Tahap Persiapan Membuka Usaha Keripik Sayur Bagi Pemula

Tahap Persiapan Membuka Usaha Keripik Sayur Bagi Pemula – Camilan Nusantara


Di Indonesia, keberadaan dan keanekaragaman sayuran sangat melimpah. Sayur merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang baik buat tubuh. Sayur juga menjadi salah satu bahan makanan yang sangat penting untuk kita konsumsi setiap harinya. Tapi sayangnya, meskipun mempunyai kandungan gizi yang tinggi, banyak juga orang yang kurang bahkan tidak suka mengkonsumsi sayur-sayuran dengan alasan yang beragam. Biasanya sayur dimasak dengan cara direbus, dikukus atau ditumis. Namun kini dengan berbagai kreatifitas, sayurpun bisa diolah menjadi keripik yang renyah nan gurih.

Keripik sayur merupakan makanan ringan yang banyak digemari oleh masyarakat. Ada beberapa jenis yang selalu laris dijual di pasaran, seperti keripik bayam, keripik wortel, keripik kentang, dan masih banyak lainnya. Selain rasanya yang gurih dan renyah, aneka keripik sayur ini juga mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, jadi aman untuk kita konsumsi sehari-hari. Keripik sayur ini juga jadi bisa lebih tahan lama dan awet sampai berminggu-minggu.

Karena kelezatannya, keripik sayur ini disukai oleh banyak orang. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi anda yang ingin membuka usaha keripik. Tentu saja peluang usaha keripik sayur ini akan sangat menguntungkan jika anda bisa mengolahnya dengan tepat. Usaha keripik sayur ini sebenernya cukup mudah untuk dijalankan siapa saja yang ingin mencobanya, namun sebelum itu anda perlu mengetahui beberapa tahapan sebelum membuka usaha keripik sayur ini. Simak ulasan berikut.
Tahap Persiapan Membuka Usaha Keripik Sayur Bagi Pemula :

1. Menentukan Target Pasar 
Penentuan target ini dibutuhkan bagi Anda yang baru mulai menjalankan bisnis keripik sayur. Sasaran yang dituju harus sesuai dengan kapasitas produksi keripik sayur.
Misalnya Anda ingin memproduksi keripik sayur untuk bisa ditawarkan di supermarket maupun di swalayan, tentu ukuran keripik sayurnya harus lebih besar karena fokus untuk memasarkan kalangan menengah atas.
Tapi kalau sasaran Anda adalah kalangan menengah bawah, tentu Anda juga harus menyesuaikan harga yang murah dengan bentuk yang sederhana.

2. Pemilihan Bahan Baku
Untuk membuat keripik sayur ini tentu Anda harus menyesuaikan dengan musim yang ada. Penyesuaian terhadap musimnya ini tentu akan mengehmat biaya bahan baku maupun produksi.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mengenai pemilihan kualitas sayur yang baik. Sebaiknya pilih sayur yang masih fresh atau segar pada saat membuat keripik sayur, karena dengan kualitas sayur yang baik tentu akan menghasilkan keripik sayur yang berkualitas tinggi.

3. Produksi Keripik Sayur
Tahapan produksi sayur menentukan hasil akhir dari rasa keripik sayur. Dalam tahapan ini harus benar-benar dijaga agar prosesnya mampu menjaga kualitas produk keripik sayur yang Anda buat. Setelah pemilihan sayur dengan kualitas yang baik dan fresh, kemudian sayur dibersihkan dari segala macam kotoran maupun bagian yang tidak bisa dimakan. Setelah itu berlanjut ke proses pencucian, sebaiknya sayur dicuci dengan air yang mengalir agar terbebas dari kotoran yang masih melekat pada sayur.

4. Pengemasan Keripik Sayur
Keripik sayur yang sudah jadi bisa langsung dikemas dengan menggunakan mesin pengemasan. Dalam pengemasan ini juga diperlukan tampilan yang menarik, bagus, dan bersih. Jangan lupa untuk mencantumkan brand produk keripik sayur Anda pada kemasan. Dan akan lebih baik menggunakan kemasan plastik yang lebih tebal untuk mempertahankan kualitas keripik sayur yang akan anda jual.

5. Pemasaran Keripik Sayur
Anda bisa melakukan strategi pemasaran dengan pemanfaatan berbagai sarana yang ada baik melalui cara online maupun offline. Misalnya Anda bisa menawarkan produk keripik sayur kepada keluarga, saudara, teman, tetangga, dan lainnya.
Selain itu, Anda juga bisa memasarkan dengan cara menitipkan ke toko, warung, supermarket, minimarket, swalayan, mall, maupun toko oleh-oleh. Pemanfaatan akses internet juga bisa Anda gunakan dalam mempromosikan bisnis keripik Anda, misalnya dengan membuat toko online melalui website ataupun sosial media.
Dalam memasarkan produk keripik sayur ini, Anda juga tidak boleh lupa untuk menentukan harga jual yang ada. Sebelum menentukan harga jual, Anda juga harus melihat kisaran harga yang ada di pasaran. Jangan menjual harga terlalu tinggi atau terlalu rendah, gunakan harga yang pas dan seimbang dengan modal yang dibutuhkan.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya