Resep Keripik tempe untuk bisnis IRT Yang Menguntungkan

Resep Keripik tempe untuk bisnis IRT Yang Menguntungkan – Camilan Nusantara


Keripik tempe dengan sensasi kriukk dan renyah nya seringkali membuat kita tidak bisa berhenti untuk terus menikmatinya. Cita rasanya yang kaya akan rempah, gurih dan garing menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari keripik tempe goreng. Karena sensasi menggelitik dari keripik tempe, membuat makanan ringan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di beberapa kota di Indonesia.

Keripik Tempe adalah jenis makanan ringan berbahan tempe kedelai yang digoreng kering dengan irisan tipis dan di campur bumbu rempah dan bahan-bahan lainnya. Tempe sendiri merupakan olahan kedelai yang dalam sejarahnya berasal asli dari Indonesia. Itu berdasarkan pada beberapa penemuan kuno di tanah Jawa. Maka tak aneh lagi jika industri tempe kedelai banyak berada di daerah Jawa.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, keripik tempe kedelai dengan cita rasa enak gurih yang membuat banyak orang ketagihan ini, pasti membuat banyak orang berpikir kalau membuat keripik tempe dirumah itu sulit? Jangan salah disini kami akan memberikan step step lengkap dengan cara membuat tempe kedelai hingga menjadi keripik tempe super garing yang crispy gurih untuk anda. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Keripik Tempe yang pastinya mudah untuk di praktekan dirumah. Simak dan jangan sampai terlewatkan satu bahanpun ya.

Cara membuat tempe & keripik tempe

Bahan Membuat Tempe :
  • Kedelai putih 1kg
  • Ragi 1 sendok teh
  • Tepung sagu/tapioka 1kg

Cara Membuat Tempe Kedelai :
  1. Langkah awal, cuci bersih kedelai.
  2. Kemudian direbus selama 45 menit, buang air rebusan ganti air baru. Lalu, rendam selama 12 jam.
  3. Selanjutnya itu cuci bersih sambil diremas agar kulit kedelainya terkelupas.
  4. Jika kedelai sudah bersih, kukus selama 15 menit. Lalu angin-anginkan.
  5. Bila kedelai sudah hangat kuku masukan ragi tempe dan tepung sagu, aduk hingga rata.
  6. Masukkan kedalam plastik sambil ditekan agar padat(tujuannya agar nanti setelah menjadi tempe gampang diiris dan tidak mudah hancur)
  7. Setelah semua selesai dibungkus, tusuk tusuk plastik menggunakan tusuk gigi atau garpu.
  8. Eram didalam kardus dan tutup dengan kain bersih (ini bertujuan agar prosses peragian berjalan sempurna).
  9. Diamkan selama 24 jam.
  10. Setelah jadi tempe diiris-iris tipis dengan alat pemotong keripik ataupun manual dengan pisau tajam, sisihkan.

Bahan Pencelup Keripik :
  • Tepung beras 1/4 kilo gram
  • Bawang putih kating 5 siung
  • Kencur 2 ruas
  • Kemiri 5 butir
  • Daun jeruk 2 lembar
  • ketumbar bubuk 1 bungkus
  • Kaldu bubuk 2 bungkus
  • Garam secukupnya
  • Air 1 liter

Cara Membuat Adonan Pencelup :
  1. Blender bawang putih, kencur, kemiri dan daun jeruk.
  2. Setelah halus masukan bumbu kedalam wadah yang berisi tepung beras.
  3. Masukan ketumbar bubuk dan garam, lalu masukan air sambil terus di aduk hingga rata.
  4. Adonan siap di gunakan untuk bahan pencelup keripik tempe.

Cara Membuat Keripik Tempe :
  1. Siapkan minyak goreng cukup banyak dan panaskan di atas api sedang, setelah minyak panas celupkan satu persatu tempe ke dalam adonan pencelup dan langsung masukan ke dalam minyak.
  2. Goreng tempe berbubu sampai kering dan sedikit berwarna kecoklatan.
  3. Angkat dan tiriskan.

Tips :
* Jangan merendam tempe yang sudah di iris ke dalam adonan pencelup karna ini akan membuat tempe menjadi lengket satu dengan lainnya.

Peluang untuk bisnis keripik tempe saat ini terbilang sangat prospektif dengan respon positif oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha keripik tempe sudah menjadi suatu pilihan usaha olahan tempe yang menguntungkan, jadi semakin banyak orang yang tertarik untuk menekuni usaha ini.

Usaha keripik tempe menjadi suatu usaha camilan lezat yang menyajikan cita rasa yang nikmat, gurih dan menggoda, serta peminatnya juga sangat tinggi. Nah jumlah peminatnya yang lumayan banyak ini menjadikan usaha keripik tempe sebagai salah satu usaha berpotensi bagus dan juga cemerlang.

Selain itu, usaha keripik tempe ini juga tidak mengenal waktu dan juga musim, sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dijalankan di waktu kapanpun dan oleh siapapun. Keripik tempe saat ini mulai semakin dicari oleh banyak orang sebagai kudapan yang lezat dan juga menarik, jadi usaha keripik tempe ini laris manis di pasaran.

Selain itu, untuk mengembangkan bisnis keripik tempe anda, anda bisa menambahkan beberapa varian rasa balado, barbeque, keju, pedas manis, jagung bakar, pedas level dan aneka macam rasa lain. Nah, bagi anda yang masih bingung harus mencari aneka macam bumbu, anda dapat membeli bumbu bubuk ke www.camilannusantara.co.id atau hub WA : 0878-5295-2906 / Call : 0851-0126-4426. Kami menyediakan berbagai aneka macam snack dan bumbu tabur.

Bagi ibu rumah tangga yang melihat peluang usaha disekitar rumah, silahkan berkreasi dengan Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan ini. Saat ini banyak loh ibu rumah tangga yang sukses dengan usaha keripik tempenya. Bahkan sampai memiliki beberapa karyawan yang membantu untuk menjalankan usaha keripik tempe homemade nya. Untuk keripik tempe asin gurih rasa original hasil industri rumahan biasanya dijual per bungkus dengan harga Rp 8.000.- hingga Rp 10.000,-.

Agar tidak rugi dan menambah penghasilan remahan dari keripik tempe atau keripik tempe rijeck nya dijual dengan harga setengahnya dari harga keripik tempe bagus. Dengan ini tak ada lagi keripik tempe sisa, jadi semua dapat dijual dan mengahasilkan uang. Jika anda konsisten menjalankan bisnis keripik tempe rumahan ini, tak menutup kemungkinan keripik tempe anda akan terkenal dan memiliki brand yang di kenal oleh masyarakat.

Untuk anda yang sekedar hobi dengan keripik tempe, anda dapat mencoba membuat Resep Keripik Tempe Untuk Usaha Rumahan ini sebagai camilan murah meriah nan lezat dirumah. Selamat Mencoba.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya