Ingin Membuka Bisnis Keripik Kentang, Ini Gambarannya

Membuka Bisnis Keripik Kentang, Ini Gambarannya – Camilan Nusantara


Snack berbahan kentang merupakan salah satu cemilan yang digemari di seluruh dunia. Rasanya yang renyah dan gurih menjadikan keripik kentang cukup populer di semua kalangan masyarakat. Saat ini, hampir di setiap negara terdapat produk cemilan berbahan baku kentang, termasuk di Indonesia. Pangsa pasar yang besar, menjadikan peluang usaha memproduksi dan menjual snack kentang masih terbuka lebar.

Meskipun saat ini di pasaran telah banyak tersedia produk keripik kentang yang bermerek, namun kualitas serta kreativitas rasa yang unik dapat menjadi senjata andalan untuk menarik minat pasar. Lantas bagaimana cara untuk memulai usaha keripik kentang yang unik dari yang lain? Simak ulasan dibawah ini yuk.

Berkreasi Menciptakan Produk Keripik Kentang yang Enak
Langkah awal sebelum anda terjun menggeluti usaha keripik kentang ini adalah berkreasi menciptakan produk keripik kentang yang unik serta memiliki rasa yang mudah diterima dimasyarakat. Anda bisa berkreasi dengan membuat keripik kentang berbagai bentuk dan rasa. Seperti anda bisa membuat keripik kentang dengan bentuk spiral, segitiga, dan lainnya dan memberikan rasa yang berbeda pada setiap bentuk keripik kentangnya.

Contoh resep sederhana membuat keripik kentang :
Siapkan 4-5 buah kentang yang telah dikupas dan dipotong tipis-tipis (bisa beda-beda bentuk). Siapkan dua gelas larutan air hangat dengan menambah cincangan bawang putih satu siung bersama garam sekitar satu sendok makan. Rendam irisan kentang tersebut selama 20-30 menit. Setelah ditiriskan, goreng kentang pada minyak panas bersuhu +150⁰C. kemudian angkat dan beri bumbu perasa yang berbeda pada setiap bentuk keripik kentang.

Menyiapkan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan
Setelah anda berhasil menciptakan resep produk snack kentang yang enak, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan peralatan usaha. Pilihlah kentang serta bahan-bahan tambahannya yang memiliki kualitas baik. Seperti yang anda ketahui, bahan-bahan yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas pula. Contohnya kentang yang baik untuk bahan keripik adalah jenis granola dan tes, berkulit mulus, berukuran besar, tidak terdapat tanda rusak dan busuk, serta padat.
Sementara peralatan utama yang diperlukan untuk memproduksi keripik kentang dalam kapasitas usaha, antara lain: pisau/mesin pengupas dan pengiris kentang yang harganya sekitar 300 ribu rupiah, mesin penggoreng kering (tanpa minyak), serta mesin pengemas (sealing machine) produk.

Menentukan Desain Kemasan, Merek, dan Jangkauan Pemasaran
Jika modal yang anda miliki belum mampu membeli kemasan produk yang “bergengsi”, maka sebagai pemula gunakan saja plastik pembungkus biasa (transparan). buatlah merek/brand unik, menarik, dan mudah diingat. Supaya bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk keripik kentang anda. Terutama jika sasaran usaha anda adalah anak-anak remaja.

Analisa dan Belajar dari Kompetitor
Sembari menjalankan bisnis keripik kentang tersebut, anda tidak boleh berhenti belajar dan merasa puas. Teruslah melakukan analisa usaha dari pengalaman pribadi dan kompetitor yang sudah eksis sebelumnya. Misalnya apa yang membuat keripik kentang competitor lebih diminati dari pada keripik kentang anda? apa yang kurang dari keripik kentang anda? Analisa semua mulai dari segi rasa hingga pemasannya, dan belajarlah dari semua hal tersebut.

Sekian informasi mengenai Membuka Bisnis Keripik Kentang, Ini Gambarannya yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi anda semua yang ingin memulai bisnis keripik kentang.


Baca Juga :

Komentar

Postingan Populer

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya