Manisan Buah Papaya Yang Kaya Akan Manfaat Bagi Tubuh

Manisan Buah Papaya Yang Kaya Akan Manfaat Bagi Tubuh – Camilan Nusantara


Biasanya buah-buahan di konsumsi secara langsung setelah di bersihkan. Namun saat ini buah sudah di olah menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti sale pisang, salad buah, getuk pisang, jus buah, dan manisan buah.

Manisan buah adalah buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama.

Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis.

Salah satu cara mengolah buah menjadi cemilan lezat adalah dengan membuatnya menjadi manisan. Kini, sudah banyak manisan buah yang dijual, salah satunya manisan pepaya muda. Ternyata, tidak semua buah dapat dijadikan manisan, hanya buah dengan tekstur keras yang dapat dijadikan manisan. Selain pepaya, mangga muda juga dapat dijadikan alternatif.

Untuk membuat manisan pepaya muda di rumah, sebelumnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti pepaya mengkal (muda) dengan warna agak kekuningan, gula putih, larutan garam larutan kapur sirih, dan wadah berupa toples kedap udara.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong buah pepaya terlebih dahulu. Kemudian, pepaya direndam di dalam larutan garam kurang lebih satu jam untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu, angkat dari rendaman air garam, dan lakukan proses perendaman kembali di air kapur sirih semalaman. Lalu, tiriskan dan cuci bersih hingga air cucian bening. Selanjutnya, masukkan gula putih secukupnya ke dalam wadah berisi pepaya, aduk rata, diamkan kurang lebih dua jam hingga keluar airnya, dan sisihkan airnya. Kemudian tambahkan air gula rendaman dengan gula pasir, masak hingga mengental, angkat, dinginkan lalu tuang ke pepaya dan rendam semalaman. Jika ingin manisan pepaya muda menjadi kering, cukup jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 3 hari. Setelah kering, Anda dapat memasukkannya ke dalam toples, dan siap untuk dinikmati.

Cara membuat manisan dari pepaya muda di atas merupakan salah satu pilihan dalam mengolah buah pepaya. Manisan pepaya dapat dibuat dalam dua jenis, basah dan kering, sesuai selera anda.
Thukan kamu mengkonsumsi manisan pepaya ternyata membawa manfaat bagi tubuh lho, di antaranya :
  1. Menambah energi. Manisan pepaya banyak mengandung karbohidrat yang diperlukan tubuh.
  2. Menambah berat badan. Hal ini dikarenakan satu porsi manisan pepaya mengandung 20 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menambah berat badan.
  3. Menurunkan kolesterol. Manisan pepaya merupakan sumber serat yang baik, oleh karena itu, manisan pepaya ini dapat membantu menjaga kolesterol Anda supaya tetap stabil. Pepaya kering juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.
  4. Meningkatkan metabolism tubuh. Manisan pepaya mengandung vitamin B-kompleks yang membuat fungsi seluler aktif. Makanan ini juga sumber kalsium, potasium, zat besi, mangan dan fosfor.
  5. Menjaga kesehatan mata. Dengan kandungan vitamin A dapat menjaga kesehatan mata supaya tidak cepat rusak, seperti minus dan penyakit mata lainnya.
  6. Menjaga kesehatan jantung. Flavonoid dan asam folat yang terkandung dalam pepaya kering membuat jantung Anda lebih sehat dan mencegah penyakit kardiovaskular.
  7. Melancarkan pencernaan. Pepaya adalah jenis buah yang dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan, sehingga Anda terhindar dari konstipasi.



Baca Juga :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Distributor Snack Curah Harga Grosir

Distributor Keripik Ceker di Surabaya

Snack Curah Murah Surabaya