Tips Mengontrol Nafsu Makan Yang Bikin Gagal Diet

Tips Mengontrol Nafsu Makan Yang Bikin Gagal Diet – Camilan Nusantara


Awalnya ingin diet, tapi ketika melihat teman di dekat kita sedang menikmati es krim atau pizza, kita jadi tergoda untuk turut makan. Selain itu, banyak orang kesulitan mengontrol nafsu makan karena tidak bisa menghilangkan rasa lapar. Akibatnya, usaha untuk menurunkan berat badan pun menjadi gatot alias gagal total.

Banyak orang yang kesulitan mengontrol nafsu makan mereka saat ingin menurunkan berat badan. Memang ada solusi yang bisa membantu Anda mengontrol nafsu makan saat diet? Tentu saja ada. Selain diperlukan tekad yang kuat, Anda juga bisa melakukan beberapa Tips berikut ini untuk mengontrol nafsu makan berlebihan.

1. Konsumsi lebih banyak protein
Apakah Anda termasuk penggemar makanan manis? Jika ya, sebaiknya ganti cemilan manis yang biasa Anda konsumsi dengan yogurt atau kacang-kacangan. Kedua makanan tersebut mengandung protein yang cukup tinggi. Pasalnya, makanan dengan protein yang tinggi bisa mengendalikan rasa lapar Anda. Di samping itu, protein dapat membantu proses penurunan berat badan secara lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan protein dicerna dalam waktu yang lebih lama sehingga Anda juga akan merasa kenyang lebih lama.

2. Tarik napas 3 kali
Bagaimana bisa hanya dengan tarik napas saja Anda sudah melakukan cara mengontrol nafsu makan berlebihan? Ketika keinginan untuk makan datang, cobalah menarik napas dalam-dalam sebanyak 3 kali. Setelah menarik napas, tanyakan pada diri sendiri, Mengapa saya ingin makan sekarang? atau Apakah secara fisik saya merasa lapar? Cara ini melibatkan emosi Anda untuk berpikir ulang sebelum melakukan tindakan. Jadi, sebelum mengambil keputusan untuk makan, cobalah memikirkannya terlebih dahulu dengan menarik napas sebanyak 3 kali sebelumnya.

3. Berani menolak keinginan diri sendiri
Anda bisa menolak keinginan orang lain, tetapi Anda menjadi lemah untuk menolak keinginan diri sendiri. Oleh karena itu, Anda harus berani dan tegas untuk menolak keinginan diri Anda sendiri ketika ingin ngemil. Misalnya, ketika Anda menginginkan suatu makanan, katakan pada diri Anda, Lain kali saja! Setelah itu, sibukkan diri anda agar keinginan untuk makan tidak datang kembali.

4. Jangan Makan Tterlalu Kenyang
Pernahkah Anda mendengar istilah, Berhenti makan sebelum kenyang. Ya, istilah tersebut memang benar adanya. Sebagai cara mengontrol nafsu makan berlebihan, Anda harus membiasakan diri untuk berhenti makan sebelum Anda merasa kenyang. Dengan begitu tubuh dan organ-organ lain yang ada dalam tubuh Anda akan terbiasa untuk makan secukupnya. Dengan cara ini, Anda juga tidak akan merasa cepat lapar karena tubuh Anda tidak lagi menuntut untuk selalu merasa kenyang.

5. Pikirkan hal buruk yang terjadi 20 menit setelah makan
Makan bukan hanya untuk memuaskan rasa lapar saja. Terkadang kita ingin makan sesuatu meskipun tidak sedang merasa lapar. Namun, Anda harus memikirkan hal buruk yang terjadi 20 menit setelah makan, terutama jika Anda ingin ngemil. Dua puluhmenit setelah makan, Anda pasti akan merasa ngantuk. Kemudian, Anda akan tertidur dan pekerjaan Anda pun terbengkalai. Selain itu, kebiasaan langsung tidur setelah makan juga bisa membuat berat badan lebih cepat naik.

6. Lakukan apapun yang kamu sukai
Cake atau cemilan lainnya bukan satu-satunya hal yang bisa memanjakan diri Anda. Masih banyak hal lain yang bisa memanjakan diri Anda. Misalnya, Anda bisa melakukan treatment semacam spa atau nonton film kesukaan Anda. Lakukan apa saja yang Anda sukai agar keinginan untuk makan jadi terlupakan.

7. Sibukkan diri dengan berbagai aktivitas
Stres atau merasa bosan bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Salah satu cara mengontrol nafsu makan saat diet adalah sibukkan diri dengan berbagai macam aktivitas. Jangan sampai Anda merasa bosan atau stres agar Anda tidak mencari pelampiasan terhadap makanan. 

Ketika Anda melakukan berbagai cara untuk mengontrol nafsu makan berlebihan, bukan berarti Anda tidak diperkenankan untuk makan sama sekali. Sebaiknya, tetaplah makan seperti biasa sebanyak 3 kali sehari. Namun, Anda harus memperhatikan porsi makan dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Hindari makanan yang dapat meningkatkan berat badan Anda. Anda juga bisa mengganti camilan anda dengan yang lebih sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Semoga Bermanfaat.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya