Resep Rahasia Kerupuk Rantai Yang Simple, Mudah, Dan Praktis

Resep Rahasia Kerupuk Rantai Yang Simple, Mudah, Dan Praktis – Camilan Nusantara


Kerupuk rantai adalah kerupuk putih atau dikenal kerupuk kampong atau kerupuk uyel, seperti mie keriting terbuat dari tepung tapioka dicampur tepung terigu, pada umumnya berwarna putih, ada juga yang membuat aneka variasi warna, seperti warna kuning, hijau dan pink untuk daya tarik tapi tetaplah yang berwarna putih yang lebih laris yang disukai oleh pembeli karena tidak menggunakan zat pewarna makanan, lebih asli, untuk aneka rasa biasanya dengan penambahan rasa ikan asli, udang, bawang dan seledri.

Dinamakan kerupuk ranting karena bentuknya seperti ranting yang berputar-putar. Kerupuk ranting ini sasering dinikmati sebagai pelengkap makan soto ayam dan soto daging, lontong kari, resep sate ayam dan, sate kambing, sate daging sapi, resep bakso sapi, resep mie kocok, resep mie jawa, resep mie godhog, mie tek tek, serombotan, resep lotek, gado-gado, ketoprak, rujak, ketupat sayur, tipat tahu, plecing kangkung, enak juga dimakan bersama nasi putih dan sayur atau gulai, dll. Pokoknya cocok dimakan bersama makanan apapun, dan ditambah sambel akan semakin nikmat, emmm.

Kerupuk rantai ini biasanya disediakan dengan kemasan kaleng atau bungkus plastik di rumah makan padang, warteg, dan rumah makan sunda, dll. Untuk ukuran bermacam-macam dibuat oleh pabrik kerupuk dari ukuran kecil, sedang sampai yang besar jumbo. Daerah penghasil kerupuk enak dan terkenal adalah sentra kerupuk Ciamis bermacam-macam aneka kerupuk di produksi disini, selain itu ada juga di daerah Jawa, Sumatera, Bali, dll, memang kebanyakan yang memproduksi kerupuk ini adalah orang Jawa dan Sunda, karena mereka yang punya resep aslinya, jika Anda ingin membuat sendiri atau bikin kerupuk sendiri mudah dan praktis untuk skala rumahan silahkan coba. Berikut Resep Rahasia Kerupuk Rantai yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis juga bisa.

Resep Kerupuk Rantai Jumbo
Bahan yang diperlukan  :
  • 500 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung terigu
  • 125 ml air
  • 20 gram garam
  • 15 gram bawang putih
  • 15 gram gula pasir
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :
  1. Tumbuk dan goreng bawang putih. Dinginkan dan campur dengan garam, gula pasir dan penyedap rasa.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan terigu. Tuang air sambil diuleni hingga kalis. Tambah pewarna jika suka.
  3. Cetak berbentuk bulat keriting (uyel-uyel) dengan cetakan berlubang kecil-kecil.
  4. Kukus hingga matang, kurang lebih 15-25 menit.
  5. Jemur hingga kering di bawah panas matahari.
  6. Panaskan minyak, goreng hingga matang.
  7. Angkat, tiriskan dan sajikan.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya