampai dua kali. Proses tersebutlah yang membuat kerupuk ini memiliki ketahanan cukup lama alias tidak mudah melempem. Biasanya, oleh oleh khas Palembang yang satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp27.000 hingga ratusan ribu, tergantung dari jenis ikan kemplang dan mereknya. 

5. Ikan Salai
Ikan salai yang berarti ikan asap merupakan makanan khas Palembang yang populer dijadikan oleh-oleh. Cara pembuatannya cukup unik karena ikan akan lebih dulu dipipihkan untuk kemudian diawetkan dengan cara diasap. Umumnya, ikan salai Palembang adalah ikan tenggiri, namun di beberapa tempat lainnya penganan ini juga terbuat dari bandeng, makerel, tongkol, dan gabus. Harga oleh oleh khas Palembang yang satu ini cukup beragam, mulai dari Rp15.000 – Rp300.000, tergantung pada jenis ikan dan ukuran kemasan. 

6. Tempoyak
Makanan hasil fermentasi durian ini disajikan dengan cukup unik. Bila biasanya durian dimakan apa adanya, tempoyak justru disajikan sebagai bumbu pelengkap sajian utama seperti ikan atau ayam suwir. Pasalnya, penganan ini memiliki cita rasa asam dan aroma yang amat khas sehingga cocok dijadikan pelengkap hidangan utama. Harga tempoyak sekitar Rp45.000, makanan ini umumnya juga digunakan sebagai salah satu pendamping nasi. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat masyarakat Palembang memakannya dengan bahan pokok tersebut.

7. Kerupuk Pecah Seribu
Pecah seribu merupakan salah satu jenis kerupuk yang sangat populer sebagai oleh-oleh khas Palembang. Ukurannya cukup kecil dan dibuat dari ikan tenggiri, jadi pas untuk dijadikan pendamping nasi atau camilan. Penamaan “pecah seribu” sendiri digunakan karena tekstur kerupuk yang berubah pecahan secara merata. Umumnya, pecah seribu dijual dengan harga Rp20.000 per 250 gram. 

8. Sambal Lingkung
Dikenal juga dengan nama sambal lingkong, makanan khas Palembang ini memiliki bentuk yang cukup unik untuk sebuah sambal. Meski dinamakan sambal, sebenarnya penganan ini berbentuk abon atau serundeng.
Sambal ini memiliki bahan utama ikan tenggiri yang dicampur dengan santan kelapa dan rempah-rempah khas Sumatera lainnya. Biasanya, sambal ini dimasak saat menjelang Idulfitri atau Iduladha. Namun, kini kamu bisa membelinya dengan mudah di toko oleh-oleh khas Palembang. Harganya sendiri bermacam-macam, mulai dari Rp20.000 hingga Rp80.000.

9. Engkak Ketan
Sama seperti bolu kojo, Engkak ketan juga ada yang terbuat dari telur bebek. Jika dilihat sekilas, oleh oleh khas Palembang ini mirip dengan kue lapis. Hanya saja, engkak ketan menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya. Menariknya, gula yang digunakan pada tiap adonan cukup banyak. Karena itulah, daya tahan makanan ini terkenal cukup awet.
Biasanya, kue ini disajikan saat acara-acara tertentu seperti upacara adat maupun hari besar keagamaan. Namun, kini kamu bisa dengan mudah membelinya di berbagai toko oleh-oleh khas Palembang. Untuk membeli engkak ketan ini, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp145.000 – Rp250.000.

10. Bolu Suri
Jika Medan punya bika Ambon, maka Palembang punya bolu suri. Kedua penganan tersebut memang memiliki bentuk dan tekstur yang mirip, hanya saja bolu suri tidak menggunakan daun jeruk dan serai dalam adonannya. Tak hanya itu, rasa yang dihasilkan pun berbeda yakni manis dan gurih. Untuk membelinya, sebaiknya kamu siapkan uang sekitar Rp125.000. 

11. Kue Maksuba
Bagi penyuka kue lapis, kamu tak boleh melewatkan kue maksuba sebagai oleh-oleh. Bentuk dan teksturnya yang berlapis membuat penganan ini dianggap kue lapisnya Palembang. Bahan utamanya berupa telur, mentega, susu kental manis, gula pasir, dan esens vanila. Jika ingin menjadikan penganan ini sebagai oleh-oleh, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp145.000. 

12. Pempek
Kalau makanan yang satu ini tentu sudah menjadi pembicaraan umum ketika berbicara tentang oleh-oleh khas Palembang. Kalau kamu mau membawa pulang pempek sebagai oleh-oleh, sebaiknya langsung membeli dalam jumlah banyak. Kamu pun bisa membelinya dalam dua jenis, baik matang ataupun mentah.


Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya