Tips Memilih Dan Membersihkan Usus Ayam Dengan Benar

Tips Memilih Dan Membersihkan Usus Ayam Dengan Benar – Camilan Nusantara


Dari berbagai macam jeroan ayam, usus adalah bagian yang paling sering diolah menjadi aneka jenis olahan makanan. Usus memiliki tekstur yang kenyal dan gurih ketika sudah diolah. Namun untuk mengolah usus ayam, anda harus memulainya dengan memilih usus ayam yang berkualitas baik terlebih dahulu. Kemudian, dibersihkan dan dihilangkan bau amisnya, karena seperti yang kita ketahui, usus merupakan tempatnya kotoran. Sehingga sebelum kita olah menjadi makanan kita harus membersihkannya sampai bersih supaya kuman yang ada di dalam usus musnah semua.
Nah berikut kami beri tips memilih serta membersihkan usus ayam dengan benar. Simak terus yaa.

Tips Memilih Usus Ayam
Usus ayam yang dijual di pasar tidak selalu bagus. Ada yang sudah lama, bahkan ada juga yang diberi formalin supaya awet. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara memilih usus ayam yang masih bagus.

1. Warnanya kekuningan segar
Usus ayam yang bagus memiliki warna putih kekuningan. Warna kuningnya segar, seperti warna lemak pada kulit ayam. Kalau warnanya terlalu cerah dan mencolok, anda perlu berhati-hati karena bisa jadi usus ayam tersebut telah diberi pengawet sejenis formalin. Sedangkan kalau warnanya pucat kebiruan, artinya kualitas usus ayam sudah tidak bagus.

2. Tekstur tidak kenyal
Tekstur dari usus ayam yang bagus dan segar adalah cenderung lunak. Saat ditekan, anda akan merasa keempukkannya. Kalau anda menemukan usus ayam yang teksturnya kenyal, jangan dibeli. Karena tekstur kenyal pada usus ayam merupakan salah satu tanda adanya pengawet.

3. Tidak berbau busuk
Selayaknya daging dan jeroan, usus ayam pastinya memiliki bau yang amis. Namun, usus ayam yang bagus, bau amisnya masih wajar dan tidak menusuk hidung. Kalau baunya sudah menuju busuk atau tidak berbau sama sekali, lebih baik jangan beli usus ayam tersebut. Usus ayam yang berbau busuk, kualitasnya jelas sudah tidak baik. Sementara yang tidak berbau, bisa jadi usus ayam tersebut memiliki kandungan pengawet.

4. Kalau beli di supermarket, cek tanggal kemasnya
Membeli usus ayam di supermarket memang cenderung lebih aman karena kualitasnya terjaga dan bebas dari pengawet berbahaya. Tetapi, anda harus tetap teliti supaya bisa mendapatkan usus ayam kualitas terbaik. Caranya, cek tanggal kemas yang ada pada label bungkus usus ayam. Usahakan membeli usus ayam yang dikemas pada hari yang sama saat anda beli, supaya masih terjamin kesegarannya.

Tips Membersihkan Usus Ayam

1. Cuci usus ayam berkali-kali hingga bersih dan lumuri air jeruk nipis
Karena merupakan jeroan dan saluran pencernaan ayam, usus harus benar-benar dibersihkan hingga kotorannya hilang. Cuci usus ayam di bawah air mengalir sekitar 3 kali. Gosok-gosok perlahan, terutama di sela-sela bagian lipatan usus yang banyak kotoran bersarang.
Kalau sudah bersih dari kotoran, lumuri usus ayam dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Biarkan usus ayam direndam selama 10 menit sebelum akhirnya diolah.

2. Rebus usus ayam dengan jahe, lengkuas, dan daun salam
Usus ayam perlu direbus dulu sebelum diolah supaya empuk dan bau amisnya hilang sempurna. Rebus usus ayam pada air mendidih, kemudian tambahkan jahe, lengkuas, dan daun salam untuk menyingkirkan bau amis. Rebus sekitar 5 menit. Setelah itu, tiriskan usus ayam dan buang airnya.

3. Ganti air rebusan dan rebus usus ayam hingga matang
Rebus kembali usus ayam untuk mematangkan dan mengempukkan teksturnya. Kali ini, gunakan air kelapa sebagai air rebusannya. Tidak hanya membuat usus ayam cepat empuk, air kelapa juga membuat usus ayam terasa lebih gurih nanti saat disantap. Rebus usus ayam hingga matang dan empuk, kira-kira sekitar 5 menit. Usus ayam yang sudah matang & empuk siap untuk diolah. Olahan usus ayam sendiri ada banyak sekali. Tapi 3 olahan di bawah ini adalah yang paling popular di kalangan masyarakat :
  • Tumis usus ayam

Tumis usus ayam merupakan salah satu olahan yang mudah dibuat dan pastinya lezat. Biasanya, tumis usus ayam ini bisa anda temukan sebagai lauk nasi kucing di angkringan.
  • Sata usus ayam

Usus ayam juga sangat sering dibuat menjadi sate, sebagai lauk soto, bubur ayam, atau nasi kucing, atau pun sekedar dinikmati seperti camilan. Sate usus ayam biasanya memiliki 2 macam rasa, yaitu rasa asin dan rasa pedas. 
  • Keripik usus ayam

Olahan satu ini, bisa anda temui hampir di setiap toko oleh-oleh khas daerah. Rasa gurih dan kerenyahan keripik usus ayam memang nikmat sekali disantap untuk menemani perjalanan. Usus ayam biasanya diolah dengan tepung ataupun tanpa tepung. Keripik usus ayam ini merupakan camilan favorit di Indonesia.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya