Proses Pembuatan Sale Pisang Manis Dan Gurih

Proses Pembuatan Sale Pisang Manis Dan Gurih - Camilan Nusantara


Sudah menjadi teori umum bahwa buah-buahan yang merupakan bahan pangan sumber vitamin, Selain buahnya yang dimakan dalam bentuk segar, daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya daun pisang untuk makanan ternak, daun pepaya untuk mengempukkan daging dan melancarkan air susu ibu (ASI) terutama daun pepaya jantan.

Karakteristik buah yaitu warna buah cepat sekali berubah oleh pengaruh fisika misalnya sinar matahari dan pemotongan, serta pengaruh biologis (jamur) sehingga mudah menjadi busuk. Oleh karena itu pengolahan buah untuk memperpanjang masa simpannya sangat penting. Buah dapat diolah menjadi berbagai bentuk minuman seperti anggur, sari buah dan sirup juga makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan Sale Pisang Gulung Mini.

Sale Pisang sudah tidak asing lagi bagi orang indonesia, tapi siapa sangka camilan yang satu ini membuat orang yang memakannya ketagihan. Sale Pisang adalah makanan olahan dari pisang yang sudah matang, kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering agar kadar airnya berkurang dan bisa bertahan lebih lama.
Pisang dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu :
1) Pisang yang dimakan dalam bentuk segar, misalnya : pisang ambon, raja sere, raja bulu, susu, seribu, dan emas.
2) Pisang yang dimakan setelah diolah terlebih dahulu, misalnya : pisang kepok, nangka, raja siam, raja bandung, kapas, rotan, gajah, dan tanduk.

Pisang banyak mengandung protein yang kadarnya lebih tinggi daripada buah -buahan lainnya, namun buah pisang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan pengawetan, misalnya dalam bentuk keripik, dodol, sale, anggur, dan lain-lain. Sale Pisang Gulung Mini merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale Pisang dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu Sale Pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale Pisang yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Nah, lalu bagaimana cara membuat sale pisang yang enak dan manis? Mau tau caranya? Simak resep berikut yukk..

Proses Pembuatan Sale Pisang Gulung
  1. Iris pisang matang yang sudah kamu siapkan, jangan tipis tipis seperti membuat keripik pisang, karena akan sulit sekali nantinya.
  2. Sebaiknya satu pisang iris menjadi beberapa bagian, jangan juga terlalu tebal. Nanti keringnya akan lama dan akan sulit ketika nanti digulung. 
  3. Setelah di iris, jemur pisang di bawah sinar matahari sekitar 4 hingga 5 hari. jangan lupa di bolik balik dan ketika sore hari di masukan ke rumah.
  4. Setelah proses penjemuran selesai, langkah selanjutnya adalah proses penggorengan. sebelum digoreng siapkan tepung terigu secukupnya.
  5. Buatlah adonan yang sedikit encer. jika suka manis bisa tambahkan gula, meskipun sebenarnya sale pisang ini sudah manis.
  6. Celupkan irisan pisang yang sudah dijemur ke adonan, dan gabungkan ujung dan ujung pisang sehingga membentuk gulungan. 
  7. Lalu goreng pada minyak yang sudah panas. Goreng hingga warna adonan yang menempel pada pisang keemasaan. Lalu angkat dan tiriskan.
  8. Sale Pisang Gulung Mini siap dinikmati.



Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya