Resep Kue Jadul Yang Sederhana, Kue Sagon

Resep Kue Jadul Yang Sederhana, Kue Sagon – Camilan Nusantara


Kue sagon adalah kue kering dari olahan tepung beras ketan yang diberikan dengan campuran kelapa. Kue sagon termasuk kedalam jenis makanan ringan yang lezat dan enak dikonsumsi kapan saja. Kue Sagon adalah salah satu hidangan kue yang biasanya selalu identik dengan hari-hari besar seperti hari raya lebaran, hari raya natal, hari raya waisak, dan lain sebagainya.

Kue Sagon memiliki cita rasa yang manis, gurih dan renyah sewaktu digigit. Apalagi citra manis dan harum dari kelapa membuat kue sagon tak pernah kehabisan pecintanya. Asal mula  kue sagon  belum diketahui persis dari mana asalnya, ada sebagian yang mengatakan kue sagon ini berasal dari pulau Jawa dan sebagian lain ada yang mengatakan kue ini bersal dari beberapa daerah di Indonesia. Namun darimanapun asalnya, kita patut bersyukur Indonesia mempunyai kue kering tradisional yang memiliki rasa yang begitu nikmat.

Pembuatan kue sagon sendiri umumnya begitu sederhana dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue sagon begitu mudah dan umum dijumpai sehingga cukup mudah bagi anda yang ingin mencoba membuat kue sagon dirumah, Nah, tanpa menunggu lama lagi Yuk, kita praktek cara membuat kue sagon berikut ini.

Cara Membuat Kue Sagon Variasi Ke-1

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • kelapa parut 500 gram
  • tepung ketan 150 gram
  • vanila bubuk 1/2 sdt
  • air 60 ml
  • garam 1/2 sdt
  • margarin 50 gram
  • gula pasir 100 gram

Cara Membuat :
  1. Langkah Awal, sangrai terlebih dahulu tepung ketan selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan api sedang.
  2. Selanjutnya, parut kelapa kemudian sangrai juga kelapa yang baru saja diparut hingga kering, setelah kering sisihkan terlebih dahulu.
  3. Lalu campurkan kelapa parut kering dengan tepung ketan, garam, gula pasir, vanila, air serta margarin kemudian aduk hingga merata.
  4. Setelah itu siapkan cetakan kue sagon dengan bentuk sesuai dengan selera, Kemudian panggang kue sagon dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 160 derajat selama kurang lebih 15 hingga 20 menit atau hingga matang. Setelah matang angkat, dinginkan dan sajikan.


Bila Anda Ingin mencoba Kue Sagon dengan variasi yang lain Anda dapat sekaligus mencoba membuat kue sagon dengan resep yang berbeda, agar Anda bisa merasakan mana resep kue sagon yang cocok dengan selera Anda, berikut cara membuat kue sagon variasi ke 2

Cara Membuat Kue Sagon Variasi Ke-2
Untuk proses pembuatan kue sagon variasi 2 secara tahap demi tahap hampir sama dengan pembuatan kue sagon yang pertama. Seperti pembuatan adonan dicetak kemudian dipanggang. Langsung praktek membuat kue sagon gurih panggang yukk.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • kelapa parut 500 gr
  • tepung ketan 130 gr
  • 65 gr margarine
  • gula pasir 120 gr
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • air bersih 65 ml

Cara Membuat:
  1. Pertama – tama sangrai tepung ketan dengan suhu sedang didalam wajan sampai 8 menit.
  2. Kemudian sangrai juga kelapa parut dengan suhu sedang sekitar 8 menit.
  3. Selanjutnya campurkan dalam satu wadah, bahan -bahn seperti gula pasir, tepung ketan, vanili, kelapa parut dan juga garam.
  4. Lalau aduk semua bahan yang dicampur tersebut hingga tercampur rata.
  5. Berikutnya tuang secukupnya air pada wadah yang berisi campuran bahan tadi.
  6. Uleni dengan tangan hingga kalis.
  7. Masukkan secukupnya adonan dalam cetakkan  kue sagon dan cetak hingga selesai.
  8. Setelah itu masukan dalam oven dan panggang hingga matang atau sekitar 15 menit.
  9. Keluarkan dan simpan pada piring saji sisanya masukkan ketoples kedap udara. Selesai.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya