Aneka Camilan Lezat Yang Terbuat Dari Kulit Hewan

Aneka Camilan Lezat Yang Terbuat Dari Kulit Hewan – Camilan Nusantara


Seperti yang kita ketahui, indonesia merupakan Negara terbesar pengkonsumsi camilan/snack. Di Indonesia sendiri camilan ada banyak macamnya, mulai dari keripik, kerupuk, kuekering/basah, kacang, salad buah, dan masih banyak lagi. Salah satu camilan yang menjadi favorit adalah camilan berbahan dasar kulit hewan.
Kulit hewan ini diolah menjadi camilan seperti kerupuk ataupun keripik. Rasanya yang renyah dan enak selalu membuat siapa saja yang memakannya ketagihan. Selain jadi camilan bahkan kerupuk/keripik ini tak jarang dijadikan pendamping makan nasi. Seperti kerupuk rambak sapi, yang sering di jadikan pendamping makan. Yuk langsung saja simak, inilah camilan berbahan dasar kulit yang enak dan renyah.

1. Kerupuk Kulit Sapi/Rambak

Kerupuk kulit atau biasa dalam bahasa Jawa disebut kerupuk rambak adalah jenis olahan kerupuk yang bahan utamanya terbuat dari kulit hewan, umumnya adalah kulit sapi, kerbau ataupun kambing. Kerupuk kulit atau kerupuk rambak merupakan salah satu jenis kerupuk yang digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Kerupuk rambak atau kerupuk kulit ini paling enak disajikan saat Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Lebaran. Harga dari kerupuk kulit atau kerupuk rambak lebih mahal dari jenis kerupuk yang lain. Hal ini karena bahan utama dari pembuatan kerupuk ini tergolong mahal dan terkadang langka yaitu kulit sapi, kerbau atau kambing. Ketika selesai di goreng, kerupuk kulit atau kerupuk rambak memiliki tekstur yang garing, renyah, lezat dan memiliki cita rasa yang khas. Umumnya kerupuk ini berbentuk panjang dan kotak-kotak kecil. 

2. Kerupuk Ikan Salmon

Selain dagingnya yang kaya akan manfaat dan sering diolah menjadi sushi atau sashimi. Ternyata kulit ikan salmon juga bisa diolah menjadi kerupuk yang renyah dan lezat. Karena rasanya yang enak kerupuk ikan salmon ini banyak digemari oleh masyarakat. Kerupuk ikan ini biasa dinikmati sebagai camilan di rumah atau sebagai teman makan ketika tidak ada lauk hehe. Cita rasanya yang khas membuat kerupuk kulit ikan salmon bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.




3. Kerupuk Kulit Kakap
Ikan kakap memiliki beberapa jenis diantaranya kakap putih dan kakap merah. Ikan Kakap digemari karena ikan satu ini memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang enak dan gurih walaupun jenis ikan satu ini memiliki harga yang cukup mahal. Ikan kakap ini ternyata kulitnya juga bisa diolah menjadi camilan loh, yaitu kerupuk kulit kakap. Rasa kerupuk kulit kakap ini juga tak kalah enak dengan kerupuk kulit lainnya loh, enak renyah dan gurih tentunya.

Disamping rasanya yang enak, Ikan Kakap juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi seperti Jumlah Kandungan Energi Ikan Kakap = 92 kkal, Protein Ikan Kakap = 20 gr, Lemak Ikan Kakap = 0,7 gr,  Karbohidrat Ikan Kakap = 0 gr, Kalsium Ikan Kakap = 20 mg, Fosfor Ikan Kakap = 200 mg,  Zat Besi Ikan Kakap = 1 mg, Vitamin A Ikan Kakap = 30 IU, Vitamin B1 Ikan Kakap = 0,05 mg, Vitamin C Ikan Kakap = 0 mg, Selenium, Vitamin A, Kalium, dan Omega 3 Asam Lemak dengan jumlah yang di teliti 100gr.

4. Kerupuk Kulit Kerbau

Ciri utama dari kerupuk kulit kerbau adalah memiliki warna lebih kuning dibandingkan dengan kerupuk kulit sapi. Namun, teksturnya hampir sama, yaitu renyah sedikit keras. Tak banyak berbeda dengan kerupuk kulit sapi kerupuk kulit kerbau ini dipasarkan di pasar-pasar tradisional dalam kemasan kecil, maupun dalam kantong-kantong besar. Harganya pun beda tipis antara kerupuk kulit sapi dengan kerupuk kulit kerbau.

5. Keripik Kulit Ayam

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh ayam yang jadi favorit banyak orang. Kulit ayam yang digoreng tanpa tepung teksturnya cenderung kenyal. Tapi kulit ayam yang dilapis tepung dan digoreng teksturnya jadi renyah. Karenanya orang cenderung lebih suka kulit ayam dengan tepung yang umum disebut keripik kulit ayam. Walau garing, rasa gurih dari kulit ayam tetap terasa karena mengandung lemak. Bisa dimakan langsung dengan nasi maupun dijadikan camilan dengan cara dicocol saus sambal. Cocok untuk dijadikan lauk makan jika malas memasak. Karena rasanya seperti mirip fied chicken. Saat ini sudah banyak varian rasa dari keripik kulit ayam, mulai dari rasa balado hingga rasa telur asin pun ada.



Baca Juga :

Komentar

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya