Tips Inovasi Rengginang Untuk Menarik Minat Konsumen

Tips Inovasi Rengginang Untuk Menarik Minat Konsumen – Camilan Nusantara


Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.  Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Rengginang sudah ada sejak jaman dahulu. Orang-orang jaman dahulu mengosumsi rengginang untuk dijadikan teman makan, seiring dengan perkembangan jaman, kini rengginang lebih sering dijadikan camilan dari pada teman makan nasi. Saat ini rengginang sudah cukup sulit, terutama di daerah perkotaan. Biasanya rengginang selalu tersaji saat ada acara hajatan, seperti sunatan, pernikahan, dan sejenisnya.

Berkurangnya pemproduksi rengginang dikarenakan banyak orang yang lebih tertarik untuk membuka usaha makanan kekinian yang disukai anak anak remaja. Padahal dari segi rasa, rengginang ini tidak kalah enak dari makanan kekinian lainnya, hanya saja terkadang bentuknya yang kurang menarik membuat minat konsumen untuk membeli rengginang ini berkurang.

Rengginang sebenarnya memiliki peluang usaha yang menguntungkan jika diolah dengan baik dan lebih kreatif. Dengan sedikit inovasi rengginang ini bisa menjadi snack jadul khas indonesia yang bisa mengalahkan ke tenaran makanan kekinian lainnya. Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk menambah minat konsumen untuk mencoba rengginang kekinian yang kita produksi?

1. Menambah aneka varian rasa.
Mungkin citarasa rengginang yang hanya asin saja sudah membosankan dimata konsumen. Oleh karena itu untuk membuat konsumen tertarik pada rengginang anda, anda bisa menambahkan varian rasa ke dalam rengginang. Contohnya seperti rengginnag terasi, udang, rumput laut, dan sebagainya.

2. Membuat bentu yang unik.
Bentuk yang unik bisa membuat siapa saja penasaran dan tertarik untuk membeli produk anda. seperti membuat rengginnag berbentuk bulat, kitak, spiral, dan lain sebagainya.

3. Kemasan yang menarik.
Selain varian rasa dan bentuk rengginang, hal utama yang perlu anda perbarui adalah kemasan. Pada dasarnya para konsumen terutama anak-anak remaja, cepat tertarik dengan kemasan yang unik dan menarik. Jika kemasan anda menarik, dengan melihat saja, mereka bisa langsung memutuskan untuk mencoba rengginang yang anda jual lho. Selain menarik pastikan kemasan rengginang tertutup dengan rapat supaya tidak cepat melempem dan akhirnya menurunkan kualitas rengginang.

4. Kualitas Rengginang.
Ketiga hal di atas adalah hal yang perlu lakukan untuk menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk anda. Namun hal terpenting untuk mempertahankan mereka supaya tetap menjadi pelanggan setia adalah kualitas rengginang. Pastikan rengginang yang anda jual tidak gosong atau melempem. Kualitas rengginnag yang anda jual harus benar-benar bagus supaya para konsumen anda tidak kapok membeli rengginang anda. Dan jika sudah mendapatkan konsumen tetap/pelanggan, pastikan anda untuk mempertahankan citarasa rengginang anda. Jangan sampai citarasanya menurun karena alasan-alasan yang tak jelas.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya