Resep Kue Monas Jaman Dulu Yang Enak Dan Manis

Resep Kue Monas Jaman Dulu Yang Enak Dan Manis – Camilan Nusantara


Ingat dengan kue manis yang satu ini? Kue monas atau kue bunga gem ini termasuk kue jaman dulu yang masih eksis sampai sekarang. Bentuknya bulat mungil, dengan toping gula dingin warna-warni yang cerah, hijau, biru, kuning, pink, putih, coklat, dll. Rasa kue ini renyah manis. Di setiap daerah kue ini memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang memanggilnya kue monas, di Bandung dipanggil kue kancing, gem rose, di Jogja, Yogyakarta disebut kue udel, di Bogor disebut kue kembang gula atau kue gula, di Solo, Surakarta, Jawa Tengah dinamai kue cuplis, kue unyil bangjo di Klaten, kue ulang tahun (mayestik), gem bunga, parem kembang di Pekalongan, kue kering, kukis monas (monas cookies), kue batu cincin, biskuit (biscuit), hingga Iced Gem biscuits di United Kingdonm Inggris (UK), Ada juga yang menyebutnya kukis monas. Apapun nama dari kue kering tradisional ini tetap menjadi kenangan indah masa kecil kita semua semasa Sekolah dasar dulu SD. Kalau sejarah asal usul mula kue ini belum jelas siapa yang menciptakannya dan siapa yang membuatnya pertamakali dan aslinya dari daerah mana.
Kue monas ini ini paling disukai oleh anak-anak. Biasanya anak-anak hanya memakan bagian atas atau monasnya saja karena rasanya yang manis. Siapa yang dulu juga begitu?? 

Nah sekarang kami akan membagikan resep membuat kue monas kepada sahabat camil, supaya bisa bernostalgia dengan masa lalu, hehe. Selain itu kue monas ini juga bisa dijadikan camilan ketika santai ataupun ketika perayaan hari besar seperti lebaran. Yuk langsung simak resepnya saja.

Bahan yang di perlukan :
  • 300 gram mentega
  • 100 gram gula bubuk
  • 4 butir kuning telur
  • 500 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdt ekstrak vanilla

Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis-tipis. Panaskan oven 140 derajat celcius.
  2. Kocok mentega dan gula bubuk sampai lembut. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai tercampur rata. Masukkan terigu, maizena dan vanilla. Aduk rata sampai bisa dibentuk. Bila adonan masih lunak, tambahkan terigu 1-3 sdm.
  3. Gilas adonan setebal 5mm, cetak bentuk bunga. Susun dalam loyang, panggang kurang lebih 20 menit atau sampai keemasan. Keluarkan, dinginkan di atas rak. Kukis siap dihias. Selamat Mencoba 



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya