6 Jenis Singkong Yang Bisa Dibuat Keripik Singkong Berkualitas

6 Jenis Singkong Yang Bisa Dibuat Keripik Singkong Berkualitas – Camilan Nusantara



Singkong memiliki banyak varieatas, jenis nya sangat berbeda-beda, walaupun tampilan luar nya sama saja, namun sebenarnya jenis nya amatlah berbeda, bahkan ada jenis singkong yang lebih enak rasa nya ketika di masak, dan ada juga jenis singkong yang rasa nya tidak se enak singkong jenis lain nya. Jadi anda harus pintar dalam memilih singkong yang bagus untuk anda olah menjadi suatu produk.


Ada juga singkong yang beracun atau tidak bisa di makan langsung dan harus mengalami beberapa pengolahan agar racun tersebut hilang, singkong jenis ini memang cukup berbahaya jika di konsumsi oleh orang yang tidak tahu bahwa ada singkong yang beracun, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai acuan melihat apakah singkong tersebut beracun atau tidak, biasa nya dilihat dari waran kulit singkong tersebut, lebih hitam di banding singkong lain nya, pohon nya juga memiliki warna yang berbeda dari yang lain nya.

Singkong yang bisa langsung di oleh memang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan yang enak dan gurih tentu nya, ada singkong rebus, singkong goreng, tape dan tidak ketinggalan keripik singkong yang bisa anda buat menggunakan mesin pengolah keripik. Keripik singkong ini memang sangat banyak di cari oleh para penggemar keripik karena rasa nya yang memiliki ciri khas tersendiri dan enak.

Keripik singkong memiliki berbagai macam rasa, hal ini di pengaruhi oleh bumbu apa saja yang anda tambahkan untuk keripik singkong tersebut, namun semua nya akan berubah jika anda tidak tahu singkong mana yang bisa di olah langsung menjadi keripik dan mana yang tidak bisa, oleh karena itulah berikut ini kami akan mengulaskan tentang jenis singkong untuk membuat keripik singkong:

Jenis Singkong yang Enak Untuk Membuat Keripik Singkong:

1. Singkong Manggu
Singkong manggu adalah singkong yang berasal dari jawa barat dan sudah lama dikenal oleh masyarakat, singkong yang satu ini memiliki diameter sekitar 4 hingga 5 cm. singkong manggu bisa di oleh menjadi berbagai jenis makanan karena rasa nya yang enak dan manis. Singkong manggu ini mudah untuk di tanam, mudah dikupas, renyah dan daging nya juga empuk, dan kadar pati nya juga cukup tinggi.

2. Singkong Menterga atau Singkong Kuning
Singkong mentega ini juga sering disebut dengan singkong kuning karena warna singkong nya memang lebih kuning di bandingkan dengan yang lain nya, banyak orang yang menyukai singkong mentega karena singkong ini memiliki rasa yang lebih legit dan kenyal di bandingkan singkong lain nya. Keripik singkong yang terbuat dari singkong mentega akan memiliki tampilan yang lebih bagus dan cantik serta menggugah selera. Ketika digunakan untuk membuat tape juga rasa nya lebih enak dan manis.

3. Singkong Gajah
Singkong gajah berasal dari Kalimantan timur dan memiliki umbi yang besar dengan diameter 8 cm. Singkong ini bisa dikonsumsi karena memiliki rasa yang gurih dan seperti mengandung mentega. Singkong ini biasa nya di jadikan tepung atau bahan baku bioetanol. Singkong gajah ini memang memiliki umbi yang besar, mudah di tanam, bisa langsung dikonsumsi untuk pengganti makanan beras dengan rasa nya yang mirip seperti ketan.

4. Singkong Putih
Singkong yang satu ini memiliki tekstur yang lebih keras dan memiliki warna yang putih, singkong ini memang cocok untuk di rebus atau di kukus dalam pengolahan nya, seperti dalam membuat kolak singkong, sup singkong dan lain sebagainya.

5. Singkong Mukibat
Singkong yang satu ini merupakan hasil dari percobaan seseorang yang memadukan antara singkong biasa dengan singkong karet, singkong ini adalah perpaduan okulasi kedua nya, dan ternyata hasil nya cukup bagus karena singkong ini bisa digunakan untuk di ambil pati nya dan di olah menjadi bieotanol.

6. Singkong Emas
Singkong yang satu ini juga merupakan salah satu dari percobaan antara singkong karet lokal dengan singkong Thailand, umbi yang satu ini pertama kali di kenalkan di daerah Bengkulu dan di tanam oleh petani Bengkulu. Singkong yang satu ini bisa di oleh dengan untuk berbagai jenis makanan seperti tepung terigu, spirtus, bahan pembuatan jamu, minyak kompor hingga pakan ternak.

Ada banyak sekali jenis singkong yang bisa anda gunakan untuk membuat keripik singkong, namun seperti nya singkong yang paling bagus untuk membuat keripik singkong adalah singkong mentega atau singkong kuning karena tekstur nya yang lembut dan rasa nya yang enak akan membuat keripik singkong menjadi lebih enak. Semoga bermanfaat 


Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya