Resep & Peluang Usaha Rengginang Terasi Bagi Pemula

Resep Serta Peluang Usaha Rengginang Terasi Bagi Pemula – Camilan Nusantara


Rengginang merupakan camilan khas yang popular dikalangan masyarakat. Rengginang terbuat dari beras yang sudah di masak dan dicampur dengan beberapa bumbu kemudian dijemur hingga kering, lalu di goreng dan dipasarkan. Salah satu rengginang yang disukai masyarakat adalah rengginang terasi.

Rengginang ini sering dijadikan sebagai teman santai bersama keluarga dirumah. Rengginang terasi memiliki aroma yang begitu khas dan menggoda. Oleh karena itu rengginang terasi digandrungi banyak orang. Rengginang terasi banyak dijumai di berbagai penjual oleh-oleh maupun disupermarket. Rengginang terasi dijual dengan harga yang terjangkau. Rengginang terasi mudah dibuat dan bahan-bahan juga mudah didapat. Anda bisa mencoba membuat rengginang terasi dirumah atau bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Potensi usaha rengginang terasi yang bagus ini memang patut diperhitungkan. Peluang usaha rengginang terasi patut dicoba dijalankan. Usaha rengginang terasi begitu menguntungkan dan menjanjikan. Jika Anda tertarik menjalankan usaha rengginang terasi, mari simak beberapa hal berikut ini.

Menyiapkan bahan baku dan peralatan usaha
Usaha rengginang terasi dapat dijalankan dengan mempersiapkan segala kebutuhan bahan. Mulai dari bahan baku hingga semua peralatan yang dibutuhkan. Dua hal tersebut sangat penting untuk proses prosuksi rengginang terasi. Tanpa keduanya proses produksi tidak akan berjalan. Dan anda perlu memerhatikan kualitas bahan baku yang akan anda gunakan. Untuk menghasilkan hasil terbaik, anda harus memastikan bahan-bahan yang anda gunakan berkualitas baik semua.

Konsumen usaha
Dalam menentukan konsumen usaha rengginang terasi memang perlu diperhatikan. Konsumen usaha rengginang terasi memang bisa didapatkan dengan mudah. Camilan rengginang terasi banyak disukai semua kalangan sehingga konsumen usaha rengginang terasi tak terbatas. Konsumen usaha ini mulai dari kalangan anak kecil, remaja hingga orang tua.

Lokasi  usaha
Agar usaha rengginang terasi bisa berjalan denga maksimal maka cobalah memilih lokasi usaha yang strategis. Anda bisa mencoba menjalankan usaha rengginang terasi dengan memiliki lokasi yang keberadaannya sering dilewati masyarakat luas. Dengan memilih lokasi yang berada di kawasan yang ramai maupun strategis maka membuat produk rengginang terasi yang dijual bisa mudah diketahui masyarakat luas. Sebenarnya usaha rengginang terasi bisa dijalankan dimana saja, asalkan mudah dijangkau konsumen. Produk rengginang terasi ini juga bisa dititipkan di berbagai warung, toko, pusat oleh-oleh  maupun supermarket.

Penentuan harga jual
Dalam menentukan harga jual rengginang terasi memang sangat penting diperhatikan. Pematokan harga rengginang terasi jangan terlalu mahal namun juga jangan terlalu murah. Sebaiknya lakukan survey pasar telebih dahulu unutk mendapatkan harga jual yang tepat dan sesuai keinginan.

Promosi usaha
Supaya usaha rengginang terasi berjalan sesuai keinginan, maka perlu melakukan promosi. Walaupun produk rengginang terasi memiliki peminat yang begitu besar namun juga perlu dilakukan promosi. Hal ini dikarenakan supaya nantinya bisa mencapai target sasaran yang dituju. Promosi bisa dilakukan dengan cara membuat kualitas serta cita rasa rengginang terasi yang pas sehingga banyak diminati masyarakat. Berikan label pada kemasan produk renginang terasi sehingga akan lebih mudah dikenal masyarakat. Promosikan usaha rengginang terasi dengan memanfaatkan jejaring sosial sehingga bisa lebih luas diketahui semua orang.

Resep Membuat Rengginang Terasi
  • Bahan Yang dibutuhkan :
  • 250 gram beras ketan
  • Air (kurang lebih 100 ml)

Bahan Untuk Bumbu :
  • Garam (secukupnya)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt terasi bakar (haluskan)

Cara Membuat :
  1. Rendam beras ketan kira-kira selama 30 menit. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci untuk mengukus ketan yang sudah ditiriskan. Kukus beras ketan kira-kira selama 15 menit. Jika sudah, angkat beras ketan dan sisihkan sebentar.
  3. Di panci berbeda, rebus air dan tambahkan garam, bawang putih serta terasi. Rebus semua bahan ini hingga larut dan air mendidih.
  4. Ketika air sudah mendidih, masukkan beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sambil diaduk hingga air asat (cukup kering).
  5. Selanjutnya, kukus lagi beras ketan yang telah direbus hingga matang dan ketan empuk. Jika sudah, angkat dan cetak ke dalam loyang.
  6. Anda bisa mencetak rengginang dengan bentuk bulat, kotak atau segitiga dan sesuai selera.
  7. Jemur rengginang di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Biasanya, bila matahari terik rengginang ini bisa kering hanya dalam satu hari saja.
  8. Jika rengginang sudah kering dan suhunya dingin,anda dapat menggorengnya. Goreng rengginang hingga warnanya kuning kecokelatan dan sajikan untuk keluarga tercinta.




Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya