Telur Asin Oleh-Oleh Khas Daerah Brebes Yang Terkenal

Telur Asin Oleh-Oleh Khas Daerah Brebes Yang Terkenal – Camilan Nusantara



Brebes adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Lokasinya berada di penghujung Barat wilayah Jawa Tengah, menjadi penghubung antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Luas wilayahnya 1.902, 37 Km persegi, terdiri dari 17 kecamatan, 5 kelurahan dan 292 Desa,  dengan jumlah penduduk sekitar 1.732.719 jiwa.
Sebagai kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Cilacap, Brebes memiliki banyak tempat wisata alam yang tak kalah menakjubkan jika dibanding dengan wilayah Indonesia lainnya. Beberapa di antaranya ada taman Mangrove, lokasinya berada di Dusun Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes.  Agrowisata Kaligua, berlokasi  di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Waduk Malahayu, berlokasi di desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo. Kalibaya, berlokasi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem. Ranto Canyon, berlokasi di Gunung Tajem, Windu Asri, Kecamatan Salem. Bukit Baper, berlokasi di Desa Batursari Kecamatan Sirampog serta masih banyak yang lainnya.

Mata pencaharian penduduk Brebes mayoritas adalah petani dan nelayan. Berbahasa Jawa dan Sunda. Serta bersemboyan Brebes Berhias, yang maknanya Brebes bersih, hijau, indah dan asri.

Sebagai kota dengan penduduk mayoritas petani, Brebes merupakan penghasil bawang merah terbanyak di Indonesia. Bawang merah yang dihasilkan petani di kota ini sangat melimpah ruah. Oleh karenanya, kehidupan masyarakat Brebes sangat bergantung dari hasil bercocok tanaman tersebut. Jika harganya melonjak, maka makmur lah mereka. Dan jika harga jatuh, maka tak sedikit yang mengeluh sebab harus mengalami kerugian serta menanggung hutang besar.

Selain dikenal sebagai penghasil bawang merah, Brebes juga dikenal sebagai kota penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Telur asin yang dihasilkan memiliki berbagai varian rasa dan kualitas. Ada rasa klasik, bakar, asap juga varian rasa lainnya. Tak heran jika anda melewati wilayah ini, anda pasti akan menjumpai penjaja telur asin di sepanjang jalan.

Kota yang berada di wilayah Pantura ini memang memproduksi telur asin yang sebagian besar dibuat dari telur bebek pilihan. Nggak heran, jika kamu melintasi Kota Brebes, akan banyak pemandangan peternakan bebek atau itik, khususnya di kawasan wisata Pantai Randu Sanga.

Lalu bagaimana sih awal mula Brebes menjadi Kota Telur Asin yang sangat terkenal? Jadi begini ceritanya. Peternakan bebek atau itik di Brebes memproduksi banyak sekali telur setiap harinya. Untuk mengawetkan telur agar masa konsumsinya bisa lebih panjang, para peternak menggunakan metode pengasinan. Selain itu, cara ini ternyata sukses menghilangkan aroma amis, terutama pada telur itik. Yah, telur itik dan telur bebek memang terkenal lebih amis daripada telur ayam. Akhirnya metode inilah yang dipakai oleh hampir seluruh peternak yang ada di wilayah Brebes. Tak disangka, justru ide ini yang menjadi ujung tombak produksi massal telur asin di Brebes.

Nah, bagaimana sih awal mula peternak Brebes berkenalan dengan telur asin? Ternyata, telur asin pertama kali diperkenalkan oleh suami-istri asal China bernama In Tjiau Seng dan Tan Polan Nio, sekitar tahun 1950. Pada masa itu, telur asin adalah makanan yang eksklusif lho, karena diproduksi terbatas dan kebanyakan dijual ke Jakarta.

Lambat laun, produksi telur asin ini semakin menyebar dan laris. Pasangan inipun memperkerjakan para pekerja untuk membantunya. Hingga akhirnya sang pekerja ini keluar dan membuat produksi telur asin sendiri berbekal ilmu yang didapatkannya selama bekerja di tempat Tjiau dan Tan. Telur asin pun dijual tak hanya ke Jakarta tetapi ke daerah Brebes dan sekitarnya, dan tersohor hingga saat ini.

Pembuat telur asin lainnya dari daerah Brebes yang juga terkenal adalah pasangan Tjoa Kiat Hien dan Niati. Merk telur asinnya adalah cap Tjoa dan menjadi favorit banyak orang.

Kalau kamu mampir ke daerah Brebes dan ingin membeli oleh-oleh telur asin, silakan mampir ke wilayah Kecamatan Wanasari, Jalan Pemuda, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenderal Sudirman. Di sana kamu bisa memilih aneka variasi telur asin, mulai dari yang mentah, matang, telur asin bakar hingga telur asin aneka rasa.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya