Resep Manisan Rosella Yang Sehat Dan Segar

Resep Manisan Rosella Yang Sehat Dan Segar – Camilan Nusantara


Bunga rosela adalah bunga yang berasal dari benua Afrika dengan nama latin Hibiscus sabdariffa. Di Indonesia, bunga rosela dikenal juga dengan nama bunga rosella atau asam paya. Di negara lain, rosella memiliki nama lain seperti pundi, gongura, dagu baung, kreajab, wonjo, sorrel, luo shen hua, omutete, flor de jamaica, karkade, dan lainnya. Olahan berbahan dasar bunga rosella yang paling terkenal adalah the bunga rosella. Namun tahukah kamu, jika bunga rosella ternyata juga bisa diolah menjadi manisan yang segar dan lezat loh. 

Biasanya manisan terbuat dari macam-macam buah. Fungsi manisan sendiri adalah untuk menjadikan buah supaya menjadi lebih awet. Manisan memiliki dua jenis, yaitu manisan basah dan manisan kering. Biasanya manisan basah dinikmati sebagi dessert atau makanan penutup, sementara manisan kering biasanya dijadikan sebagai camilan di waktu santai. 

Hampir semua kalangan suka akan manisan buah, pada kesempatan kali ini akami akan membahas mengenai cara membuat manisan dari Bunga rosella tentunya rasa yang nikmat dan menyehatkan, ya bunga rosella dengan nama latinya Hibiscus Sabdarida adalah salah satu jenis bunga yang kaya akan kandungan anti oksidan tinggi jika di bandingkan dengan tumbuhan kumis kucing. 

Asal usul dari Rosella sendiri berasal dari Timur Tengah dan timur Tengah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh beberapa manfaat seperti, mampu menetralkan racun dalam tubuh, Menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes, Anti Kanker, melancarkan pencernaan, Mencegah osteoporosis dan sangat baik perkembangan anak karena kaya akan DHA dan Omega 3.  Selain itu pada bunga rosella kaya akan Vitamin C, B, D, Vitamin A, B12, Iron, Potasium, Asam Esensial dan Beta Caroteen dalam setiap 100 gramnya. Nah setelah kita mengetahui asal usul dan manfaat kesehatan dari bunga Rosella, Tidak usah berlama-lama lagi, langsung kita intip Resep membuat manisan rosella saja yukk.

Bahan yang di perlukan :
  • Bunga Rosella 3 Kg
  • Gula pasir 1 Kg


Cara Membuat :
  1. Pisahkan Buga Rosella dari biji dan kelopaknya
  2. Selanjutnya bunga rosella berulang kai sampau benar benar bersih, tujuannya untuk menghilangkan bulu yang melekat pada bunga tersebut
  3. Masukan kedalam panci dan rebus sampai mendidih, ingat agar dalam tahap ini jangan terlalu lama, asal sudah kelihatan layu matikan apinya dan tiriskan
  4. Setelah ditiris masukkan gula pasir dan aduk secara perlahan sampai rata
  5. Jemur dibawah terik matahari selama 12 jam
  6. Nah manisan bunga rosella siap untuk dinikmati, atau simpan pada wadah tertutup agar manisannya dapat bertahan lama.


Manisan Bunga Rosella adalah salah satu cemilan sehat tentunya anda dapat mengolah dan meraciknya sendiri dirumah, akan tetapi untuk penderita sakit diabetes agar tidak terlalu banyak mengonsumsi manisan ini, hal ini dikarenakan bahannya berasal dari gula dan hal demikian dapat memicu kadar gula. Selamat mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya