Tips Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh – Camilan Nusantara



Dikejar deadline, padatnya jadwal meeting, lembur sampai malam, harus mengurus rumah, tugas kuliah yang menumpuk dan kesibukan lainnya terkadang bikin semua orang susah mengontrol asupan makanan. Biasanya, mereka hanya memilih makan yang cepat dan gampang diperoleh supaya tidak menyita banyak waktu. Oleh karena itu makanan instan akhirnya menjadi pilihan terakhir.

Padahal makanan instan memiliki banyak kandungan yang tidak baik. Sehingga tidak bagus jika di konsumsi terus-menerus. Asupan makanan sehat adalah hal yang penting untuk menunjang kesehatan manusia, mengendalikan berat badan, meningkatkan kinerja otak, dan menambah tenaga seharian. Berikut adalah tips dan pilhan makanan sehat yang gampang diperoleh untuk orang-orang sibuk. Oleh sebab itu kami kan memberikan Tips Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh.

1. Sarapan
Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu mengendalikan gula darah. Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Menu makanan sehat saat sarapan yang dianjurkan untuk disantap: oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur, sereal gandum dan chia seed, kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, telur, alpukat, dan kelapa. 

2. Jangan kebanyakan minum kopi
Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati Anda, membuat Anda dehidrasi (karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine), dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil. Hati adalah organ yang membersihkan racun tubuh Anda, jadi apabila organ hati Anda terbebani, maka kemungkinan Anda terkena penyakit dan berat badan bertambah meningkat. Kurangi konsumsi kopi atau anda bisa menggantinya dengan teh herbal yang lebih bermanfaat bagi tubuh.

3. Banyak minum air putih
Jangan lupa untuk banyak minum. Minimal minumah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi Anda tetap tinggi, pencernaan Anda lancar, dan konsentrasi Anda terjaga. Ketika tubuh Anda dehidrasi, terkadang tubuh Anda malah akan memberikan sinyal yang yang keliru, yaitu sensasi lapar. Anda bisa minum air putih 20 menit sebelum atau 60 menit sesudah makan. 

4. Kurangi makan makanan kemasan
Pada umumnya, makanan kemasan mengandung banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan. Untuk lebih banyak mengasup makanan sehat, hindari makan makanan kemasan dan makanan siap saji.

5. Makan makanan yang segar
Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Jika Anda ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

6. Perhatikan hasil proses makanan di restoran
Waktu memesan makanan di restoran, perhatikan proses pembuatan makanan di buku menu, apakah makanan itu dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Cobalah untuk hindari makanan yang digoreng, makanan yang dimasak kering dengan panas yang tinggi atau ditambahi dengan minyak atau lemak, atau au gratin yang mana makanan Anda ditaburi keju yang dipanaskan di atasnya. Makanan-makanan dengan proses pengolahan seperti itu mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Lebih baik Anda memilih menu makanan sehat yang direbus atau dipanggang.

7. Kurangi konsumsi alkohol
Untuk setiap gelas alkohol yang Anda minum, seimbangkan dengan meminum segelas air putih. Alkohol membuat Anda dehidrasi, membuat mabuk (keracunan alkohol), dan mengganggu pola tidur. Bagi para pria, jangan mengonsumsi lebih dari 2 gelas alkohol sehari. Sementara itu, untuk wanita batasan amannya yaitu tidak lebih dari segelas sehari. Dan akan lebih baik lagi jika anda tidak mengosumsi alcohol sma sekali.

8. Makan makanan sehat tinggi serat
Daripada makan nasi putih, pilih nasi merah yang lebih kaya kandungan seratnya. Anda juga bisa mengganti roti tawar putih yang biasa Anda makan dengan roti gandum. Selain lebih tinggi serat, roti gandum dan nasi merah juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa beraktivitas seharian dengan lancar.

9. Bawalah snack sehat sendiri
Ke mana pun Anda pergi, bawalah camilan sehat seperti buah yang dipotong kecil-kecil, jus, oatmeal, yogurt, sayur segar yang dipotong kecil-kecil, atau kacang-kacangan. Makanlah snack Anda setiap 3 jam sekali untuk membantu gula darah Anda tetap stabil dan mencegah Anda makan berlebihan saat jam makan.

10. Jangan makan berlebihan
Makanlah secukupnya saat jam makan, yaitu sekitar 80 persen kenyang dan jangan sampai lebih dari itu. Kalau Anda masih merasa lapar 10 menit kemudian, barulah makan sedikit lagi. Makan berlebihan bukan saja mengakibatkan bertambahnya berat badan, melainkan juga menghambat sistem pencernaan Anda dan dapat mengakibatkan penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes. 

11. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Makan banyak buah dan sayur setiap harinya. Carilah buah dan sayur yang penuh warna, segar, dan jangan lupa dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayur tersebut. Pilihlah sayur-sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, atau brokoli. Sayur-sayuran hijau banyak mengandung vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

12. Makan secara teratur dan tepat waktu
Laju metabolisme Anda akan melambat saat malam. Dianjurkan untuk makan makanan sehat sebelum jam 8 malam agar tubuh Anda sempat untuk memproses makanan yang Anda makan dan membersihkan racun pada tubuh Anda sehingga Anda terhindar dari berat badan berlebih. Usahakan untuk selalu makan secara teratur, ya. 

13. Konsumsi suplemen
Terlepas dari sebarapa baik asupan makanan sehat yang Anda makan, tidak ada seorang pun yang memiliki nutrisi sempurna pada tubuh. Dengan lingkungan yang mengandung banyak zat-zat yang tidak baik bagi tubuh kita, atau stres karena pekerjaan dapat mempengaruhi nutrisi di dalam tubuh kita. 

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendiskusikan suplemen apa yang tepat untuk Anda. Semua tips-tips yang disebutkan di atas bisa anda terapkan, tidak peduli seberapa sibuknya Anda. Ingat selalu bahwa kesehatan Anda lebih penting daripada kesibukan Anda.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya